Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Perpanjangan, Peserta CPNS dan PPPK Bisa Cetak Kartu Pendaftaran Mulai 12 Oktober 2023

Baca di App
Lihat Foto
sscasn.bkn.go.id
Tangkapan layar situs sscasn.bkn.go.id yang menginformasikan pencetakan Kartu Informasi Akun dan Kartu Pendaftaran dimulai pada 12 Oktober 2023.
|
Editor: Farid Firdaus

KOMPAS.com - Sebuah unggahan yang mengungkapkan pencetakan Kartu Informasi Akun dan Kartu Pendaftaran seleksi calon aparatur negara (CASN) dimulai 12 Oktober 2023, ramai di media sosial.

Unggahan tersebut dibuat oleh akun media sosial TikTok @aditya_mastertutor, Selasa (10/10/2023).

Tampak dalam unggahan, sebuah tangkapan layar halaman resume pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) di situs sscasn.bkn.go.id.

Halaman tersebut menerangkan, peserta baru bisa mencetak Kartu Informasi Akun dan Kartu pendaftaran mulai besok, Kamis (12/10/2023).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ada yang sama? Ada yang udah nyetak kartu?" tanya pengunggah.

Hingga Rabu (11/10/2023) siang, unggahan tersebut telah dilihat lebih dari 211.000 kali, disukai 3.800 pengguna, dan diunggah ulang oleh lebih dari 400 warganet TikTok.

Lantas, benarkah peserta baru bisa mencetak kartu pendaftaran mulai besok?

Baca juga: Pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 Ditutup Hari Ini Pukul 23.59 WIB


Kartu Pendaftaran CASN dicetak 12 Oktober 2023

Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nur Hasan membenarkan peserta dapat mencetak Kartu Informasi Akun dan Kartu Pendaftaran pada 12 Oktober 2023.

Sebagai informasi, Kartu Informasi Akun adalah tanda bukti pembuatan akun sistem seleksi calon aparatur sipil negara (SSCASN) sebelum mendaftarkan diri dalam seleksi CPNS dan PPPK.

Kartu ini berisi identitas peserta, mulai dari nomor kartu tanda penduduk (KTP), nama lengkap, tanggal lahir, jenis kelamin, serta tanggal dan jam pembuatan akun.

Setelah peserta berhasil membuat akun di situs sscasn.bkn.go.id, kartu ini dapat langsung dicetak tanpa perlu menunggu pendaftaran selesai.

Sedangkan, Kartu Pendaftaran adalah tanda bukti kepesertaan CPNS dan PPPK, yang meliputi resume peserta, seperti identitas, pilihan formasi, dan syarat administrasi.

Pencetakan Kartu Pendaftaran merupakan bukti telah selesainya proses pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK 2023.

"Untuk cetak Kartu Pendaftaran baru bisa dilakukan pada tanggal 12 Oktober 2023," ujar Nur, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (11/10/2023).

Menurutnya, pencetakan kartu tersebut dapat dilakukan selang satu hari dari penutupan pendaftaran seleksi CASN, yakni pada malam ini pukul 23.56 WIB.

"Hari ini Rabu (11/10/2023) pukul 23.59 WIB pendaftaran CASN tahun anggaran 2023 akan ditutup dan tidak ada perpanjangan," tambahnya.

Baca juga: Pendaftaran CPNS Diperpanjang hingga 11 Oktober, Ini Jadwal Terbarunya

Cara cetak Kartu Pendaftaran CASN 2023

Dilansir dari laman resmi, peserta dapat mencetak Kartu Informasi Akun dan Kartu Pendaftaran melalui situs pendaftaran CASN 2023.

Berikut tata caranya:

  • Buka situs pendaftaran https://daftar-sscasn.bkn.go.id/login.
  • Masukkan nomor induk kependudukan (NIK) dan kata sandi, kemudian klik "Masuk".
  • Jika peserta telah selesai melakukan submit lamaran, maka halaman situs akan menampilkan informasi resume pendaftaran yang tidak dapat diubah lagi.
  • Gulir halaman ke bawah, hingga menemukan tombol atau keterangan "Cetak Kartu Informasi Akun" dan "Cetak Kartu Pendaftaran".
  • Klik "Cetak Kartu Informasi Akun" untuk menyimpan maupun mencetak bukti pembuatan akun SSCASN.
  • Sementara itu, untuk menyimpan dan mencetak bukti pendaftaran, pilih "Cetak Kartu Pendaftaran".

Cara akhiri pendaftaran CPNS dan PPPK 2023

Bagi peserta yang belum mengakhiri pendaftaran, masih memiliki waktu hingga malam nanti, pukul 23.59 WIB.

Berikut langkah-langkah mengakhiri atau submit pendaftaran CPNS dan PPPK 2023:

  • Setelah mengunggah semua berkas persyaratan di situs https://daftar-sscasn.bkn.go.id , klik "Selanjutnya" untuk masuk ke halaman resume pendaftaran.
  • Pada halaman ini, cek semua data-data yang telah dimasukkan, baik data diri, hasil pindai surat lamaran, KTP, surat pernyataan diri, maupun dokumen lainnya.
  • Jika masih ragu, peserta dapat melengkapi data dengan klik "Sebelumnya". Peserta juga dapat mengecek berkas yang diunggah dengan memilih "Lihat".
  • Setelah sesuai dan tidak ada keraguan lagi, klik atau centang pada kolom yang tersedia.
  • Kemudian, klik "Akhiri Pendaftaran".
  • Pada tampilan halaman final resume, pilih "Iya".

Setelah berhasil melakukan submit lamaran, peserta dapat mencetak Kartu Informasi Akun dan Kartu Pendaftaran mulai 12 Oktober 2023.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi