Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Setelah Makan Mangga

Baca di App
Lihat Foto
SHUTTERSTOCK/IKA RAHMA H
Makanan yang dihindari setelah makan mangga.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Mangga adalah buah bergizi tinggi yang kaya akan beberapa vitamin dan mineral penting.

Dikutip dari Healthline, mangga adalah buah asli India dan Asia Tenggara yang memiliki ratusan varian yang masing-masing memiliki ciri khas rasa, bentuk, ukuran, dan warna.

Mangga sering kali dikonsumsi bersamaan dengan makanan lain sebagai makanan penutup hidangan lantaran rasanya yang menyegarkan.

Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi setelah makan mangga?

Baca juga: Manfaat Kesehatan Makan Mangga di Malam Hari, Apa Saja?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Kandungan nutrisi dalam mangga

Dilansir dari Slurrp (3/5/2023), mangga merupakan sumber vitamin C dan vitamin A yang sangat baik, yang dapat mendukung fungsi kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan kulit dan penglihatan.

Selain itu, mangga juga menyediakan serat, potasium, dan antioksidan seperti beta-karoten yang dapat membantu mengatur tekanan darah, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan melindungi dari penyakit kronis.

Secara keseluruhan, menambahkan mangga ke dalam menu makanan dapat menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan asupan nutrisi dan menikmati buah yang lezat dan sehat.

Lantas, apa saja makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari setelah makan mangga?

Baca juga: Khasiat Buah Mangga untuk Kesehatan Mata

Makanan yang sebaiknya dihindari setelah makan mangga

Lihat Foto
SHUTTERSTOCK/NVXSTUDIOS
Ilustrasi mangga harum manis, pohon mangga harum manis, tanaman mangga.
1. Lemon dan jeruk

Dikutip dari Times of India, makanan yang sebaiknya dihindari setelah mengonsumsi mangga adalah lemon dan jeruk.

Sama seperti mangga, lemon dan jeruk memiliki rasa asam yang tinggi. Jadi ketika dikonsumsi bersamaan, hal ini bisa menggangu keseimbangan pH tubuh dan memicu masalah pencernaan.

2. Yoghurt

Yoghurt tidak disarankan untuk dikonsumsi setelah makan mangga.

Hal ini lantaran mangga mengandung asam sitrat yang tinggi yang dapat menyebabkan protein susu dalam yoghurt menggumpal. Akibatnya, ini bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti kembung dan gas.

Tak hanya itu, kombinasi makanan ini juga dapat menghasilkan panas pada tubuh sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman.

Untuk itu, dianjurkan untuk menunggu setidaknya satu jam setelah makan mangga sebelum mengonsumsi produk susu demi menghindari masalah pencernaan.

Baca juga: 9 Manfaat Mangga untuk Kesehatan, Rendah Kalori hingga Penambah Imun

3. Makanan pedas

Mengonsumsi makanan pedas segera setelah makan mangga tidak dianjurkan lantaran dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti keasaman, mulas, dan sakit perut.

Hal tersebut terjadi karena mangga kaya akan gula dan asam alami yang dapat menyebabkan peningkatan produksi asam lambung.

Sehingga, makanan pedas yang dikonsumsi dapat semakin mengiritasi lapisan lambung dan menimbulkan rasa tidak nyaman dan peradangan. 

Oleh karena itu, disarankan untuk menunggu setidaknya satu jam setelah makan mangga sebelum mengonsumsi makanan pedas.

Disarankan juga untuk menghindari konsumsi mangga dan makanan pedas dalam jumlah besar dalam sekali makan untuk mencegah masalah pencernaan.

Baca juga: 7 Manfaat Daun Mangga, Cegah Berat Badan Naik dan Perangi Diabetes

4. Pare

Makanan selanjutnya yang sebaiknya dihindari setelah makan mangga adalah pare.

Meskipun pare dan mangga sama-sama bergizi dan menawarkan banyak manfaat kesehatan, namun keduanya tidak disarankan untuk dikonsumsi secara bersamaan.

Hal tersebut lantaran pare merupakan sayuran pahit yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan dosha tubuh, khususnya pitta dosha.

Dikutip dari Kompas.com (23/3/2020), dosha adalah jenis energi yang ada dalam pengobatan ayurveda.  

Mangga yang manis dan asam jika dikonsumsi bersama pare dapat menyebabkan peningkatan pitta dosha sehingga menyebabkan masalah pencernaan seperti refluks asam, gangguan pencernaan, dan peradangan pada saluran pencernaan.

Selain itu, pare dan mangga memiliki waktu pencernaan yang berbeda. Pare membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dibandingkan mangga, sehingga mengonsumsinya secara bersamaan dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan keasaman.

Baca juga: Baik untuk Kesehatan Kulit, Berikut 7 Manfaat Daun Mangga

5. Air

Mangga kaya akan gula dan asam alami yang dapat meningkatkan produksi asam lambung, dan minum air segera setelah mengonsumsi mangga dapat mengencerkan asam. Hal ini pada akhirnya membuat tubuh lebih sulit mencerna makanan.

Selain itu, minum air setelah makan mangga dapat menyebabkan kembung, gas, dan gangguan pencernaan, sehingga menyebabkan ketidaknyamanan dan kegelisahan.

Selain itu, air juga dapat mengganggu penyerapan nutrisi pada buah mangga. 

Untuk menghindari masalah pencernaan dan memastikan penyerapan nutrisi secara maksimal, disarankan untuk menunggu setidaknya 30 menit hingga satu jam setelah makan mangga sebelum minum air.

Baca juga: 3 Efek Samping Mangga, Berapa Porsi Tepat untuk Tubuh?

6. Minuman dingin

Mengonsumsi minuman dingin segera setelah makan mangga dapat mengganggu proses pencernaan sehingga menyebabkan kembung dan rasa tidak nyaman.

Minuman dingin juga dapat menyebabkan perubahan suhu lambung secara tiba-tiba, sehingga dapat memengaruhi enzim pencernaan alami dan kemampuannya memecah makanan dengan baik.

Selain itu, mengonsumsi minuman dingin setelah mangga juga dapat menyebabkan penurunan nilai gizi pada buah tersebut.

Suhu minuman yang dingin dapat mengganggu penyerapan vitamin C dan antioksidan yang ada pada mangga.

Alasan lain mengapa minuman dingin sebaiknya dihindari setelah makan mangga adalah karena tingginya kandungan gula baik pada buah maupun minumannya.

Mengonsumsi gula dalam jumlah tinggi dalam waktu singkat dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah, yang dapat berbahaya bagi penderita diabetes atau resistensi insulin.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi