Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Cara Mengusir Serangga Saat Datangnya Musim Hujan

Baca di App
Lihat Foto
Freepik/vecstock
Ilustrasi serangga semut yang berkeliaran di musim hujan.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Menurut prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Indonesia akan mengalami awal musim hujan 2023/2024 pada Oktober hingga Desember 2023.

Puncak musim hujan diprediksi terjadi pada Januari dan Februari 2024.

Selama musim hujan, hewan pengerat dan serangga seperti kecoak dan semut berpotensi masuk ke rumah. 

Mereka mencari tempat yang lebih hangat untuk menunggu hujan reda seperti rumah atau bangunan lainnya. Selain ingin tetap hangat dan kering, serangga yang sering muncul di rumah setelah hujan ini juga ingin mencari mangsa

Lalu, bagaimana cara mengusir serangga saat datangnya musim hujan?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: 7 Serangga yang Muncul di Musim Hujan dan Cara Mengusirnya


Cara mengusir serangga di musim hujan

Dirangkum Kompas.com dari berbagai sumber, berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengusir serangga di musim hujan.

1. Tutup lubang di sekeliling rumah

Dikutip dari The Express Tribune (16/1/2017), serangga bisa masuk melalui celah atau lubang yang ada di sekitar rumah.

Untuk menghindari serangan serangga, tutup setiap lubang yang ada di lantai, dinding, atap, bahkan saluran gas atau jalur kabel telepon.

Tutup celah tersebut dengan dempul agar tidak dilewati oleh serangga. 

2. Pasang jaring di ventilasi

Cara kedua untuk mengusir serangga di musim hujan adalah dengan memasang jaring pengaman di ventilasi jendela atau pintu.

Orang yang ada di dalam rumah membutuhkan udara yang keluar-masuk dari ventilasi. Oleh karena itu, lubang ini tidak mungkin ditutup.

Meski begitu, pemilik rumah perlu memasang jaring-jaring di sekitar ventilasi. Cara ini akan mencegah serangga dan hama masuk ke tempat tinggal.

3. Rapikan rumah

Selanjutnya, pastikan rumah dalam kondisi rapi agar tidak menjadi tempat persembunyian dan sarang serangga di musim hujan.

Oleh karena itu, selalu bersihkan rumah dan buang tumpukan barang yang tidak diperlukan. Simpan baju bersih dengan rapi di dalam lemari. Pastikan juga lantai rumah bersih.

Baca juga: Jangan Diusir, Ini 8 Serangga yang Bermanfaat bagi Halaman Rumah

4. Bersihkan sampah daur ulang

Bagi pemilik rumah yang memiliki kebiasaan menyimpan barang daur ulang, pastikan barang-barang tersebut tersimpan dalam kondisi rapi, bersih, dan kering sebelum disalurkan ke bank sampah.

Pastikan kaleng minuman, botol, dan kaleng makanan dibilas hingga bersih sebelum didaur ulang. Jika dibiarkan kotor, serangga akan tertarik bahkan bersarang di sana.

5. Bersihkan dan keringkan genangan air

Air yang menggenang di sekitar rumah menjadi tempat serangga berkembang biak maupun sumber minuman bagi mereka.

Oleh karena itu, cara selanjutnya untuk mencegah serangan serangga adalah rutin membersihkan dan mengeringkan genangan air yang ada di sekitar rumah.

6. Tanaman pengusir serangga

Cara lain untuk mengusir serangga di rumah selama musim hujan adalah dengan menanam tanaman pengusir serangga.

Salah satunya, tanaman tulsi yang merupakan pestisida alami bagi nyamuk. Tanaman ini mencegah serangga masuk rumah sekaligus membunuh jentik-jentik nyamuk.

Baca juga: 13 Tanaman Hias Ampuh Usir Serangga, Cocok Ditanam di Halaman Rumah

7. Jaga mebel kayu tetap kering

Kayu adalah makanan kesukaan rayap, terutama kayu yang lembab akibat air hujan. Karena itu, pastikan mebel dari bahan kayu dalam kondisi kering.

Oleskan termisida dan cairan kimia lain untuk mengusir rayap dari perabotan kayu.

8. Menjaga kebersihan

Dilansir dari Slurrp (4/7/2023), cara lain untuk mengusir serangga selama musim hujan adalah dengan memastikan rumah dalam keadaan bersih dari remah-remah makanan.

Pastikan dapur tetap bersih dan bebas dari sisa makanan. Bersihkan dapur, meja makan, dan permukaan rumah lainnya dari tumpahan makanan yang dapat menarik lalat dan serangga.

9. Tutup wadah makanan

Selanjutnya, untuk mencegah serangga mengerubungi makanan di rumah, pastikan wadah makanan selalu dalam keadaan tertutup.

Pastikan selalu menyimpan makanan dalam wadah kedap udara untuk mencegah serangga mengaksesnya. Hal ini berlaku pada makanan biji-bijian, sereal, buah-buahan, dan sayuran.

Baca juga: 6 Warna Ini Bisa Usir Nyamuk dan Serangga Lainnya, Gunakan untuk Cat Rumah

10. Buang sampah di tempat tertutup

Langkah lain untuk mengusir dan menghindari serangan serangga di musim hujan yaitu dengan memastikan sampah dibuang di tempat sampah tertutup rapat.

Sisa makanan di tempat sampah yang kotor dan terbuka akan mengundang lalat. Karena itu, pertimbangkan untuk memakai tempat sampah tertutup.

11. Bersihkan saluran air dan pipa

Saluran air yang tersumbat atau kotor dapat menarik lalat masuk ke rumah di musim hujan. Cara untuk mengusirnya yaitu dengan membersihkan saluran air dan pipa di dapur dan kamar mandi.

Gunakan bahan pembersih alami atau pembersih saluran air khusus untuk mencegah penumpukan bahan organik yang menarik serangga.

12. Gunakan penolak alami

Untuk menghindari penggunaan bahan kimia, gunakan bahan-bahan alami pengusir serangga

Beberapa bahan alami yang bisa menjadi pengusir serangga antara lain kemangi, mint, dan serai, lavender, atau kayu putih.

Baca juga: 10 Aroma yang Disukai dan Menarik Serangga Masuk Rumah

13. Bersihkan peralatan dapur secara teratur

Selanjutnya, usir serangga yang berkeliaran di rumah selama musim hujan dengan cara membersihkan peralatan dapur secara teratur.

Pastikan alat masak, pemanggang roti, oven, microwave, dan blender dalam keadaan bersih dari sisa makanan. Jika tidak, serangga akan tertarik dengan remah-remah atau tumpahan makanan.

14. Bersihkan lantai dengan disinfektan

Selama musim hujan, serangga seperti kecoa kemungkinan besar ditemukan di tempat yang basah atau lembab seperti wastafel, kamar mandi, toilet, dan sebagainya. 

Dikutip dari Bold Sky (2/7/2023), serangga ini membawa kuman yang berpindah ke makanan. Karena itu, pastikan untuk membersihkan lantai dengan disinfektan dan menjaga lantai tetap kering agar tidak muncul serangga.

15. Panggil pengendalian hama profesional

Jika langkah-langkah di atas tidak berefek pasa gangguan serangga di rumah saat musim hujan, pertimbangkan memanggil tenaga pengusir hama profesional.

Tenaga profesional bisa membantu mengatasi serangan serangga bahkan menemukan sarangnya yang tersembunyi di dalam rumah. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi