Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Kucing Suka Tidur di Kamar Mandi? Dokter Jelaskan Penyebabnya

Baca di App
Lihat Foto
@kochengfs
Tangkapan layar kucing tidur di kamar mandi
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Unggahan foto tiga ekor kucing yang tidur berkumpul di kamar mandi menjadi perbincangan ramai di media sosial.

Unggahan tersebut dimuat oleh akun X, @kochengfs, pada Selasa (24/10/2023).

“Saking panasnya, kucing sender sampe ngumpul di kamar mandi, kucing kalian gini jg ga si?,” tulis narasi dalam unggahan tersebut.

Unggahan tersebut menuai beragam komentar dari warganet. Beberapa warganet juga mengungkapkan hal yang sama mengenai kucing mereka yang suka tidur di kamar mandi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

“Sama nder kucingku juga suka ngadem di kamar mandi,” tulis akun @caenwooo.

“Sama nder, kucingku juga akhir2 ini suka ngadem di kamar mandi kasian sering liat dia kaya ngos2an,” komentar akun @papandapann.

Hingga Rabu (25/10/2023), unggahan tersebut telah dilihat lebih dari 557.000 warganet, disukai 21.000 kali, dan diunggah ulang oleh 1000 pengguna.

Lantas, mengapa kucing suka tidur di kamar mandi?

Baca juga: Apakah Kucing Akan Teringat Induknya Saat Diusap Sikat Gigi Basah?

Penjelasan dokter hewan

Dokter Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada Slamet Raharjo mengatakan, kondisi kucing dengan fisik leher pendek, saluran pernapasan pendek, kulit lentur, dan rambut lebat, membuatnya tidak tahan panas dan lebih menyukai lingkungan yang sejuk.

Dan salah satu lingkungan di dalam rumah yang sepanjang hari sejuk adalah kamar mandi.

“Selama tidak ada agen infeksi, kucing tiduran di kamar mandi setiap hari tidak masalah dan tidak akan menyebabkan gangguan pernapasan bagi kucing,” ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (25/10/2023).

Slamet menyampaikan, hampir semua kucing hobi mendinginkan diri di kamar mandi, dan kucing jenis persia paling sering mendinginkan diri di kamar mandi karena bulunya yang lebat.

Kucing yang suka tidur di kamar mandi akan tetap aman dan tidak akan menularkan virus serta bakteri yang ditularkan ke kucing lain atau kepada manusia.

“Kalau kamar mandi yang tiap hari dipakai dan terkena sabun, maka tidak akan ada virus dan bakteri yang bisa bertahan hidup,” kata Slamet.

Baca juga: Alasan Kucing Suka Bermain dengan Mangsa Hasil Buruannya

Adakah bahayanya?

Sedangkan dokter hewan Universitas Nusa Cendana Kupang Yeremia Yobelanno Sitompul berpendapat, kucing yang suka tidur di kamar mandi bisa disebabkan karena sifatnya.

“Sifat kucing itu suka menyendiri dan suka berada di tempat yang sepi. Jadi, kamar mandi menjadi pilihan kucing sebagai tempat untuk tidur,” ujar Yeremia.

Faktor cuaca juga membuat kucing tidur di kamar mandi, karena ruangan ini lebih dingin. Kebetulan, cuaca di Indonesia sedang panas pada saat ini.

Yeremia mengatakan, kucing memilih kamar mandi juga karena lantainya basah dan menjadi lebih dingin dibandingkan dengan udara luar.

“Jadi mungkin faktor tingkah laku kucing yang suka tempat kecil, dingin, dan sejuk. Mungkin saja kucing suka dengan desain kamar mandi yang unik tersebut,” kata Yeremia.

Pada dasarnya, kucing tidak menyukai tempat lembap. Namun, kucing menyukai tempat dingin, dan tempat dingin yang digunakan untuk tidur juga tergantung dengan faktor kondisi.

Ia menyampaikan, kucing yang tidur di kamar mandi tidak akan mengalami masalah pernapasan jika kamar mandi tersebut bersih.

Namun, jika kamar mandi yang ditiduri kucing tidak bersih, maka bisa menimbulkan jamur pada kucing, sirkulasi udara yang tidak baik juga bisa berimbas pada kesehatan pernapasan kucing.

Yeremia menjelaskan, kucing yang tidur di kamar mandi tidak menutup kemungkinan dapat menularkan bakteri dan virus ke manusia. Namun hal itu tak akan terjadi asalkan kucing tidak membuang kotoran atau kencing di kamar mandi.

“Kembali lagi kepada manusia, harus rajin bersih-bersih dan mencuci tangan setelah selesai berinteraksi dengan kucing,” pungkasnya.

Baca juga: Mengapa Kucing Bisa Melewati Celah Sempit dengan Mudah?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi