Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Cacar Monyet Naik Jadi 3 Kasus, Waspadai Gejala dan Penularannya

Baca di App
Lihat Foto
Shutterstock/MIA Studio
Ilustrasi cacar monyet. Ahli membeberkan ciri-ciri cacar monyet terbaru sejak mewabah pada 2022. Gejala cacar monyet ini sedikit berbeda dari wabah sebelumnya.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Kasus penyakit cacar monyet di Indonesia kembali bertambah. Satu pasien kembali terkonfirmasi positif cacar monyet pada Kamis (19/10/2023).

Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi, dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Ngabila Salama mengatakan, pasien tersebut berasal dari Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta.

"Tambah satu kasus positif monkeypox baru terdiagnosis kemarin, 19 Oktober 2023," kata Ngabila, saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (20/10/2023).

Dengan bertambahnya satu kasus cacar monyet, total kasus cacar monyet di Indonesia hingga saat ini ada tiga kasus, berikut ini daftar updatenya:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara penularan cacar monyet

Temuan kasus cacar monyet di DKI Jakarta sebelumnya merupakan import case karena penularan diduga terjadi di luar negeri.

Namun, pada kasus terbaru ini diduga karena transmisi lokal karena tidak ada riwayat pasien pergi ke luar negeri atau luar kota.

Menurut Ngabila, penularan cacar monyet terjadi melalui droplet berupa dahak, bersin, liur yang mengkontaminasi lingkungan atau tangan, kontak kulit, kontak luka, cairan tubuh, dan kontak seksual.

"Masa inkubasi cukup panjang dari tertular sampai muncul gejala bisa 3-21 hari, tersering 6-10 hari," kata Ngabila.

Untuk mencegah penularan cacar monyet di Indonesia, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menerbitkan Surat Edara Nomor HK.02.02/C/4408/2023 tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Mpox (Monkeypox) di Indonesia.

Baca juga: Kasus Cacar Monyet Ditemukan di Jakarta, Kemenkes Ungkap Gejalanya

Gejala cacar monyet

Pada pasien yang terkonfimasi positif cacar monyet, gejala yang dialami berupa demamdan lenting isi air serta koreng di beberapa bagian tubuh dimulai dari kemaluan dan menyebar ke seluruh tubuh.

"Gejala khas monkeypox juga ditemukan pada pasien yaitu pembesaran kelenjar getah bening di lipat paha," kata Salama.

Pasien tersebut dideteksi dini cepat dengan PCR dan besoknya langsung dilakukan isolasi di salah satu rumah sakit di Jakarta sampai sembuh. Diperlukan waktu 2-4 minggu rata-rata 3 minggu untuk sembuh.

Definisi sembuh jika semua luka sudah kering sempurna dan muncul kulit baru. Pasien mendapat terapi terbaik dari konsultan ahli monkeypox dari spesialis penyakit dalam dan spesialis kulit kelamin FKUI-RSCM.

Dilansir dari laman Kemenkes, berikut gejala cacar monyet yang perlu diwapadai:

Baca juga: Indonesia Kembali Konfirmasi Kasus Cacar Monyet, Simak Cara Penularan dan Gejalanya

Pencegahan penularan cacar monyet

Kemenkes bersama dengan Dinkes DKI Jakarta dengan cepat melakukan pemantauan pada kontak erat setiap hari apakah timbul gejala.

Pada kontak erat cacar monyet jika tidak bergejala maka tidak diperlukan isolasi mandiri.

Sementara pada kontak erat yang belum pernah ada gejala sama sekali maka tidak dilakukan pemeriksaan swab orofaring/tenggorokan, swab kulit, swab anus, dan pemeriksaan darah.

Meskipun demikian akan dipantau setiap hari apakah ada gejala yang timbul. Jika muncul gejala akan dilakukan pemeriksaan laboratorium lebih lanjut.

Sementara investigasi kasus terus dilakukan secara aktif untuk menggali perjalanan penyakit dan sumber penularan agar penyebaran tidak terjadi dan memutus mata rantai penularan.

Kemenkes juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak panik dan melakukan sejumlah langkah pencegahan, di antaranya sebagai berikut:

  • Menjaga kebersihan diri dengan rajin memakai masker dan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun terutama jika sedang sakit dan bertemu orang sakit
  • Menghindari kontak fisik dengan orang yang sedang sakit demam, bergejala kemerahan/jerawat/luka/lenting isi air di kulitnya
  • Berhubungan seksual yang aman, bersih, sehat dengan menggunakan kondom. Jangan berhubungan seksual jika pasangan sakit apalagi ada luka pada area kemaluan atau sedang mengalami infeksi menular seksual lainnya
  • Hindari kontak wajah dengan wajah, mulut, kulit, dan barang sehari-hari yang dipakai penderita (alat mandi, alat tidur, dan lain-lain)
  • Vaksinasi cacar monyet sudah ada di Indonesia dengan jumlah terbatas dan diperuntukkan untuk kelompok berisiko tinggi

Pihak Kemenkes RI juga mengimbau agar menghindari komplikasi dan mencegah kematian dengan deteksi dini.

Apabila menemukan gejala cacar monyet seperti demam, lenting isi air/luka pada kulit apalagi disertai gejala khas monkeypox yaitu ada benjolan/pembesaran kelenjar getah bening di ketiak/leher/selangkangan/lipat paha, segera datang ke fasilitas kesehatan semua puskesmas dan rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan laboratorium.

Bagi kontak erat dari kasus positif juga dilakukan pemeriksaan laboratorium segera untuk deteksi dan pengobatan dini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi