Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Cara Mengusir Hama Tikus, Kecoak, Lalat, dan Nyamuk Pakai Gula

Baca di App
Lihat Foto
A to Z Animals
Ilustrasi tikus makan gula.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Bahan dapur seperti gula dengan rasa manis menjadi salah satu hal yang mengundang hama ke dalam rumah.

Serangga dan hewan pengerat menyukai gula dan remah-remahan manis sebagai sumber makanannya. Oleh karena itu, mereka akan berdatangan menuju area rumah yang terdapat gula.

Meski begitu, gula ternyata dapat dimanfaatkan untuk mengusir hama-hama tersebut dari rumah. Cara ini ampuh dilakukan dengan mengkombinasikan gula dengan bahan-bahan yang tidak disukai hama.

Lalu, bagaimana cara menggunakan gula untuk mengusir hama di rumah?

Baca juga: 7 Cara Mengusir Tikus dengan Cabai, Aman dan Efektif

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Cara mengusir hama dengan gula

Berikut berbagai cara menggunakan gula untuk mengusir hama beserta jenis-jenis hama yang bisa diusir.

1. Gula dan baking soda usir tikus

Dikutip dari Majalah Punch (10/6/2017), gula dapat menjauhkan tikus dari tempat yang sering mereka kunjungi saat dikombinasikan dengan baking soda. Gula atau cokelat menjadi umpan yang menarik perhatian tikus sementara baking soda kue bisa beracun bagi tikus.

Caranya, campurkan satu cangkir tepung, satu cangkir gula atau cokelat bubuk, dan satu cangkir baking soda hingga tercampur rata. Masukkan campuran tersebut ke wadah dan letakkan di area yang dilewati tikus.

Perhatikan kotoran tikus karena kemungkinan besar menunjukkan area yang terserang hama tersebut. Saat tidak ada lagi kotoran tikus, artinya hewan pengerat tersebut mungkin telah mati.

2. Gula dan baking soda usir kecoak

Campuran gula dan baking soda juga bisa digunakan untuk membasmi kecoak. Seperti pada tikus, gula menjadi umpan sementara baking soda beracun.

Dikutip dari House Digest (4/6/2023), campurkan kedua bahan tersebut dengan perbandingan yang sama. Kemudian, masukkan ke wadah kecil dan taruh ke tempat yang diserang kecoak. Di sekitar wadah tersebut, letakkan juga wadah berisi air.

Bau gula akan menarik perhatian kecoak sementara baking soda akan membunuh serangga tersebut. Namun, air juga diperlukan untuk membuat perut kecoak pecah dan membunuh hama itu.

Lihat Foto
Shutterstock/Alexander Raths
Ilustrasi siput di kebun dan tanaman.
3. Gula dan ragi usir siput

Dilansir dari situs Taman Nasional Singapura (1/4/2021), siput, keong, dan bekicot dapat diusir menggunakan campuran gula dengan ragi bahan pembuat roti.

Untuk menggunakannya, campurkan 250 ml air, satu sendok teh gula, dan seperempat sendok teh ragi dalam wadah. Kemudian, kubur wadah tersebut ke tanah atau pot dengan kedalaman setara permukaan tanah.

Siput dan keong akan tertarik pada larutan tersebut dan tenggelam ke perangkap. Periksa dan bersihkan wadah secara teratur untuk menghilangkan siput, kotoran, dan mencegah dijadikan sarang nyamuk.

Baca juga: Tak Perlu Insektisida, Ini Cara Aman Mengusir Nyamuk dengan Kopi

4. Gula dan cuka usir lalat buah

Aroma buah yang matang akan mengundang serangga mengerubungi pohonnya. Namun, dikutip dari Weekand (31/12/2012), gula dan cuka bisa digunakan untuk mengusirnya. Ada dua cara menggunakannya.

Pertama, rendam kulit pisang dalam campuran gula dan cuka dengan perbandingan yang sama.

Cara kedua, campurkan 0,25 ons ragi dengan 4 sendok teh gula dan 12 ons air atau tambahkan juga cuka sari apel.

Masukkan rendaman dalam wadah ditutup plastik. Buat lubang di permukaan plastik sebagai jalan masuk serangga. Aroma manis akan menarik serangga masuk ke wadah dan tenggelam.

Lihat Foto
SHUTTERSTOCK/MARCOLIVER_ARTWORKS
Ilustrasi hama agas jamur yang menempel pada kertas kuning.
5. Gula dan sabun cuci piring usir agas jamur

Agas jamur merupakan serangga yang sering menyerang tanaman. Dikutip dari Plant Perfect (2/9/2020), gula dan sabun cuci piring bermanfaat mengusirnya.

Caranya, buat perangkap menggunakan satu sendok makan gula dicampur beberapa tetes sabun cuci piring. Masukkan dalam wadah berisi air.

Gula menjadi umpan yang menarik hama ke dalam larutan. Sabun cuci piring mengganggu permukaan air sehingga menyebabkan agas tenggelam saat mencoba hinggap di air.

Letakkan perangkap ini dekat tanaman untuk mengurangi populasi agas jamur.

6. Gula dan baking soda usir semut

Semut merupakan hama pemakan gula. Namun, dikutip dari Apartement Therapy (24/8/2023), campuran gula dan baking soda dapat mengusirnya.

Campurkan 3/4 sendok baking soda dan gula halus. Tuangkan ke wadah. Letakkan wadah tadi di lokasi yang terserang semut atau taburkan langsung ke permukaan yang banyak dilewati semut.

Gula menjadi umpan yang menarik perhatian semut dan baking soda membunuh serangga ini. Gula bereaksi dengan asam dalam sistem pencernaan semut dan membuatnya meledak.

Baca juga: Cara Ampuh Mengusir Tikus Memanfaatkan Kantong Teh, Begini Caranya

7. Gula merah usir nyamuk

Diberitakan CNET (16/8/2023), buatlah perangkap menggunakan botol yang diisi gula untuk menangkap serangga.

Caranya, larutkan seperempat cangkir gula merah menggunakan secangkir air panas. Lalu, tambahkan sedikit sabun cuci piring dan satu gram ragi. Masukkan cairan tersebut ke botol terbuka.

Letakkan botol tadi di area gelap yang teduh agar dapat bekerja lebih baik. Jika tidak bisa, tutup atau cat plastik tersebut agar berwarna gelap.

Lihat Foto
SHUTTERSTOCK/Maarten Zeehandelaar
Ilustrasi lebah madu. Kawanan lebah madu bisa menghasilkan sengatan listrik lebih besar dari awan badai.
8. Air gula dan sabun usir lebah

Selain itu, gula juga dapat digunakan untuk mengusir tawon dan lebah. Jadikan gula sebagai umpan dalam perangkap.

Campurkan air gula dengan sabun cuci piring dalam jumlah sama. Tambahan cuka sari apel atau buah-buahan lain yang dicampur dengan cuka.

Tempatkan perangkap berisi cairan tersebut di tempat yang cerah dan terang.

9. Gula, sabun, dan cuka usir lalat

Diberitakan USA Today (21/7/2023), campurkan gula, sabun cuci piring, dan cuka sari apel dapat mengusir serangga kecil seperti lalat atau agas.

Caranya, campurkan cuka dan sabun dengan perbandingan yang sama hingga tercampur rata. Lalu, tambahkan beberapa sendok makan gula. Tuangkan campuran ini ke wadah.

Letakkan wadah ke area yang ditempati serangga tersebut. Lalat akan tertarik pada gula dan cuka sehingga tenggelam dalam wadah tersebut.

Nah, itulah sejumlah cara ampuh mengusir hama seperti tikus, kecoak, lalat, dan nyamuk menggunakan gula. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi