Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Siniar KG Media
Bergabung sejak: 15 Okt 2021

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

3 Idol Korea yang Konflik dengan Agensi

Baca di App
Lihat Foto
Medio by KG Media/Kamjagiya Korea!
Tak semua artis K-Pop memiliki hubungan harmonis dengan agensinya.
Editor: Yohanes Enggar Harususilo

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Artis idola dan agensi adalah dua hal yang tidak bisa terpisahkan. Keduanya membutuhkan satu sama lain agar bisa terjun ke industri hiburan Korea Selatan. Itulah mengapa, dukungan agensi bisa membuat idola-idola Korea bisa bertahan lama.

Realitasnya, tak semua agensi bisa bersikap baik terhadap artis-artis di bawah naungannya. Ada pula agensi yang memanfaatkan mereka hanya untuk meraup keuntungan sebesar-besarnya hingga sang artis dianggap sebagai ‘sapi perah’.

Itulah mengapa, ada begitu banyak konflik antara artis idola dan agensinya. Salah satunya yang masih ramai dibicarakan adalah FIFTY FIFTY dengan agensinya, ATTRAKT. Kasus ini dibicarakan dalam Kamjagiya Korea! episode “Lagu “Cupid” FIFTY FIFTY Kok Cepet Hype?!” dengan tautan s.id/KamKorFIFTY.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melansir Allkpop, kasus ini bermula oleh kerja sama yang tak mulus antara ATTRAKT (manajemen dan The Givers (produksi musik). Seharusnya, seluruh hak atas investasi FIFTY FIFTY adalah milik ATTRAKT.

Kenyataannya, ada banyak pasal kerja sama yang menguntungkan The Givers atas penghasilan FIFTY FIFTY setelah kesuksesan Cupid. Ditambah, royalti dari lagu Cupid bermasalah karena CEO Ah Sung Il dan The Givers mendapat 95,5 persen royalti.

Bahkan, mereka mengambil alih hak cipta Cupid. Sementara itu, para anggota tak mendapat bayaran yang transparan.

Baca juga: Jalan Panjang Menjadi K-Pop Idol

Selain FIFTY FIFTY dengan agensinya, ada pula artis idola lainnya yang pernah berkonflik dengan agensinya.

1. OMEGA X

Pada akhir 2022 lalu, penggemar K-Pop dikejutkan dengan unggahan video yang menunjukkan anggota OMEGA X dimarahi oleh CEO mereka saat mengadakan konser di Amerika.

Dalam video itu terdengar suara perempuan yang diduga CEO Spire Entertainment sedang berteriak hingga membuat salah satu anggota hampir pingsan. Setelah itu, agensi tersebut mengumumkan bahwa CEO Kang telah mengundurkan diri.

Akan tetapi, melansir Allkpop, ternyata pada anggota telah mengalami kekerasan yang cukup lama. Salah satu anggota, Kim Jae Han mengatakan Kang pernah menghubunginya dan memaksa dia untuk minum-minum. Selain itu, Jaehan juga mengatakan Kang melakukan pelecehan seksual terhadap dirinya.

CEO tersebut juga mengancam mereka agar bisa menjadi boyband yang sukses, bagaimanapun caranya. Dan, kalau gagal, CEO Kang mengaku akan bunuh diri.

Akibatnya, para anggota mengalami gangguan mental, seperti gangguan kecemasan. Salah satunya adalah Han Gyeom yang akhirnya merasa cemas ketika mendapat telepon dari orang mabuk, mendengar suara getaran, alarm, hingga bass. Selain itu, ia juga mengalami kesulitan bernapas ketika berbicara empat mata dengan CEO Kang.

Akhirnya, mereka pun berhasil menuntut agensi tersebut atas pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan. Kemudian, pada 11 Januari, melalui akun Instagram resmi OMEGA X, mereka berhasil memutus kontrak secara sah.

2. Lee Seung Gi

Kasus yang terjadi ini diawali oleh Lee Seung Gi yang meminta transparansi pembayaran honor selama menjadi artis di bawah Hook Entertainment. Mengutip Soompi, Dispatch mengungkapkan Lee Seung Gi diduga tidak menerima royalti selama 18 tahun berkarya.

Tak hanya itu, ia juga ditipu oleh mantan dan direktur Hook Entertainment saat ini dengan tidak membayar sebagian dari keuntungan model iklannya. Mereka bahkan tidak membayar 10 persen komisi ke biro iklan dan justru menggunakannya untuk diri sendiri.

Dispatch pun merilis rekaman audio yang diduga suara CEO Hook Entertainment, Kwon Jin Young, sedang memaki dan mengancam Lee Seung Gi.

Baca juga: 7 Serba-Serbi Konser SMTOWN Live 2023 Jakarta

Ketika Lee Seung Gi mengangkat masalah ini, Hook Entertainment baru mengakui dan membayar Lee Seung Gi sekitar 630 juta won.

Namun, Lee Seung Gi telah mengajukan tuntutan hukum terhadap mantan agensinya itu. Dan, sisa gaji yang belum dibayar nantinya berniat akan disumbangkan.

3. EXO CBX

Pada awal Juni lalu jelang comeback EXO, EXO-L dikejutkan dengan berita pemutusan kontrak anggota EXO CBX, Chen, Baek Hyun, dan Xiumin, dengan agensinya, SM Entertainment. Dilansir Kpoppost, alasan mereka melakukan ini adalah ketiganya selama ini berharap ada keterbukaan dari manajemen SM Entertainment soal data pembayaran.

Permohonan itu dibutuhkan agar mereka dapat melihat data-data supaya dapat dikonsultasikan dan mengajukan banding atau permohonan perubahan apabila dirasa memberatkan pihak artis.

Namun, menurut kuasa hukum EXO CBX, Lee Jae Hak, SM Entertainment hanya boleh melihat data itu tanpa memiliki kopinya. Hal ini membuat sang pengacara menganggap agensi dengan ciri khas itu tak transparan.

Selama ini, ketiga anggota EXO tersebut sudah meminta transparansi ke manajemen tapi ditolak. Alhasil, tiga member EXO itu pun memutuskan untuk mengakhiri kontrak mereka dengan SM Entertainment.

Akan tetapi, dilansir Billboard, pemutusan kontrak ini pun akhirnya dibatalkan karena sebagian dari kontrak EXO CBX telah dimodifikasi agar adil untuk seluruh pihak. Chen, Baek Hyun, dan Xiumin pun mengikuti promosi comeback EXO, EXIST, dengan lancar.

Ingin tahu informasi terkini lainnya seputar grup idola hingga budaya Korea? Yuk, dengarkan Kamjagiya Korea! di Spotify dan YouTube. Akses juga episode-episode lainnya yang tak kalah seru dalam playlist YouTube Medio by KG Media.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi