Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan
Bergabung sejak: 24 Mar 2020

Penulis adalah pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan.

Sate Lele Mahakarya Ekonomi Kreatif

Baca di App
Lihat Foto
SHUTTERSTOCK/MR. PIYAPONG
Ilustrasi ikan lele, budidaya ikan lele.
Editor: Sandro Gatra

DI DALAM naskah bertema “Mahakarya Kuliner Primadona Ekonomi Kreatif” (Kompas.com, 21 Oktober 2023), saya menulis tentang aneka ragam sate, mulai dari sate Batibul khas Tegal sampai ke sate Kapuran khas Semarang.

Namun sebenarnya masih banyak sate khas daerah yang belum saya tulis, semisal, sate Taichan khas Jakarta, sate Maranggi khas Sunda, sate Loso khas Pemalang, sate Lokan khas Padang, sate Banjar khas Kalsel, dan sate Rembiga khas Lombok.

Bahkan beberapa hari kemudian, tepatnya pada 25 Oktober 2023, Museum Rekor Dunia Indonesia memaklumatkan rekor dunia MURI berupa Sajian Sate Lele Terbanyak dalam jumlah 25.323 tusuk sate yang menggunakan daging ikan lele.

Ikan lele memang merupakan satu di antara komoditas unggulan mahakarya ekonomi kreatif Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Produksi ikan lele Kabupaten Kediri mencapai 16.310 ton per tahun serta 13,65 miliar benih ikan yang dihasilkan pada 2022.

Dalam rangka hari jadi ke 1219 Kabupaten Kediri, serta untuk mengukuhkan diri sebagai sentra lele dunia, maka pemerintah bekerjasama dengan peternak lele menyumbangkan 2,7 ton ikan lele untuk diolah menjadi sate lele.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sate lele tersebut kemudian dibagikan kepada masyarakat, terutama pada keluarga yang masih memiliki bayi stunting.

Penerima anugerah Rekor Dunia MURI adalah Pemerintah Kabupaten Kediri, Asosiasi Pengusaha Ikan Lele Kediri, dan Republik Lele.

Sementara ini layak diyakini bahwa pada hakikatnya tidak ada kabupaten lain di luar Indonesia yang mempersembahkan mahakarya kuliner primadona ekonomi kreatif dalam bentuk rekor dunia sate lele yang memang baru untuk pertama kali di dunia diprakarsai oleh kabupaten Kediri.

Maka pada 25 Oktober 2023, sate lele khas Kediri telah resmi dimaklumatkan oleh pemerintah daerah kabupaten Kediri bersama Asosiasi Pengusaha Ikan Lele Kediri dan Republik Lele sebagai satu di antara mahakarya Kuliner Nusantara Primadona Ekonomi Kreatif serta Warisan Kebudayaan Dunia melengkapi bukti bahwa gelora semangat Bhinneka Tunggal Ika hadir pada aneka ragam jenis sate di persada Nusantara. MERDEKA!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi