Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Nyata Dokumenter Netflix The Devil on Trial, Pembunuhan karena Kesurupan

Baca di App
Lihat Foto
Dok. Netflix
David Glatzel dan Arne Johnson yang diduga kerasukan setan dan kisahnya difilmkan dalam dokumenter Netflix The Devil on Trial.
|
Editor: Farid Firdaus

KOMPAS.com - Layanan streaming Netflix merilis film dokumenter terbaru berjudul The Devil on Trial.

Film tersebut merupakan dokumenter berdurasi 1 jam 21 menit yang kisah nyatanya menjadi inspirasi bagi film horor Conjuring 3.

The Devil on Trial menceritakan penyelidikan seorang anak laki-laki yang kesurupan dan melakukan pembunuhan brutal. 

Sutradara The Devil on Trial, Chris Holt mengungkapkan, film ini dibuat berdasarkan kesaksian asli para orang yang terlibat dalam kejadian tersebut.

Meski begitu, dokumenter ini dibuat menggunakan reka ulang adegan dan rekaman video rumahan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Saya pikir mereka mengatakan yang sebenarnya kepada saya, tapi itu adalah interpretasi mereka terhadap kebenaran, bukan fakta yang pasti. Namun, mereka percaya dan saya percaya apa yang mereka katakan adalah benar," ujarnya, dikutip dari situs Netflix (19/10/2023).


Kisah nyata The Devil on Trial

Kisah nyata film The Devil on Trial dikenal sebagai kasus "The Devil Makes Me Do It" yang terjadi pada 1980.

Kasus ini menjadi satu-satunya kejadian kerasukan setan yang resmi digunakan sebagai pembelaan dalam sidang pembunuhan sepanjang sejarah sistem hukum Amerika Serikat.

Kasus berawal saat seorang anak laki-laki berusia 11 tahun bernama David Glatzel mulai bersikap aneh dan kasar. Keluarganya percaya dia kerasukan setan.

Keluarga Glatzel lalu mengadakan pengusiran setan bersama para ahli demonologi dan penyelidik paranormal, Ed dan Lorraine Warren.

Pengusiran setan tersebut diikuti oleh orangtua David, saudara laki-laki Alan dan Carl, saudara perempuan Debbie dan pacarnya, Arne Cheyenne Johnson yang berusia 19 tahun.

Di tengah prosesi tersebut, Arne menantang iblis untuk meninggalkan tubuh David dan pindah ke tubuhnya. Lorraine Warren memperingatkan hal itu berbahaya.

Lima bulan kemudian, Arne membunuh Alan Bono, tuan tanahnya yang berusia 40 tahun. Dia mengaku berada di bawah pengaruh kekuatan setan saat melakukan pembunuhan.

Baca juga: Fenomena Kesurupan: Mistis atau Medis?

Sidang pembunuhan karena kerasukan setan

Debbie yang berada di lokasi ketika kejadian itu terjadi mengaku melihat Arne kerasukan saat menikam Alan empat kali, diberitakan Time, Rabu (18/10/2023).

Namun, hakim menolak bukti dan pembelaan yang menyatakan Arne melakukan pembunuhan karena kesurupan setan dalam persidangan yang berlangsung pada 1981.

Akhirnya, Arne mengaku melakukan pembunuhan berencana untuk membela diri. Ini dilakukan agar dia terlepas dari tuduhan pembunuhan tingkat pertama.

Juri pada akhirnya memutuskan Arne melakukan pembunuhan berencana tingkat pertama. Dia dijatuhi hukuman 10 hingga 20 tahun penjara dengan keamanan maksimum.

Arne dan Debbie menikah di penjara pada 1985. Arne dibebaskan setahun kemudian setelah menjalani hukuman lima tahun penjara karena berperilaku baik. Pasangan ini tetap bersama sampai Debbie meninggal pada 2021.

Hingga saat ini, Arne tetap menyatakan dirinya tidak bersalah. Polisi yang mengusutnya juga menyatakan Arne tidak mengingat pembunuhan tersebut.

Baca juga: Ini Penjelasan Ilmiah untuk Fenomena Kesurupan

Kisah Keluarga Glatzel dibukukan

Setelah persidangan Arne, Ed dan Lorraine Warren menyewa seorang penulis bernama Gerald Brittle untuk menulis cerita David dan Arne.

Carl Glatzel, anak tertua keluarga tersebut mengaku Ed sengaja meminta kisah itu dibuat lebih menakutkan dalam buku.

Akhirnya, kisah kesurupan di keluarga Glatzel menjadi buku berjudul The Devil in Connecticut dan rilis pada 1983. Buku ini menjadi inspirasi film The Conjuring: The Devil Made Me Do It yang dilis pada 2021.

Saat itu, orangtua Glatzel menerima 4.500 dollar AS karena menjual cerita mereka. Sementara keluarga Warren menerima lebih dari 81.000 dollar AS.

Keuntungan yang didapat keluarga Warren membuat David kesal karena dianggap berbohong dan mengambil keuntungan atas kejadian yang dia alami.

Baca juga: Kronologi Balita 3 Tahun di Samarinda Dikira Kesurupan, Ternyata Positif Narkoba

Diduga halusinasi obat

Carl meyakini keluarga Warren melakukakn penipuan karena membukukan kisah keluarganya. Dia juga tidak percaya David dan Arne kerasukan.

Masih dilansir dari situs Netflix, Carl menyatakan Arne bersikap posesif terhadap Debbie. Ada rumor bahwa saudara perempuannya itu berselingkuh dengan Alan Bono.

Carl juga mengeklaim menemukan catatan milik ibunya yang berisi fakta bahwa sang ibu, Judy Glatzel memasukkan obat tidur Sominex ke makanan keluarga.

Judy melakukannya untuk mengendalikan mereka. Carl menduga obat ini mungkin menyebabkan saudaranya berhalusinasi.

Baca juga: 3 Kasus Kesurupan Paling Mengerikan

Sominex disebut memiliki efek jangka panjang pada manusia. Efek yang ditimbulkan termasuk perubahan suasana hati, penambahan berat badan, dan halusinasi.

"Sangat mungkin bahwa saudara laki-laki saya David telah cukup banyak mengonsumsi makanan ini selama bertahun-tahun, sehingga dia benar-benar melihat sesuatu. Atau setidaknya mengira melihat sesuatu," katanya.

Meski begitu, motivasi, penyebab asli, serta kebenaran dari kerasukan setan yang dialami keluarga Glatzel masih dipertanyakan hingga saat ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi