Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kasus Orang Hilang Paling Misterius Sepanjang Sejarah

Baca di App
Lihat Foto
Wikimedia Commons
Amelia Earhart berdiri di bawah pesawat Lockheed Model 10-E Electra.
|
Editor: Muhammad Zaenuddin

KOMPAS.com - Sepanjang sejarah terdapat banyak kasus orang yang hilang, sebagian bisa ditemukan kembali, namun sebagian lainnya menghilang tanpa jejak.

Banyak dari insiden tersebut yang tidak dapat dijelaskan dan bahkan membingungkan pihak berwenang dan sejumlah masyarakat.

Dirangkum dari beberapa sumber, dari sekian banyak kasus orang hilang paling misterius di dunia, berikut adalah 5 di antaranya:

1. Amelia Earhart

Dilansir dari laman History, tahun 1920-an, prestasi dan pembelaan hak-hak perempuan telah menjadikan mantan mahasiswa kedokteran Amelia Earhart dikenal dunia internasional.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pada 21 Mei 1937, Earhart (39) dan kopilot Fred Noonan lepas landas dari California dengan Lockheed Electra 10E untuk mengelilingi dunia.

Pada tanggal 2 Juli, mereka meninggalkan Lae, New Guinea menuju Pulau Howland. Sejak saat itu, Earhart dan Noonan, beserta pesawatnya tidak pernah terlihat lagi.

Baca juga: 5 Kecelakaan Penerbangan Luar Angkasa Paling Terkenal Sepanjang Sejarah


2. Benjamin Bathurst

Suatu malam di bulan November 1809, seorang pemuda yang menggunakan nama 'Baron de Koch' berdiri di jalan sepi kota Perleberg, Jerman, bersiap naik ke kereta kudanya.

Pelayannya itu berada di belakang kereta, dan pemuda tersebut kemudian berjalan ke sisi lain dari kuda-kuda, dan secara misterius dia tidak pernah terlihat lagi.

Diketahui, pemuda yang hilang itu sebenarnya adalah Benjamin Bathurst (25), seorang diplomat Inggris terkemuka, yang sedang dalam perjalanan pulang ke Inggris dari Wina.

Ia menyamar sebagai saudagar kaya dalam misi membujuk Austria untuk bersekutu dengan Inggris melawan Perancis dalam perang.

Baca juga: 10 Kerajaan Terbesar Sepanjang Sejarah, Apa Saja?

3. Jimmy Hoffa

Dikutip dari laman Britannica, Jimmy Hoffa adalah pengurus serikat pekerja, yang pada 1958 naik pangkat menjadi presiden Teamsters, serikat pekerja terbesar di Amerika Serikat.

Karena transaksi dalam Teamsters sangat korup, Hoffa dikejar-kejar oleh otoritas federal. Sekitar tahun 1964, dia masuk penjara karena sejumlah kejahatan, termasuk menghalangi proses juri, kemudian bebas pada 1971.

Pada 30 Juli 1975, Hoffa pergi ke sebuah restoran di pinggiran kota Detroit untuk menghadiri pertemuan dengan pejabat-pejabat Teamster.

Sejak itu, Jimmy Hoffa tidak pernah terlihat lagi dan secara hukum dinyatakan “presumed dead (dianggap mati)” pada tahun 1982.

Baca juga: 5 Kasus Pembunuhan Berantai Paling Populer Sepanjang Sejarah, Apa Saja?

4. Wallace D. Fard

Wallace D. Fard, pendiri Nation of Islam (NOI), bangkit dari seorang pedagang sutra di jalanan Detroit menjadi seorang pengkhotbah dan penyelamat masyarakat Afrika-Amerika.

Dia mempunyai tugas yang singkat namun berpengaruh sebagai pemimpin NOI yang vokal di Detroit dari tahun 1930 hingga 1934.

Ia sering disebut sebagai “Nabi” dan dianggap sebagai inkarnasi Tuhan oleh para pengikut Nation of Islam. Nahasnya Wallace D. Fard menghilang pada 1934.

Baca juga: 7 Bencana Alam Paling Mematikan di Dunia, Satu Terjadi di Indonesia

5. D.B. Cooper

Dilansir dari laman TIME, pada 24 November 1971, DB Cooper membajak sebuah penerbangan menuju Seattle, dengan mengatakan ia membawa bom di tasnya.

Dia meminta empat parasut dan uang USD 200.000 setelah 36 penumpang lainnya dibebaskan saat mendarat di Seattle.

Cooper menahan beberapa awak, dan memerintahkan untuk terbang ke Mexico City. Namun, sebelum sampai ke Meksiko, Cooper tiba-tiba melompat keluar dari bagian belakang pesawat.

Identitas dan nasibnya masih menjadi misteri, hingga pada 2016, FBI mengumumkan bahwa mereka membatalkan dan tidak melanjutkan kasus ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi