Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawanan Hiu Banteng Hidup di Kolam Lapangan Golf, Menghilang Usai 20 Tahun

Baca di App
Lihat Foto
SHUTTERSTOCK/Andrea Izzotti
Hiu banteng (Carcharhinus leucas) merupakan salah satu hiu yang dapat hidup di air tawar, meski pun habitat utama predator ini di laut.
|
Editor: Farid Firdaus

KOMPAS.com - Sekelompok hiu banteng tinggal di sebuah kolam buatan di lapangan golf Australia selama hampir 20 tahun. Namun, hiu itu kini menghilang.

Hal tersebut diungkapkan dalam sebuah makalah baru yang diterbitkan pada 18 Agustus 2023 di jurnal Marine and Fishery Sciences (MAFIS).

Hiu banteng (Carcharhinus leucas) bisa dikatakan sebagai hiu yang unik karena mereka dapat hidup di lingkungan air tawar dan ditemukan di sungai-sungai di seluruh dunia.

Meskipun persinggahan mereka di air tawar biasanya bersifat sementara, hiu banteng terkadang terperangkap di lingkungan air tawar untuk waktu yang lama.

Tak hanya itu, hiu banteng tampaknya juga dapat berkembang biak dengan baik dalam kondisi seperti itu.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Hiu Tutul Terdampar di Pantai Selatan Purworejo, Berikut Faktanya


Terdampar karena banjir

Kawanan hiu yang ada di lapangan golf tersebut kemungkinan besar terdampar ke daratan selama periode banjir, dilansir dari natureworldnews, Kamis (28/9/2023).

Lapangan golf itu berada di Klub Golf Carbrook, sebelah tenggara Brisbane, berbatasan langsung dengan sungai Logan dan Albert.

Badai musim panas di negara tersebut terkadang mengakibatkan curah hujan yang tinggi hingga menyebabkan air sungai meluap dan menggenangi daratan sekitar.

Hal itu mengingat lintasan ini berjarak kurang dari 6,2 mil (10 kilometer) ke arah pedalaman dari pantai. Selain itu, lintasan ini berada di dalam zona air tawar yang dihuni hiu banteng.

Hiu-hiu tersebut berakhir di kolam yang merupakan sisa dari operasi penambangan pasir, antara 1991 dan 1996.

Selama periode tersebut, tiga kali banjir melanda tepian sungai, menyapu daratan, dan membawa hiu-hiu tersebut. Saat banjir surut, hiu-hiu tersebut terdampar.

Baca juga: Ilmuwan Temukan Spesies Hiu Baru dengan Gigi Mirip Manusia

Pertama kali ditemukan pada 1996

Kawanan hiu banteng pertama kali terdeteksi pada 1996 di sebuah kolam di lapangan golf dengan panjang sekitar 2.300 kaki (700 meter) dan kedalaman 1.250 kaki (380 m), menurut laporan Live Science, Rabu (27/9/2023).

Ukuran ini relatif kecil dan dangkal karena tidak ada penghitungan populasi resmi yang pernah dilakukan.

Namun, hiu-hiu tersebut sering terlihat datang ke dekat pantai. Kehadiran mereka disambut baik oleh pengelola lapangan golf dan spesies tersebut menjadi maskot perusahaan.

Hiu-hiu tersebut kemungkinan masih berusia muda ketika mereka terdampar dan mereka akhirnya tumbuh hingga panjangnya mencapai 9,8 kaki (3 meter), menurut laporan pengamatan.

Baca juga: Bocah 13 Tahun Temukan Gigi Hiu Megalodon di Pantai Inggris, Disebut Mirip Fosil yang Ditemukan di Jawa

Bagaimana hiu bertahan hidup di kolam?

Kebiasaan makan kawanan hiu itu tidak diteliti, namun kemungkinan besar, mereka memakan spesies yang juga masuk ke kolam selama banjir terjadi.

Ikan-ikan itu meliputi ikan belanak abu-abu kepala datar (Mugil cephalus), tarpon Indo-Pasifik (Megalops cyprinoides), kakap merah bakau (Lutjanus argentimaculatus), dan ikan air tawar sirip kuning (Acanthopagrus australis).

“Jika hiu bisa mendapatkan makanan yang mereka butuhkan, berada di lingkungan dengan salinitas rendah, akan sangat bermanfaat karena jumlah predatornya lebih sedikit,” kata ahli biologi hiu di Florida International University yang tidak terlibat dalam penelitian, Michael Heithaus.

“Anak anjing di beberapa tempat penitipan bisa bertahan bertahun-tahun di air tawar. Jadi, tidak mengherankan jika mereka bisa bertahan hidup, asalkan ada banyak makanan,” tambahnya.

Baca juga: Detik-detik Pria Rusia Tewas Diserang Hiu di Laut Merah, Mesir

Meski begitu, hiu-hiu tersebut terakhir terlihat pada 2015. Banjir yang terjadi pada 2013 mungkin menyebabkan beberapa hiu melarikan diri kembali ke aliran sungai yang berdekatan.

Kendati demikian, penulis penelitian tersebut berpendapat, kemungkinan hiu-hiu lainnya mati dan tenggelam.

Pendapat tersebut didasarkan pada temuan satu bangkai oleh staf lapangan golf saat hiu tersebut masih berada di kolam.

Meskipun saat ini kolam tersebut tampaknya tidak dihuni oleh hiu, kejadian aneh ini menggambarkan kemampuan adaptasi predator purba ini dan toleransi mereka terhadap lingkungan air tawar.

Tim mengatakan kasus hiu kolam lapangan golf adalah contoh hiu banteng yang paling lama diketahui menghuni lingkungan dengan salinitas rendah.

Baca juga: Viral, Foto Hiu di Sea World Tidur, Bisakah? Ini Kata Ahli

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi