Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Salah Pilih, Kenali Perbedaan Smart TV dan Android TV

Baca di App
Lihat Foto
iStockphoto/M-Production
Perbedaan smart TV dan Android TV.
|
Editor: Muhammad Zaenuddin

KOMPAS.com - Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju, lahir pula banyak perangkat elektronik dan digital yang canggih, termasuk televisi (TV).

Saat ini, perangkat TV sudah semakin canggih, terutama sejak kemunculan smart TV dan Android TV. Para pengguna bisa menikmati siaran TV sekaligus layanan streaming online.

Namun, meski smart TV dan Android TV sama-sama merupakan perangkat televisi pintar, keduanya memiliki perbedaan mencolok.

Baca juga: Cara Ampuh Mengatasi TV Digital yang Tidak Muncul Sinyal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lantas, apa perbedaan antara smart TV dan Android TV?

Apa itu Smart TV?

Dilansir dari laman Gadget Review, smart TV adalah perangkat televisi yang memberikan akses ke internet.

Anda dapat mengakses konten online dengan menghubungkannya secara wireless atau menggunakan kabel ethernet.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Utama TV Analog dan TV Digital

Berbeda dengan TV digital pada umumnya, smart TV menghadirkan aplikasi khusus yang dirancang untuk streaming acara TV, film, video, dan musik tanpa memerlukan kotak streaming.

Smart TV sekilas mirip dengan komputer, karena selain menyediakan layanan streaming, smart TV juga dapat mengakses internet melalui koneksi internet.

Namun, layanan internet biasanya tidak disertakan dalam pembelian smart TV, sehingga Anda perlu memasang jaringan internet melalui router dan modem sendiri.

Baca juga: Cara Daftar Akun Netflix di Smart TV dan Dekoder

Apa itu Android TV?

Android TV adalah perangkat televisi yang dikembangkan oleh Google, dengan fitur yang lebih banyak daripada smart TV.

Dikutip dari laman PC Guide, Android TV memiliki konektivitas internet, serta memberikan akses ke banyak konten dan aplikasi yang tersedia di Google Play Store.

Secara umum Android TV termasuk dalam kategori smart TV. Bedanya, Android TV hadir dengan beberapa fitur dan fungsi tambahan yang disediakan oleh sistem operasi Android.

Baca juga: Cara Transfer Chat WhatsApp dari Android ke iPhone atau Sebaliknya

Karena menjalankan sistem operasi Android, perangkat ini menawarkan fasilitas bawaan seperti Google Assistant dan Chromecast.

Android TV juga menggunakan Google Play Store. Jika Anda masuk menggunakan akun yang sama seperti pada ponsel, akan dapat mengakses semua aplikasi dan langganan yang sudah Anda simpan.

Ini merupakan nilai lebih, khususnya bagi pengguna ponsel Android, karena aplikasi di ponselnya dapat diakses pada perangkat televisi.

Baca juga: Cara Menghubungkan Apple AirPods ke Ponsel Android

Kesimpulan

Jadi secara sederhana, perbedaan utama antara smart TV dan Android TV terletak pada penggunaan sistem operasi dan sejumlah fitur khusus.

Sebab, Android TV pada dasarnya termasuk dalam kategori smart TV, yang dilengkapi dengan fitur dan layanan Android dari Google.

Perangkat mana yang lebih baik akan tergantung pada kebutuhan Anda. Smart TV cukup baik jika Anda menginginkan TV untuk tontonan dasar yang dapat terhubung internet.

Sedangkan, jika Anda adalah pengguna Android khusus atau menggunakan banyak teknologi Google, Android TV mungkin merupakan pilihan yang lebih baik.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Fitur Google Assistant di Android

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Cara Cari Channel TV Digital Pakai STB

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi