Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fenomena Hujan Uang Guyur Ceko, Orang-orang Lari Sambil Bawa Kantong

Baca di App
Lihat Foto
Instagram/@kazma_kazmitch
Tangkapan layar fenomena hujan uang di Ceko
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Lini masa media sosial X (dulu Twitter) ramai memperbincangkan fenomena hujan uang yang mengguyur Ceko.

Unggahan seputar hujan uang di kawasan Eropa Tengah ini salah satunya dibuat oleh akun @tanyakanrl, Kamis (26/10/2023) pagi.

Tampak dalam tangkapan layar yang diunggah, berlembar-lembar uang jatuh dari kotak yang diangkut sebuah helikopter.

"Guys kalian tau gk ada yang bikin hujan uang di luar negeri. Keren banget. pengen rasain hujan uang juga," tulis pengunggah.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga Kamis sore, unggahan tersebut telah dilihat lebih dari 304.000 kali, disukai 900 pengguna, dan diunggah ulang oleh lebih dari 100 warganet.

Lantas, bagaimana asal-usul hujan uang di Ceko?

Baca juga: UPDATE Daftar Negara dengan Mata Uang Terlemah di Dunia per 2023, Ada Indonesia


Fenomena hujan uang di Ceko

Hujan uang seperti pada unggahan video yang tersebar di media sosial terjadi di dekat Kota Lysa nad Labem, Ceko pada Oktober 2023.

Dilansir dari NDTV, Kamis (26/10/2023), fenomena ini digelar oleh seorang pembawa acara televisi Ceko, Kamil Bartoshek atau kerap disapa Kazma.

Semula, Kazma berencana menghadiahkan uang senilai 1 juta dollar AS itu hanya untuk satu pemenang dalam sebuah kontes.

Kontes tersebut mengharuskan peserta untuk memecahkan kode yang tertanam dalam filmnya, Onemanshow: The Movie.

Sayangnya, tidak ada satu pun peserta yang mampu memecahkan teka-teki tersebut, sehingga uang jutaan dollar AS masih belum berpindah tangan.

Influencer Ceko ini kemudian memutuskan untuk menggelar acara alternatif guna membagi-bagikan uang tersebut di antara semua kontestan.

Pada Minggu (22/10/2023) pukul 06.00 waktu setempat, Kazma mengirimi para peserta sebuah email yang memuat informasi terenkripsi mengenai alamat dan jadwal penyebaran uang.

"Dalam beberapa hari, helikopter kargo akan terbang di atas Republik Ceko. Dia akan memiliki wadah di bawahnya dengan uang kertas satu juta dollar AS," kata Kazma sebelum menyebarkan hujan uang.

Menurutnya, wadah yang diangkut helikopter memiliki pintu raksasa di bagian bawah. Saat pintu itu terbuka di suatu tempat yang dirahasiakan, maka jatuhlah hujan uang.

"Kapan dan di mana hal ini akan terjadi, hanya mereka yang telah mengaktifkan kartunya yang akan mengetahui beberapa jam sebelumnya," lanjut Kazma.

Bersifat rahasia, hanya penerima email yang dapat berkumpul di lokasi pada tanggal dan jam yang telah ditentukan.

Hingga tiba saat jadwal yang dirahasiakan tiba, Kazma pun menepati janji dengan mendatangi lokasi menggunakan helikopter.

Tak lama setelah sosoknya muncul, ribuan uang kertas pecahan 1 dollar itu turun dari langit seiring sambutan antusias dari orang-orang yang berkumpul di sebuah lapangan.

Hanya dalam waktu kurang dari satu jam, uang kertas dari helikopter ini telah ludes dimasukkan ke dalam kantong.

Bahkan, dari video yang diunggah Kazma dalam akun resmi Instagram @kazma_kazmitch, Rabu (25/10/2023), beberapa orang tampak berlarian sambil membawa tas, berusaha mengumpulkan uang sebanyak mungkin.

Baca juga: Viral, Video Uang Arisan Rp 11 Juta Terbakar Bisa Ditukar, Ini Kata BI

Kontroversi di tengah keramaian

Selain membagikan uang hadiah kepada para peserta, para pengikut Kazma sebelumnya menawarkan untuk menyumbangkan uang tersebut guna membantu seseorang.

Beberapa di antara mereka juga meminta influencer ini untuk membuat pertunjukan lain dengan uang tersebut.

"Anda memberi kami banyak ide tentang apa yang harus dilakukan dengan uang yang tidak dihasilkan oleh siapa pun," ucapnya.

"Jadi saya berpikir tentang apa yang harus dilakukan dengan (uang) itu, dan kemudian saya berpikir kita bisa menggabungkan ketiga hal ini bersama-sama," sambungnya.

Oleh karena itu, bukan hanya menggelar pertunjukkan hujan uang untuk para peserta, dia juga mengarahkan penerima uang untuk mengamalkannya.

Sebab, menurut Kazma, setiap uang kertas telah dilengkapi kode QR berisi tautan platform online tempat pemenang dapat menyumbangkan uang untuk amal.

Namun, diberitakan BNN Network, Selasa (24/10/2023), fenomena ini sempat menuai kritik dan kontroversi, terutama terkait legalitas dan implikasi pajak dari distribusi uang.

Aturan menetapkan bahwa nominal uang tersebut harus dikenakan pajak, tetapi Kazma tidak menyebutkan fakta penting ini.

Hal tersebut turut memicu kebingungan di antara para peserta yang hadir di tengah lapangan.

Kritikus juga mempertanyakan stiker yang ditempel pada setiap uang kertas, yang merujuk pada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan.

Kondisi itu disebut meningkatkan kekhawatiran tentang nilai dan penerimaan dollar di negara ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi