Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantu Israel Lawan Hamas, AS Kirimkan Bantuan Kapal dan Pesawat Militer

Baca di App
Lihat Foto
AP via Sky News
Asap mengepul akibat ledakan akibat serangan udara Israel di Jalur Gaza pada Sabtu (7/10/2023). Sebanyak 198 warga Palestina dilaporkan tewas dalam serangan balasan Israel ke Jalur Gaza.
|
Editor: Farid Firdaus

KOMPAS.com - Menteri pertahanan Amerika Serikat (AS), Lloyd Austin menyatakan pemerintah AS telah mengirimkan sejumlah bantuan kepada Israel pada Minggu (9/10/2023).

Bantuan yang dikirimkan oleh AS berupa kapal-kapal militer termasuk sebuah kapal induk dan pesawat tempur. Pengiriman bantuan ini sebagai tanggapan atas serangan multi-front Hamas terhadap Israel.

“Hari ini, sebagai tanggapan atas serangan Hamas terhadap Israel dan setelah diskusi rinci dengan Presiden Biden, saya telah mengarahkan beberapa langkah untuk memperkuat postur Departemen Pertahanan di kawasan guna meningkatkan upaya pencegahan regional,” kata Austin, dikutip dari CBS News, Minggu (8/10/2023).

Dilaporkan, setidaknya ada tiga warga AS yang turut menjadi korban tewas dalam serangan Hamas ke Israel.

Baca juga: Mengenal Siapa Itu Hamas dan Alasannya Menyerang Israel...

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


AS kirim kapal induk terbaru dan paling canggih

Austin mengatakan, dirinya telah memerintahkan kelompok gugus tempur kapal induk USS Gerald R Ford untuk dikerahkan ke Laut Tengah untuk membantu Israel dalam menghadapi perlawanan Hamas Palestina.

Dilansir dari Kompas.id, Sabtu (9/10/2023), USS Gerald R Ford adalah kapal induk terbaru dan paling canggih dari Angkatan Laut AS.

Kapal induk ini dapat membawa sekitar 5.000 personel dan puluhan pesawat tempur.

Ford akan didampingi kapal penjelajah USS Normandy dan kapal-kapal perusak, seperti USS Thomas Hudner, USS Ramage, USS Carney, dan USS Roosevelt.

Selain kapal, AS juga memberikan bantuan kekuatan skuadron jet tempur Angkatan Udara F-35, F-15, F-16, dan A-10 di kawasan.

Austin menggarisbawahi, langkah-langkah yang diambil AS ini bertujuan untuk memperkuat postur militer AS di kawasan guna meningkatkan upaya pencegahan regional.

Presiden AS Joe Biden mengatakan kepada Perdana Menteri Benjamin Netanyahu bantuan tambahan untuk pasukan pertahanan Israel sedang dalam perjalanan ke Israel dan akan datang lebih banyak lagi dalam beberapa hari mendatang.

Baca juga: Perbandingan Kekuatan Israel Vs Hamas

Hamas mengecam tindakan AS

Di Gaza, juru bicara Hamas Hazem Qassem telah mengecam keras pengumuman dari AS.

Dikutip dari Reuters, Senin (9/10/2023), Qassem mengatakan, tindakan AS sebagai keterlibatan nyata dalam agresi terhadap rakyat Palestina.

Namun, ia menegaskan kelompoknya tidak akan terintimidasi oleh pengumuman AS.

Sementara itu, beberapa pengunjuk rasa yang mendukung Palestina berkumpul di Times Square di New York City dan dekat Gedung Putih, Washington, pada Minggu (9/10/2023).

Mereka menyatakan penolakan terhadap dukungan AS terhadap Israel.

Beberapa pengunjuk rasa membawa spanduk bertuliskan “hentikan bantuan AS” dan “perlawanan bukanlah terorisme.”

Sebagai informasi, serangan yang dilancarkan Hamas pada Sabtu (8/10/2023) merupakan serangan terbesar dan paling mematikan ke Israel sejak Mesir dan Suriah melancarkan serangan mendadak dalam upaya merebut kembali wilayah yang hilang dalam perang Yom Kippur 50 tahun lalu.

Baca juga: Efek Global Buntut Serangan Hamas ke Israel, Harga Minyak Mentah Terancam Naik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi