Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Negara Tawarkan Jadi Tuan Rumah Timnas Palestina di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Baca di App
Lihat Foto
Dok. PSSI
Kedatangan timnas Palestina disambut Dubes Palestina untuk Indonesia, Zuhari Al-Shun, di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (10/6/2023). Timnas Indonesia akan melawan Palestina pada FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo, Rabu (14/6/2023).
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Beberapa negara menawarkan bantuan kepada Federasi Sepak Bola Palestina untuk menjadi kandang dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026.

Tim nasional (timnas) Palestina dijadwalkan menggelar laga kandang pertama melawan Australia pada 21 November 2023.

Namun, serangan Israel yang terus-menerus digencarkan Israel ke Gaza, Palestina, membuat negara ini kesulitan untuk menyelenggarakan pertandingan.

Sejumlah negara pun mengulurkan bantuan untuk menjadi tuan rumah pertandingan Palestina vs Australia.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lantas, mana saja negara yang menawarkan bantuan tersebut?

Baca juga: Sederet Slogan dan Simbol Dukungan untuk Palestina


1. Aljazair

Aljazair melalui federasi sepak bolanya menawarkan diri menjadi tuan rumah timnas Palestina selama kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dilansir dari Aljazeera, Selasa (17/10/2023), negara di kawasan Afrika Utara ini bahkan ingin menanggung semua biaya sebagai bentuk solidaritas akibat konflik yang terus berlanjut di Gaza.

Aljazair telah lama memiliki kedekatan dengan Palestina. Para pemain timnas negara ini juga penggemarnya pun berulang kali menunjukkan aksi solidaritas terhadap perjuangan Palestina.

Kendati demikian, Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) dan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menentang tawaran tersebut karena tidak ingin pertandingan digelar di luar benua Asia.

Menurut mereka, laga kualifikasi Piala Dunia yang diikuti timnas Palestina harus diselenggarakan di wilayah geografisnya, yakni Asia, sesuai dengan ketentuan.

2. Malaysia

Wakil Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Adam Adli menyampaikan, pihaknya siap menjadi tuan rumah pertandingan antara Palestina vs Australia pada laga Grup I kualifikasi Piala Dunia 2026.

Diberitakan Malay Mail, Kamis (19/10/2023), Kementerian Pemuda dan Olahraga mengajukan tawaran agar timnas Palestina bermain di Stadion Sepak Bola Kuala Lumpur, Malaysia.

"Kami telah menghubungi Kedutaan Besar Palestina malam ini dan mengajukan tawaran untuk menjadi tuan rumah pertandingan antara Palestina dan Australia di Stadion Kuala Lumpur," terangnya.

Baca juga: Dikaitkan dengan Semangka, Apa Makna Warna Bendera Palestina?

3. Indonesia

Dikutip dari laman Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Indonesia juga menegaskan komitmen serta solidaritas penuh kepada Palestina.

Secara terbuka, Ketua Umum PSSI Erick Thohir menawarkan kepada Palestina untuk berlaga di Indonesia sebagai kandang mereka.

"Kami menawarkan Indonesia sebagai kandang bagi Palestina saat mereka memainkan laga kandang kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Australia bulan ini. Kandang kami kandang Palestina juga," kata Erick, Sabtu (4/11/2023).

Tawaran itu pun disambut oleh Wakil Federasi Sepak Bola Palestina Susan Shalabi melalui pesan elektronik kepada Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi.

Ia mengaku terharu dengan tawaran dan kemurahan hati PSSI atas kesediaan untuk menjadi tuan rumah pertandingan antara Palestina dan Australia.

"Tolong kirimkan ucapan terima kasih kami kepada Ketua Umum Thohir atas kebaikannya," ujar Susan.

4. Kuwait

Tawaran serupa juga dikirimkan oleh Kuwait, negara yang terletak di bagian timur Semenanjung Arab.

The West Australian pada Kamis (26/10/2023) melaporkan, negara di kawasan Asia ini kemungkinan besar akan menjadi tuan rumah laga Palestina melawan Australia.

Namun, keputusan akhir terkait lokasi pertandingan kualifikasi Piala Dunia itu masih menunggu persetujuan dari AFC.

Di sisi lain, pesan elektronik Wakil Federasi Sepak Bola Palestina Susan Shalabi kepada PSSI menunjukkan, Palestina memutuskan untuk memilih Kuwait karena lokasinya yang dekat.

"Kepala pelatih dan direktur teknis memilih Kuwait karena kedekatannya. Kami mengucapkan terima kasih dengan sepenuh hati atas tawaran baik Anda dan menantikan kelanjutan kerja sama antar asosiasi kami," kata Susan.

Sementara itu, diberitakan Aljazeera, Senin (30/10/2023), Palestina memiliki harapan untuk tampil pertama kali dalam Piala Dunia 2026.

Hal tersebut seiring dengan perluasan delapan tempat untuk tim-tim Asia yang akan melaju ke ajang sepak bola internasional itu.

Sayangnya, jika ingin merencanakan perjalanan ke Piala Dunia, timnas Palestina harus melakukannya tanpa bermain di kandang sendiri.

Palestina yang tercatat tidak pernah kalah dalam kualifikasi Piala Dunia di kandang sendiri pun harus menjamu Australia di tempat netral di Kuwait pada 21 November 2023.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi