Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Atlet Hoki Adam Johnson Meninggal Saat Pertandingan

Baca di App
Lihat Foto
Pixabay
Ilustrasi olahraga hoki es yang dimainkan dengan berselancar di atas permukaan es.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Atlet hoki asal Amerika Serikat (AS), Adam Johnson (29) meninggal dunia usai bertabrakan dengan lawannya dalam pertandingan Challenge Cup antara Nottingham Panthers dan Sheffield Steelers di Sheffield, Inggris pada Sabtu (28/10/2023) malam.

Tabrakan itu mengakibatkan luka parah di bagian leher Johnson karena sabetan sepatu skate milik pemain lawan, Matt Petgrave.

Tim Johnson, Nottingham Panthers, mengkonfirmasidan menyampaikan duka cita atas insiden tersebut pada Minggu pagi.

"Nottingham Panthers sangat terpukul untuk mengumumkan bahwa Adam Johnson secara tragis telah meninggal dunia setelah kecelakaan aneh pada pertandingan di Sheffield tadi malam," tulisnya dalam sebuah unggahan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Johnson sempat dilarikan ke Rumah Sakit Umum Utara Sheffield sebelum akhirnya dinyatakan meninggal. Tim Johnson menyatakan insiden itu sebagai "kecelakaan aneh".

Kepolisian South Yorkshire Selatan mengatakan, pihaknya tengah melakukan penyelidikan terkait insiden tersebut.

"Kami akan mendurung masyarakat untuk menghindari spekulasi mengenai insiden tersebut sementara kami terus melakukan penyelidikan," tutur pihak kepolisian, dilansir dari CBS News.

Kronologi Adam Johnson meninggal dunia

Adam Johnson meninggal dunia ketika lehernya terluka akibat bertabrakan dengan pemain lain saat pertandingan antara Nottingham Panthers dan Sheffield Steelers berlangsung di Sheffield, Inggris pada Sabtu (28/10/2023).

Dia mengalami "keadaan darurat medis" setelah terkena sepatu skate pemain Steelers, Matt Petgrave, saat terjadi tabrakan di atas es.

Dikutip dari Style Caster, Johnson sempat berusaha meluncur ke bangku cadangan tim sebelum pingsan di atas es.

Petugas kepolisian South Yorkshire Selatan di lokasi bersama dengan layanan darurat lainnya.

"Kami dipanggil pada pukul 20.25 pada hari Sabtu 28 Oktober untuk melaporkan bahwa seorang pemain telah terluka parah selama pertandingan Sheffield Steelers melawan Nottingham Panthers di Utilita Arena di Sheffield," ujar polisi Sheffield dalam sebuah pernyataan.

Setibanya di lokasi, petugas langsung melakukan penyelidikan dan investigasi di sekitar lokasi kejadian.

Reporter Sheffield Steelers dari BBC, Peter Spencer mengatakan, dirinya melihat tabrakan antar pemain terjadi sebelum Johnson mengalami luka di bagian lehernya.

"Dokter dari Steelers dan fisio dari Panthers langsung turun ke atas es untuk menanganinya, kemudian paramedis datang," kata dia, dilansir dari BBC.

Johnson sempat menerima CPR di atas es dan pada saat itulah kapten Steelers, Robert Dowd, meminta kedua tim untuk membentuk lingkaran di sekelilingnya. Insiden mencekam ini membuat beberapa penggemar trauma.

"Saya telah meliput hoki es di Sheffield selama 11 tahun dan untuk melihat bagaimana para pemain terlihat terpengaruh, staf dan manajemen kedua tim, sangat mengerikan untuk dilihat dan tentu saja bukan insiden yang pernah saya lihat sebelumnya, dan saya harap saya tidak akan pernah melihatnya lagi," ujar dia.

Hanya perawat dan tenaga medis profesional di Sheffield yang diizinkan masuk ke dalam es oleh para pengurus untuk membantu.

Baca juga: Alternatif Pengganti Olahraga Jalan Kaki 10.000 Langkah Per Hari

Profil Adam Johnson

Adam Johnson merupakan pemain hoki profesional yang lahir di Grand Rapids, Minnesota, AS pada 1994.

Dia tumbuh dan dibesarkan di Hibbing, Saint Louis County, Minnesota, AS.

Semasa sekolah menengahnya, dia dipercaya memimpin tim sekolah ke turnamen bergengsi di negara bagian pada 2011.

Johnson juga merupakan finalis Mr. Hockey pada 2012-2013 dan dan menjadi bintang selama dua musim di University of Minnesota-Duluth.

Pada 2017 dia mencetak gol kemenangan di perpanjangan waktu untuk memimpin Bulldogs ke Frozen Four.

Johnson menghadiri kamp pengembangan prospek Pittsburgh Penguins sebelum memilih untuk mengakhiri karier perguruan tingginya lebih awal dan menyetujui kontrak dua tahun entry-level dengan Penguins pada 6 Juli 2017.

Dia kemudian menjadi pencetak gol terbanyak kedua untuk afiliasi Liga Hoki Amerika, Wilkes-Barre/Scranton Penguins pada musim 2017-2018.

Debut pertandingan profesionalnya dilakukan di Liga Hoki Nasional dengan Pittsburgh Penguins pada 21 Maret 2019.

Setelah itu, dia berpindah-pindah dari satu tim ke tim lainnya selama beberapa tahun.

Mulai dari Malmo Redhawks di Liga Hoki Swedia kembali ke Amerika Utara dengan Ontario Reign di AHL, kemudian kembali ke Eropa dengan Ausburger Panther di Deutsch Eishockey League, dan akhirnya ke Nottingham Panthers di Liga Hoki Es Elite untuk musim 2023/2024 pada Agustus 2023.

Namun, hidupnya berakhir secara tragis setelah tragedi tabrakan yang melukai lehernya pada 28 Oktober 2023, dalam sebuah pertandingan melawan Sheffield Steelers.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi