Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Dianggap Sama, Ini Beda Uni Emirat Arab dan Arab Saudi

Baca di App
Lihat Foto
SHUTTERSTOCK/SAINUDDEEN ALANTHI
Ilustrasi pemandangan kota Jeddah, Arab Saudi.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Uni Emirat Arab (UEA) dan Arab Saudi merupakan nama negara yang sama-sama berada di Timur Tengah dan memiliki kata "Arab".

Meski begitu, UEA dan Arab Saudi adalah dua negara yang berbeda. Keduanya memiliki wilayah, bendera, dan pemerintahan sendiri.

Lalu, seperti apa perbedaan antara Uni Emirat Arab dan Arab Saudi?

Baca juga: Sering Dikira Sama, Ternyata Bahasa China dan Mandarin Berbeda


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil UEA dan Arab Saudi

Uni Emirat Arab dan Arab Saudi memiliki profil negara yang berbeda. Dikutip dari Index Mundi, berikut rangkuman profil kedua negara tersebut.

Uni Emirat Arab

Arab Saudi

Baca juga: Alasan Bendera Arab Saudi Tidak Boleh Dikibarkan Setengah Tiang

Perbedaan UEA dan Arab Saudi

Sementara itu, dikutip dari Pulptastic, berikut sejumlah perbedaan antara Uni Emirat Arab dan Arab Saudi.

1. Lokasi geografi

Arab Saudi merupakan negara terbesar di Timur Tengah. Sebagian besar wilayahnya berupa gurun. Kota besar di Arab Saudi di antaranya Riyadh, Jeddah, dan Mekah.

Sebaliknya, UEA punya wilayah yang lebih kecil dari Arab Saudi.

Negara ini terdiri dari tujuh emirat, termasuk Abu Dhabi, Dubai, dan Sharjah. UEA memiliki geografis yang lebih beragam, berupa oasis pinggiran kota, pantai, dan pegunungan.

2. Tingkat ekonomi

Kedua negara mempunyai struktur perekonomian yang berbeda. Arab Saudi sangat bergantung pada cadangan minyak yang menyumbangkan sebagian besar pendapatan negaranya.

Negara ini juga mempunyai sektor manufaktur yang berkembang dengan baik, terutama produksi petrokimia.

Sementara UEA tidak terlalu bergantung pada cadangan minyak. Pemasukan negara ini berasal dari pariwisata, perbankan, dan real estat. UEA juga memiliki sektor ritel yang berkembang dengan beragam merek internasional.

3. Politik

Sistem politik di kedua negara berbeda. Arab Saudi adalah monarki absolut yang diperintah oleh Wangsa atau Dinasti Saud. Arab Saudi lebih konservatif terhadap peran agama dalam politik.

Sementara UEA terdiri dari federasi tujuh emirat yang memiliki kendali sendiri. UEA juga lebih terbuka terhadap investasi asing dan perdagangan internasional. Peran agama dalam politik lebih liberal.

Baca juga: Pesawat Pertama Pembawa Turis Israel Mendarat di Uni Emirat Arab

4. Infrastruktur

Arab Saudi memiliki jaringan jalan raya yang berkembang baik untuk menghubungkan kota-kota besar. Negara ini juga memiliki sistem kereta api modern dan bandara internasional di Riyadh.

Sementara UEA memiliki infrastruktur lebih modern dengan jaringan kereta api berkecepatan tinggi di antara kota-kota besar dan dua bandara internasional di Dubai dan Abu Dhabi.

5. Pendidikan

Arab Saudi menekankan pendidikan agama dengan fokus pada pembelajaran hafalan. Namun, jumlah universitas di sana tidak banyak.

Sebaliknya, UEA memiliki pendekatan yang lebih modern dengan fokus pada pemikiran kritis dan penyelesaian masalah. UEA juga memiliki persentase mahasiswa yang lebih tinggi dan universitas lebih banyak.

6. Kesehatan

Arab Saudi memiliki sistem layanan kesehatan publik yang sebagian besar gratis, sementara UEA didominasi sistem kesehatan swasta yang dibiayai oleh individu atau pemberi kerja.

UEA juga memiliki persentase dokter dan perawat per kapita yang lebih tinggi dibandingkan Arab Saudi.

Baca juga: Danau Dadakan Muncul di Arab Saudi, Warga Bisa Main Jet Ski hingga Naik Perahu

7. Militer

Arab Saudi memiliki militer yang besar dan lengkap dengan angkatan udara dan angkatan laut yang kuat. Personel tentara yang aktif lebih banyak di Arab Saudi.

Sebaliknya, UEA memiliki kekuatan militer yang jauh lebih kecil dan fokus pada pertahanan udara dan laut. UEA juga memiliki jumlah personel aktif yang lebih sedikit.

8. Makanan

Arab Saudi memiliki masakan tradisional berbahan dasar nasi, daging, dan kurma. Namun, restoran di sana tidak beragam.

UEA memiliki masakan lebih internasional dengan hidangan bercita rasa India, Timur Tengah, dan Mediterania. UEA juga memiliki restoran yang lebih beragam.

9. Olahraga

Arab Saudi adalah negara tradisional. Cabang olahraga andalannya berupa balap unta dan elang.

Di sisi lain, UEA memiliki budaya olahraga lebih modern berupa sepak bola, transmisi, dan golf. UEA juga memiliki jumlah acara olahraga internasional yang lebih banyak.

Baca juga: Siapa Pangeran Abu Dhabi yang Menghadiahkan Masjid di Solo kepada Jokowi?

10. Pariwisata

Arab Saudi termasuk negara yang relatif tertutup dengan aturan ketat terhadap turis yang boleh berkunjung. Oleh karena itu, jumlah pengunjung internasional tidak seberagam UEA.

Pariwisata UEA lebih terbuka dengan beragam atraksi dan aktivitas bagi pengunjung. UEA juga memiliki jumlah pengunjung internasional yang lebih tinggi.

11. Agama

Kedua negara tersebut mempunyai latar belakang agama Islam. Arab Saudi sepenuhnya negara Islam yang menjadi agama resmi.

Sebaliknya, UEA lebih terbuka terhadap agama lain. Banyak orang dari negara lain yang tinggal di sana dengan agama berbeda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi