Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Dinosaurus Terbesar yang Pernah Ada di Bumi

Baca di App
Lihat Foto
iStockPhoto/Orla
Ilustrasi disosaurus terbesar di dunia.
|
Editor: Muhammad Zaenuddin

KOMPAS.com - Dari segi massa, mamalia terbesar di dunia adalah paus biru dengan berat berat sekitar 150 ton dan panjang lebih dari 30 meter.

Ia juga merupakan hewan terbesar yang pernah hidup. Namun, berbicara tentang hewan darat, saat ini gajah yang menyandang gelar tersebut.

Jika kembali ke masa lalu, Anda dapat menemukan makhluk yang lebih besar lagi. Banyak dinosaurus di Era Mesozoikum berukuran sangat panjang dan besar.

Dinosaurus terbesar pada masa itu adalah sauropoda, yangki kumpulan spesies herbivora berkaki empat yang memiliki leher dan ekor panjang.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Bagaimana Terbentuknya Minyak Bumi, Benarkah dari Fosil Dinosaurus?

Berikut ini adalah beberapa dinosaurus terbesar yang pernah ada di bumi:

1. Patagotitan mayorum

Dilansir dari laman Encyclopedia Britannica, Patagotitan mayorum mungkin adalah hewan darat terbesar di dunia sepanjang masa.

Ini berdasarkan perkiraan ukuran, setelah mempertimbangkan sejumlah fosil tulang yang dikaitkan dengan spesies tersebut. Spesies ini diperkirakan hidup 95-100 juta tahun lalu.

Beratnya sekitar sekitar 77 ton dan ukuran panjangnya 37,2 meter. Meski beberapa peneliti percaya bahwa ini adalah perkiraan yang terlalu berlebihan.

Baca juga: Penambang di Kanada Temukan Fosil Dinosaurus Lapis Baja Berusia 110 Juta Tahun

2. Dreadnoughtus

Salah satu yang termasuk dinosaurus terbesar adalah Dreadnoughtus. Panjang totalnya kira-kira 26 meter dengan perkiraan massa sekitar 65 ton.

Dreadnoughtus diketahui dari endapan batuan di selatan Patagonia, Argentina, yang berumur sekitar 77 juta tahun yang lalu.

Sayangnya, hanya ada satu spesies yang diketahui, yakni D. schrani.

3. Argentinosaurus

Bukti Argentinosaurus pertama kali ditemukan pada 1987, ketika sebuah fosil seukuran manusia dewasa digali di sebuah peternakan di Argentina.

Namun, fosil tersebut dikira bongkahan besar kayu yang membatu. Baru pada 1993 spesimen tersebut diklasifikasikan ulang sebagai satu tulang belakang milik spesies sauropoda baru.

Meskipun kerangka lengkap belum ditemukan, perkiraan panjangnya berkisar antara 37 hingga 40 meter dan memiliki berat 99 hingga 110 ton.

Baca juga: Mamalia Purba Disebut Memburu Dinosaurus untuk Menu Makan Malam, Fosil Langka Jadi Petunjuk

4. Supersaurus

Dikutip dari laman A-Z Animals, fosil Supersaurus vivianae telah ditemukan di Colorado dan diperkirakan hidup sekitar 153 juta tahun yang lalu.

Para ahli percaya bahwa spesies ini bisa mencapai panjang 42. Namun, ia tidak memiliki bobot sebesar yang diharapkan dari makhluk sepanjang itu.

5. Ruyangosaurus

R. giganteus adalah pendatang baru di dunia dinosaurus raksasa. Ia baru ditemukan di China dan dideskripsikan pada tahun 2009.

Informasi tentang spesies ini terbilang langka. Saat ini dinosaurus tersebut diyakini berasal dari zaman Kapur.

Ada dua perkiraan tentang ukuran dinosaurus ini. Satu sumber mengatakan panjangnya mungkin sekitar 35 meter, dan sumber lain mengatakan panjangnya sekitar 24,8 meter.

Baca juga: Apakah Manusia dan Dinosaurus Hidup di Waktu yang Sama?

6. Diplodocus

Diplodocus hallorum hidup pada akhir periode Jurassic. Dinosaurus ini dikenal dengan ekor dan lehernya yang panjang, tubuhnya yang tebal, dan kakinya yang kuat.

Dinosaurus ini diyakini berukuran panjang hingga 35 meter. Meski demikian, dia hanya memiliki berat sekitar 12 hingg 22 ton.

Fakta menarik lainnya tentang spesies ini adalah kulitnya yang bersisik. Bukti adanya sisik yang terawetkan membantu para ilmuwan mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana rupa dinosaurus pada zaman itu dan bagaimana fungsi tubuh mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi