Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oliver Sykes Ungkap Alasan Konser BMTH Dihentikan, Promotor Janji Refund Tiket Penonton

Baca di App
Lihat Foto
Revi C Rantung
Vokalis band BMTH, Oliver Sykes lepas jaket saat beraksi di konser yang digelar di Ancol Beach City International Stadium Ancol, Jakarta Utara pada Jumat (10/11/2023)
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Vokalis Bring Me The Horizon (BMTH), Oliver Sykes, mengungkap penyebab konser hari pertama di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta, pada Jumat (10/11/2023) dihentikan.

"Halo Indonesia, apa kabar? Oli di sini. Saya hanya ingin memberi tahu konteks kejadian semalam dan apa yang sebenarnya terjadi," ujarnya dalam akun Instagram @bringmethehorizon, Sabtu (11/11/2023).

Menurut Oliver, BMTH meninggalkan pertunjukan setelah salah satu lagu karena kekhawatiran dari kru dan beberapa kru lokal terhadap panggung yang tak aman.

"(Panggung) itu sangat bergetar, sehingga monitor video, speaker, dan semuanya bergoyang-goyang pada tingkat yang sangat mengkhawatirkan," lanjutnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Kronologi Konser BMTH Dihentikan Mendadak, Ada Masalah Panggung Berbuntut Keributan


Panggung tak aman karena bergoyang

Vokalis band beraliran metalcore asal Inggris itu menyebut, struktur panggung dan venue yang bergoyang memicu kekhawatiran serius.

Oleh karena itu, BMTH dan promotor memilihuntuk tidak mengambil risiko demi mencegah kemungkinan yang lebih parah, seperti jatuhnya korban.

Situasi yang sama juga membuat pihaknya membatalkan pertunjukan hari kedua yang seharusnya berlangsung pada hari ini, Sabtu.

Oliver memaparkan, pihaknya sudah mengupayakan berbagai cara untuk mengakali situasi.

Termasuk, dengan menurunkan semua peralatan dan tampil secara akustik. Namun ternyata, tidak ada solusi selain pembatalan.

"Kami tidak punya pilihan selain menghentikan konser. Sayangnya, karena situasi itu, kami juga tak bisa bermain malam ini," paparnya.

"Kami sudah mengusahakan apa pun yang bisa kami lakukan, kami memindahkan monitor, lampu-lampu, kami main dengan versi yang agak beda," sambungnya.

Di sisi lain, Ravel Entertainment selaku promotor konser mengaku siap menyediakan refund atau pengembalian dana tiket untuk penonton.

"Sebagai bentuk pertanggungjawaban, Ravel Entertainment akan memberikan refund secara proporsional untuk hari pertama dan juga full refund untuk hari kedua," tulis CEO Ravel Entertainment Ravel Junardy, melalui akun @ravelentertainment, Sabtu.

Ravel mengungkapkan, detail mekanisme pengembalian dana akan diinformasikan lebih lanjut melalui akun resmi media sosial Ravel Entertainment.

Baca juga: Luapan Kemarahan Penonton Usai Konser BMTH Disetop, Geruduk Panggung dan Lempar Sampah

Kronologi konser BMTH dihentikan

Diberitakan Kompas.com, Sabtu, konser tersebut diawali oleh penampilan band pembuka asal Amerika Serikat I Prevail, sekitar pukul 19.40 WIB.

BMTH yang beranggotakan vokalis Oliver Sykes, gitaris Lee Malia, bassis Matt Kean, drummer Matt Nicholls, dan kibordis Jordan Fish kemudian naik panggung sekitar pukul 21.15 WIB.

Oliver Sykes selaku vokalis naik panggung dan langsung menyapa penonton. Dia kemudian mulai menyanyikan lagu pertama bertajuk Can You Feel My Heart.

Penonton ikut melompat dan bernyanyi mengikuti suara Oliver Sykes. Area konser pun semakin meriah berkat sorotan lampu-lampu dan hentakan musik dari personel BMTH.

Lagu AMEN, Tearsdrops, Mantra, dan The House of Wolves kemudian lanjut dibawakan oleh band asal Inggris ini secara berurutan.

Bahkan, suasana kian meriah saat di sela-sela lagu, Oliver berkali-kali menyapa penonton.

Sayangnya, saat konser baru berjalan setengah, Bring Me The Horizon tiba-tiba menghentikan penampilan mereka.

Para personel BMTH tiba-tiba kembali ke belakang panggung setelah membawakan lagu Darkside.

Penonton pun terpaksa menunggu sekitar hampir setengah jam di dalam area konser tanpa mendapatkan penjelasan.

Seorang perwakilan dari pihak promotor Ravel Entertainment pun muncul di atas panggung dan meminta maaf karena konser terpaksa dihentikan.

Namun, saat itu, promotor tidak menjelaskan lebih detail tentang masalah teknis pada panggung yang disebut menjadi alasannya.

Para penonton yang kesal mulai berteriak dan meminta promotor mengganti uang mereka, hingga perwakilan Ravel Entertainment kembali naik dan meminta maaf.

"Saya sudah usahakan, kami memohon maaf sedalam-dalamnya," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi