Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Goa Kucing, "Gerbang Menuju Neraka" di Irlandia, Diklaim Tempat Kelahiran Halloween

Baca di App
Lihat Foto
Wikimedia/Gillaween
Oweynagat, Gua Kucing, atau Gua Menuju Neraka di Roscommon, Irlandia dianggap sebagai portal menuju dunia lain yang terbuka setiap tahun pada 31 Oktober.
|
Editor: Farid Firdaus

KOMPAS.com - Di sebuah padang rumput di County Roscommon, Connacht, Irlandia, tersembunyi Goa Oweynagat atau Goa Kucing yang disebut sebagai tempat kelahiran Halloween.

Populer dengan sebutan "goa menuju neraka", tempat ini dipercaya berfungsi sebagai portal menuju dunia lain yang terbuka setiap tahun pada 31 Oktober.

Dilansir dari laman BBC, Senin (31/10/2022), arkeolog dan sejarawan lokal Daniel Curley menyampaikan, kepercayaan itu setidaknya sudah ada sejak 2.000 tahun lalu.

Menurut dia, pembukaan gerbang merupakan tanda masa transisi antara musim gugur dan musim dingin yang membawa serta sejumlah karakter tak biasa dari dunia lain.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Monster dan manifestasinya akan muncul, dipimpin oleh Dewi Morrighan, untuk menciptakan dunia yang siap menghadapi musim dingin, termasuk burung dengan napas busuk yang akan melucuti dedaunan dari pepohonan," kata Curley.

Dia melanjutkan, selama kurun waktu tersebut, penduduk setempat akan tinggal di dalam rumah karena takut diseret ke dunia lain setelah para hantu selesai dengan urusannya.

"Jika Anda harus pergi ke luar, Anda akan mengenakan kostum dan topeng agar terlihat mengerikan. Dengan begitu, Anda akan dibiarkan sendirian dan tidak terseret ke dunia lain," sambungnya.

Kebiasaan berdandan seperti makhluk menakutkan saat keluar pada malam hari tepat di akhir Oktober inilah yang dipercaya merupakan asal-usul Halloween.


Tempat jahat seperti neraka

Sementara itu, dikutip dari IFL Science, Kamis (24/10/2023), Goa Kucing merupakan bagian dari Rathcroghan, kompleks situs arkeologi yang menyimpan lebih dari 240 situs.

Di Rathcroghan pula, bangsa Celtic, sebuah kelompok di Eropa kuno, mengadakan festival bernama Samhain mulai 31 Oktober malam.

Situs tersebut tercatat berusia hingga 5.500 tahun sejarah manusia, mulai dari Zaman Batu Baru hingga akhir periode Abad Pertengahan.

Kawasan ini juga menjadi rumah bagi 28 gundukan pemakaman yang berasal dari Zaman Perunggu dan Zaman Besi.

Bahkan, kompleks pemakaman digambarkan dalam literatur Abad Pertengahan sebagai salah satu dari tiga situs pemakaman utama di Irlandia.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Halloween, Dirayakan Setiap 31 Oktober

Sebagai salah satu situs terkenal di Rathcroghan, Oweynagat "dipuja" bukan karena ukuran atau penampakan karstnya.

Goa sepanjang 37 meter di bawah tanah itu menarik perhatian para ilmuwan lantaran sejarah arkeologinya.

"Itu dianggap sebagai tempat jahat seperti neraka yang penuh dengan makhluk mitos dan makhluk gaib yang menakutkan," jelas penulis dalam jurnal Irish Speleology (1997), Joe Fenwick dan Matthew Parks.

Goa tersebut digambarkan sebagai kediaman Morrighan, dewi perang dalam kepercayaan bangsa Celtic.

Teks-teks awal lainnya mengaitkan tempat ini dengan babi, burung, kucing, dan manusia serigala betina yang jahat dan buas.

"Ini adalah tempat yang ditakuti, khususnya pada malam Samhain ketika penghuni 'neraka' konon muncul dari dalam goa," tulisnya.

Baca juga: Mengapa Halloween Identik dengan Permen dan Trick or Treat?

Festival Samhain oleh bangsa Celtic

Kendati identik dengan Halloween, Roscommon bukanlah satu-satunya tempat di Irlandia yang diklaim sebagai tempat asal perayaan ini.

Pada abad ke-17, sejarawan Geoffrey Keating menulis tentang perjamuan makan dalam festival Samhain dan kebakaran hebat di sebuah bukit di Meath, Irlandia bagian timur.

Hingga pada 2014, arkeolog yang melakukan penggalian di Bukit Tlachtga, kini bernama Hill of Ward, di daerah Meath, menemukan bukti kebakaran dahsyat yang berasal dari 500 Masehi.

Bangsa Celtic sendiri memulai perjamuan makan Samhain saat Matahari terbit pada 31 Oktober hingga Matahari terbit pada 1 November.

Pada waktu itu, menurut kepercayaan mereka, roh orang-orang yang sudah meninggal akan berkunjung kembali ke rumah untuk mengganggu.

Guna menakuti para roh jahat tersebut, orang-orang Celtic kemudian melakukan sebuah ritual di puncak bukit dengan cara menyalakan api unggun dan mengenakan kostum menyeramkan.

Baca juga: 10 Film Horor Paling Menakutkan Berdasarkan Sains, Cocok Ditonton Waktu Halloween

Menurut tradisi, semua api di Irlandia akan dipadamkan pada malam sebelum festival Samhain.

Satu api unggun raksasa dinyalakan di puncak Tlachtga, semua orang yang datang akan menyalakan api dari api unggun ini.

Festival Samhain mungkin telah "lompat" menjadi perayaan Halloween saat para imigran Irlandia melakukan perjalanan ke Amerika Serikat pada 1800-an.

Di Amerika, hingga hari ini, orang-orang menghiasi malam 31 Oktober dengan pernak-pernik dan kostum yang menyeramkan.

Baca juga: Punya Wajah Seram, Apa Itu Jack O Lantern yang Muncul Setiap Perayaan Halloween?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi