Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Rekor Lionel Messi Selain Jadi Peraih Ballon d'Or 8 Kali

Baca di App
Lihat Foto
FRANCK FIFE/AFP
Penyerang Argentina, Lionel Messi, menerima penghargaan kedelapan Ballon d'Or pada edisi 2023 Ballon d'Or di Theatre du Chatlet pada 30 Oktober 2023. (Foto oleh FRANCK FIFE / AFP)
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Pemain Inter Miami, Lionel Messi memenangkan penghargaan Ballon d’Or 2023.

Trofi Ballon d’Or 2023 diberikan kepada Lionel Messi di Theatre du Chatelet, Paris, Perancis pada Selasa (31/10/2023) dini hari WIB.

Diberitakan Kompas.com, Selasa (31/10/2023), Messi mendapatkan penghargaan ini usai memenangkan Piala Dunia 2022 bersama timnas Argentina.

Messi mengantongi tujuh gol dan tiga assist serta memimpin timnas Argentina di Piala Dunia 2022. Selain itu, dia juga meraih Golden Ball atau Pemain Terbaik Piala Dunia 2022.

Messi menjadi satu-satunya pemain sepak bola yang meraih delapan Ballon d’Or, atau terbanyak saat ini. Sementara Cristiano Ronaldo meraih lima kali Ballon d'Or. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain trofi Ballon d'Or, Messi juga memiliki sederet rekor lainnya di dunia sepak bola. Apa saja? 

Baca juga: Lionel Messi dan Daftar Pemain Penerima Ballon dOr Terbanyak Sepanjang Sejarah


Rekor yang dipecahkan Lionel Messi

Berikut sederet rekor yang dibuat oleh Lionel Messi selama berkarier sebagai pesepak bola.

1. Penghargaan Ballon d’Or terbanyak

Penyerang berusia 36 tahun ini meraih trofi Ballon d’Or sebanyak delapan kali, yakni pada 2023, 2021, 2019, 2016, 2013, 2012, 2011, dan 2009.

Dikutip dari BBC (30/10/2023), Messi unggul dari Cristiano Ronaldo yang mendapat lima trofi Ballon d'Or pada 2017, 2016, 2015, 2014, dan 2008.

Namun, Ronaldo saat ini berusia 38 tahun sehingga kemungkinan akan sulit mengalahkan pencapaian Messi.

Meski begitu, rekor tersebut masih mungkin dilewati oleh Erling Haaland, Jude Bellingham, Vinicius Jr., atau Harry Kane di masa depan.

2. Gol terbanyak di satu musim La Liga

Selain memenangkan Ballon d'Or terbanyak, Messi juga mengemas gol terbanyak dalam satu musim La Liga saat membela Barcelona.

Messi bermain dalam 37 penampilan pada 2011-2012 dan membuat total 50 gol. Pencapaian ini tidak hanya menjadi gol terbanyak dalam satu musim La Liga.

Gol itu juga menjadi gol terbanyak yang dibuat oleh seorang pemain dalam satu musim di salah satu dari lima liga top Eropa sejak Liga Premier terbentuk pada 1992-1993.

Sejak La Liga terbentuk pada 1929, hanya tiga pemain yang berhasil mencetak 40 gol. Messi dan Ronaldo melakukannyanya dua kali dan Luis Suarez mencapainya sekali.

Baca juga: Perbandingan Debut Lionel Messi di Inter Miami Vs Cristiano Ronaldo di Al Nassr

3. Gol terbanyak di semua kompetisi dalam satu musim

Di musim kompetisi 2011-2012, Messi tidak hanya memecahkan jumlah gol terbanyak di La Liga. Dia total mencetak 73 gol di semua kompetisi musim tersebut untuk Barcelona.

Jumlah gol tersebut menjadi gol terbanyak yang dibuat seorang pesepak bola di semua kompetisi dalam satu musim pertandingan hingga saat ini.

Pencapaian itu melewati rekor pemain legenda Everton, Dixie Dean yang mencetak 63 gol pada 1927-1928. Sementara pemain Manchester City Erling Haaland mencetak 52 gol di semua pertandingan musim lalu.

4. Gol terbanyak Liga Champions untuk satu klub

Messi bukan pencetak gol terbanyak Liga Champions. Dia berada di urutan kedua dengan 129 gol atau berjarak 11 gol dari Cristiano Ronaldo.

Namun 120 gol Messi yang dibuatnya untuk Barcelona merupakan gol terbanyak yang dibuat seorang pemain untuk satu klub di kompetisi tersebut.

5. Gol terbanyak untuk Argentina

Messi mencetak 106 gol selama berkarier untuk timnas Argentina sejak 2005. Pencapaian ini menjadikannya pencetak gol terbanyak di negara tersebut.

Messi melampaui Gabriel Batistuta yang mencetak 58 gol dan melewati Sergio Aguero yang membuat 43 gol bagi timnas Argentina.

Baca juga: 10 Akun Instagram dengan Pengikut Terbanyak di Dunia, Ronaldo Kalahkan Messi

6. Peraih Golden Ball terbanyak

Tidak hanya peraih Ballon d'Or terbanyak, Messi juga meraih penghargaan Golden Ball atau Sepatu Emas terbanyak.

Dilansir dari Give Me Sport (18/6/2023), Messi meraih 6 trofi Sepatu Emas Eropa. Tiga di antaranya dimenangkan berturut-turut pada 2016 sampai 2019 bersama Barcelona.

7. Gol terbanyak untuk satu klub

Messi merupakan pencetak gol terbanyak untuk satu klub saat membela Barcelona. Dia mengemas total 672 gol selama berkarier di klub tersebut selama 2004–2021.

Selain itu, bersama Barcelona, dia juga meraih penghargaan klub terbanyak. Messi memenangkan 37 trofi dari berbagai kompetisi saat berada di Barcelona.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi