Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Ucapan dan Sejarah Hari Guru Sedunia 5 Oktober 2023

Baca di App
Lihat Foto
SHUTTERSTOCK
Hari Guru Sedunia diperingati pada 5 Oktober 2023.
|
Editor: Farid Firdaus

KOMPAS.com - World's Teacher Day atau Hari Guru Sedunia diperingati setiap 5 Oktober. Tahun ini, peringatannya jatuh pada Kamis, (5/10/2023).

Pada peringatan tahun ini, United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) mengusung tema "The teachers we need for the education we want: The global imperative to reverse the teacher shortage", dikutip dari laman resminya.

Untuk merayakan Hari Guru Sedunia, ada sejumlah hal yang bisa dilakukan, mulai dari memberikan kejutan untuk guru tersayang atau memberikan ucapan selamat.

Baca juga: 25 Ucapan Ulang Tahun untuk Guru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ucapan selamat Hari Guru Sedunia 2023

Dikutip dari Kompas.com (25/11/2022) dan Hindustantimes (4/10/2023), berikut ucapan Selamat Hari Guru Sedunia 2023:

1. Happy Teachers Day! Teachers like you are the reason why ordinary students like us dream of doing extraordinary things.

Arti: Selamat hari guru! Guru seperti kamu adalah alasan mengapa siswa biasa seperti kami bermimpi melakukan hal-hal yang luar biasa!

2. Dear teacher, wishing you a happy Teachers’ Day. Thank you for being the guiding light and for inspiring me to do well in my studies. You are the best teacher.

Arti: Untuk guruku yang terkasih, selamat hari guru! Terima kasih telah menjadi pendukungku dalam pendidikanku dan telah menginspirasiku untuk menjadi yang terbaik! Kamu adalah guru yang terbaik!

3. Happy Teachers Day! Please accept my immense respect and best wishes!

Arti: Selamat hari guru! Terimalah rasa hormat dan harapan terbaik dariku!

4. A teacher is someone who nourishes the souls of the students for a lifetime. Happy Teachers Day to all the teachers!

Arti: Seorang guru adalah seorang yang terus memupuk jiwa rasa ingin tahu para siswa untuk seumur hidup. Selamat hari guru untuk semua guru!

5. All the efforts and hard work your invested in bringing out the best in us can never be repaid in mere words. We can only feel grateful for having a teacher like you!

Arti: Semua upaya dan kerja keras yang kamu investasikan untuk menghasilkan yang terbaik dalam diri kami, tidak akan pernah terbayar dengan sebuah kata-kata. Kami hanya bisa merasa bersyukur memiliki guru seperti kamu!

6. I was lucky to have a teacher as wonderful as you are. Wishing you a Teacher’s Day that’s full of joyous moments!

Arti: Aku merasa beruntung memiliki guru yang luar biasa seperti Anda. Semoga Anda mendapatkan Hari Guru yang penuh dengan momen-momen menyenangkan!

7. Thank you for being a wonderful teacher and always believing in me. Happy Teacher's Day!

Arti: Terima kasih telah menjadi guru yang luar biasa dan selalu percaya padaku. Selamat Hari Guru!

8. The best teacher is the one who teaches from the heart, not from books. Thank you for being an extraordinary teacher. Happy teachers' day!

Arti: Guru terbaik adalah yang mengajari dari hati bukan dari buku. Terima kasih sudah menjadi guru yang luar biasa. Selamat Hari Guru!

9. Happy teachers' day! It's an honor to have learned so much from you, thank you for inspiring me!

Arti: Selamat Hari Guru! Suatu kehormatan telah mendapat banyak pelajaran darimu, terima kasih telah menginspirasiku!

10. Thank you unsung heroes. Your upbringing played a big role in my life.

Arti: Terima kasih pahlawan tanpa tanda jasa. Didikanmu berperan besar dalam hidupku.

11. Happy World Teachers' Day to all the educators who shape our future. Thank you for lighting the path of knowledge for us.

Arti: Selamat Hari Guru Sedunia untuk semua pendidik yang membentuk masa depan kita. Terima kasih telah menerangi jalan ilmu bagi kami.

12. To the world, you may just be a teacher. But to your students, you are a hero. Thank you for always guiding us. Happy World Teachers' Day.

Arti: Bagi dunia, Anda mungkin hanyalah seorang guru . Namun bagi murid-murid Anda, Anda adalah pahlawan. Terima kasih karena selalu membimbing kami. Selamat Hari Guru Sedunia.

13. Your patience and dedication make you one of the best teachers we have ever had. Cheers to you! Happy World Teachers' Day.

Arti: Kesabaran dan dedikasi Anda menjadikan Anda salah satu guru terbaik yang pernah kami miliki. Salam untukmu! Selamat Hari Guru Sedunia.

14. You always empower and inspire us. You motivate us to be good citizens and boost our morale with your positive words. Happy World Teachers' Day.

Arti: Anda selalu memberdayakan dan menginspirasi kami. Anda memotivasi kami untuk menjadi warga negara yang baik dan meningkatkan semangat kami dengan kata-kata positif Anda. Selamat Hari Guru Sedunia.

15. May your passion for teaching continue to ignite the minds of many. Happy World Teachers' Day.

Arti: Semoga semangat Anda untuk mengajar terus menyulut pikiran banyak orang. Selamat Hari Guru Sedunia.

Baca juga: Sejarah Hari Guru, Pahlawan Tanpa Tanda 

Sejarah Hari Guru Sedunia 2023

Dilansir dari Kompas.com (5/10/2022), peringatan Hari Guru Sedunia sudah ada sejak 1994.

Tujuannya adalah untuk memperingati penandatanganan Rekomendasi UNESCO/ILO 1966 tentang Status Guru. Rekomendasi ini berisi tentang hak serta tanggung jawab guru dan standar internasional untuk persiapan awal dan pendidikan lanjutan mereka sebagai pengajar.

Sejarah Hari Guru Sedunia dimulai dengan berlangsungnya konferensi UNESCO di Paris yang kemudian ditetapkan sebagai Hari Guru Sedunia oleh UNESCO.

Terdapat 76 perwakilan negara dan 35 organisasi internasional yang turut serta di dalam konferensi tersebut. Konferensi ini membahas tentang "Recommendations Concerning the Status of Teachers".

Makna dari kata guru dalam rekomendasi tersebut adalah semua pengajar di sekolah yang bertanggung jawab untuk pendidikan siswanya.

Sementara, makna dari status, yakni kedudukan atau penghargaan yang diberikan kepada para guru sebagaimana dibuktikan dengan tingkat apresiasi akan pentingnya fungsi dan kompetensi mereka dalam melaksanakan pekerjaan sebagai seorang guru.

Baca juga: Kisah Pilu Guru di Bengkulu, Mata Buta Usai Diketapel Orangtua Siswa

Konferensi UNESCO yang berlangsung sejak 21 September hingga 5 Oktober 1994 tersebut memberikan rekomendasi-rekomendasi mengenai sikap profesional seorang guru.

Rekomendasi itu diterapkan kepada seluruh guru, baik guru yang mengajar di sekolah umum atau pun sekolah privat.

Lebih lanjut, dalam konferensi tersebut dilaksanakan juga penandatanganan dokumen UNESCO mengenai status guru di dunia yang meliputi standar perekrutan, pelatihan guru di dunia, dan kondisi pekerjaan guru.

Peringatan Hari Guru Sedunia termasuk bentuk dari pemahaman, apresiasi, dan kepedulian terhadap para guru.

UNESCO memandang pendidikan sebagai sebuah pengubah kehidupan dan inti dari misi mereka, yaitu membangun perdamaian, memberantas kemiskinan, dan mendorong pembangunan berkelanjutan.

Maka dari itu, UNESCO juga menaruh perhatian kepada para guru yang dipandang dapat memajukan pendidikan dunia.

Tak hanya itu, tujuan lain dari peringatan Hari Guru Sedunia adalah sebagai bentuk dukungan untuk para guru di seluruh dunia.

Baca juga: Pertama Kali Dilakukan, Guru dan Dosen Terima Gaji Ke-13, Ini Besarannya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi