Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Resepsi Pernikahan Dikira Tempat Wisata, Turis Berebut Foto dengan Pengantin

Baca di App
Lihat Foto
TikTok/@@argtnjl
Tangkap layar video pernikahan Ria dan Hilmie yang didatangi rombongan bule.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Seorang perempuan asal Yogyakarta bernama Annisa Ria Gitanjali menceritakan pengalaman saat acara pernikahannya menjadi tempat wisata sejumlah turis atau wisatawan asing. 

Saat itu, perempuan yang biasa dipanggil Ria itu tengah melangsungkan resepsi pernikahan dengan pasangannya Hilmie Naufal Adi.

Pengalaman itu dia bagikan melalui video di akun TikTok @argtnjl pada Rabu (18/10/2023) yang kemudian menjadi viral.

Dia membagikan video saat sekumpulan turis asal luar negeri mendatanginya. Para turis itu meminta foto dengan Ria dan Helmie.

"Di saat nikahanmu jadi wisata bule bule," tulisnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga Selasa (24/10/2023), video tersebut tayang sebanyak 517.900 kali, disukai 46.100 warganet, dan mendapatkan 259 komentar.

Baca juga: Kata Pemilik Usai Pernikahan Mewah Anjing Jojo dan Luna Dipersoalkan Disbud DIY dan Warganet


Turis penasaran dengan adat pernikahan

Ria menceritakan dia menikah dengan Hilmie pada 16 September 2023. Lokasi resepsinya di Ndalem Ngabean Resto & Butik, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

"Jadi, di venue itu kan ada resto ya, ternyata emang lagi ada kumpulan turis lagi lunch (makan siang) di sana," ceritanya kepada Kompas.com, Selasa (24/10/2023).

Rombongan wisatawan asing itu terdiri dari sekitar enam orang wanita dan empat pria paruh baya. Beberapa di antaranya itu berasal dari Belanda, Spanyol, dan negara lainnya.

Menurut Ria, lokasi pernikahan itu terdiri dari bangunan joglo tempatnya melangsungkan resepsi dan restoran bagi pengunjung. Kedua bangunan ini bersebelahan.

"Nah, pas proses resepsi, sebenernya turis ini katanya udah curious (penasaran) sama prosesi adatnya dari kejauhan," ujarnya.

Karena penasaran, kata dia, turis itu bahkan bertanya dengan beberapa orang di restoran tersebut untuk mengetahui acara pernikahan Ria.

Baca juga: Viral, Video Pernikahan di Kebun Binatang Gembira Loka, Bagaimana Ceritanya?

Resepsi didatangi turis asing

Lebih lanjut, Ria mengatakan salah satu prosesi dalam resepsi pernikahannya adalah melepaskan sepasang burung merpati bersama dengan sang suami.

"Nah, pas banget selesai resepsi ditutup melepas merpati, mereka langsung minta foto," kata dia.

Rombongan wisatawan asing itu meminta foto dengan Ria dan Helmie setelah keduanya melepas burung merpati di halaman depan joglo tersebut.

Setelah berfoto di halaman, rombongan wisatawan ini ini bahkan meminta foto dengan Ria dan Helmie di pelaminan yang ada dalam joglo.

Menurut Ria, rombongan turis itu merasa kagum dengan proses pernikahannya bersama Helmie. Mereka juga memuji baju dan riasan yang Ria kenakan cantik.

"Dan mendoakan kami juga," ujar dia lagi.

Selesai berfoto dengan Ria dan Hilmie, rombongan warga negara asing itu bersiap-siap pergi melanjutkan perjalanan ke destinasi selanjutnya. Mereka lantas pergi menaiki becak.

Respesi pernikahan Ria dan Helmie juga kebetulan memang sudah selesai saat rombongan bule itu meminta foto bersama.

Menurut Ria, dia dan sang suami tidak terlalu memerhatikan reaksi tamu undangan pernikahan atas kehadiran rombongan turis asing tersebut.

"Cuma, setelah itu ada cerita dari tamu dan temen juga kalau mereka juga foto sama turisnya, ngobrol sama turisnya," imbuh dia.

Ria menambahkan, ada juga tamu pernikahannya yang mengira rombongan turis asing tersebut merupakan tamu mereka.

"Pengen ketawa dan seneng sih (saat rombongan turis asing itu minta foto) karena moment unik juga kan," imbuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi