Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Link Live Streaming Aksi Bela Palestina di Monas Hari Ini

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS TV
Massa yang tergabung dalam Aksi Akbar Bela Palestina dari lintas kalangan memadati area Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, sejak Minggu (5/11/2023) pagi.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Aksi damai bertajuk "Aksi Akbar Bela Palestina" dilakukan sejumlah elemen masyarakat di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, hari ini, Minggu (5/11/2023).

Diberitakan Kompas.com, Minggu, kawasan pintu Monas mulai dipadati oleh massa yang mengenakan baju putih dan atribut Palestina.

Massa yang datang dari berbagai golongan masyarakat Indonesia dengan keras menentang serangan Israel secara bertubi-tubi ke Gaza, Palestina.

Beberapa mobil komando juga sudah berdengung di sekitar Monas, dengan beberapa orator mengibarkan bendera Palestina dan Indonesia sebagai bentuk dukungan kemanusiaan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guna mengawasi aksi, sebanyak 3.448 personel gabungan juga telah dikerahkan Polda Metro Jaya di kawasan Monas.

Baca juga: Ada Aksi Bela Palestina di Monas, Ini Rekayasa Lalin dan Panduan MUI

Link live streaming aksi bela Palestina di Monas

Masyarakat yang tidak dapat bergabung dengan aksi bela Palestina di Monas masih berkesempatan untuk mengikuti jalannya acara melalui siaran langsung.

Siaran dapat disaksikan melalui link live streaming berikut:

Ketua Bidang Dakwah dan Ukhuwah MUI Cholil Nafis menyampaikan, salah satu tuntutan dalam aksi bela Palestina ini adalah ketegasan sikap Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Kita menuntut agar yang berwenang seperti PBB bertindak lebih tegas untuk melakukan tindakan-tindakan yang menunjukan ketidaksetujuan terhadap Israel," kata Cholil.

Dia juga berharap, aksi ini dapat didengar para petinggi negara, khususnya Israel yang hingga hari ini masih melakukan serangan ke Gaza, Palestina.

Diprediksi dihadiri ribuan masyarakat, MUI meminta agar peserta tetap tertib dan tidak meneriakkan yel-yel maupun lagu selama aksi.

Peserta juga dilarang bersikap, bersuara, serta bertindak negatif yang tidak sesuai norma agama dan negara.

Bukan hanya itu, MUI meminta peserta untuk tidak mengenakan atribut, bersuara, dan bertindak yang dapat diindikasikan sebagai tujuan politis atau mewakili organisasi tertentu.

Rekayasa lalu lintas aksi bela Palestina

Berkenaan dengan aksi bela Palestina di Monas, Polda Metro Jaya pun melakukan pengalihan arus lalu lintas seperti saat car free day (CFD).

"Kalau lalu lintas seperti biasa, mulai car free daykan jam 06.00 WIB. Kalau kegiatan itu (Aksi Bela Palestina) nanti kami menyesuaikan," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman, dikutip dari Kompas.com, Minggu.

Latief menjelaskan, jika massa aksi melakukan kegiatan ke Jalan Merdeka Selatan, maka kendaraan menuju Merdeka Selatan juga akan dialihkan.

Berikut rekayasa lalu lintas yang disiapkan Polda Metro Jaya di kawasan Monas:

  • Arus lalu lintas dari arah Jalan Harmoni arah Majapahit dialihkan ke Jalan Juanda dan Jalan Suryopranoto.
  • Arus lalu lintas dari arah Jalan Budi Kemuliaan ke arah Gambir dialihkan ke Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Majapahit, dan Jalan Harmoni.
  • Arus lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Selatan kedua arah Timur dan Barat dialihkan.
  • Arus lalu lintas dari arah Tugu Tani menuju Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke arah Jalan Medan Merdeka Timur.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi