Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elektabilitas Capres-Cawapres 2024 Jelang Penetapan, Prabowo-Gibran Unggul di 3 Lembaga Survei

Baca di App
Lihat Foto
Tribunnews
Bakal Capres-Cawapres 2024 - Atas: Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto. Bawah: Muhaimin Iskandar, Mahfud MD, Gibran Rakabuming Raka.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Sejumlah lembaga survei mengungkap elektabilitas tiga bakal pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil survei sepekan terakhir ini turut merekam dampak elektabilitas setelah adanya putusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) untuk menghentikan Anwar Usman dari kursi Ketua MK.

Diberitakan Kompas.com, Jumat (10/11/2023), Komisi Pemilihan Umum (KPU) baru akan mengumumkan penetapan pasangan capres-cawapres pada hari ini, Senin (13/11/2023).

Sebelumnya, KPU menerima pendaftaran tiga bakal capres-cawapres untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, serta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lantas, bagaimana elektabilitas bakal capres-cawapres menurut berbagai survei?

Baca juga: Hari Ini MK Gelar Sidang soal Usia Capres-Cawapres Lagi, Kapan Diberlakukan jika Ada Perubahan?


1. Hasil survei Charta Politika

Melalui survei yang dirilis Charta Politika pada Senin (6/11/2023), elektabilitas bakal capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD bersaing ketat dengan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Dikutip dari Kompas.com, Senin, pasangan Ganjar-Mahfud unggul dengan elektabilitas sebesar 36,8 persen.

"(Elektabilitas) tidak terlalu jauh berbeda, Ganjar-Mahfud ada di angka 36,8 persen, Prabowo Subianto-Gibran di angka 34,7 persen," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya dalam konferensi pers, Senin.

Sementara itu, hasil survei menunjukkan, elektabilitas pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar berada di angka 24,3 persen.

Sisanya, sebanyak 4,3 persen merupakan responden yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab.

Memiliki margin of error atau batas kesalahan kurang lebih 2,0 persen, berikut elektabilitas tiga pasangan capres-cawapres versi Charta Politika:

Baca juga: Tiga Capres Makan Siang Bersama Jokowi, Apa yang Dibahas?

2. Populi Center

Berbeda, jajak pendapat Populi Center yang rilis pada Kamis (9/11/2023) menunjukkan, elektabilitas bakal capres-cawapres Prabowo-Gibran berada di urutan pertama.

Berdasarkan survei yang berlangsung pada 29 Oktober hingga 5 November 2023 itu, Prabowo-Gibran mendapatkan elektabilitas 43,1 persen.

Di posisi kedua, ada bakal capres-cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dengan elektabilitas 23 persen.

Sementara itu, peringkat ketiga ditempati oleh bakal capres-cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dengan elektabilitas 22,3 persen.

"Kita melihat angka yang setidaknya cukup jauh antara ranking satu dan ranking dua," ucap peneliti Populi Center Hartanto Rosojati dalam konferensi pers di Jakarta, dikutip dari Kompas.com, Kamis.

Melibatkan 1.200 responden dari 38 provinsi dengan wawancara tatap muka, survei ini disebut memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error kurang lebih 2,83 persen.

Berikut elektabilitas capres-cawapres menurut Populi Center:

  • Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka: 43,1 persen.
  • Ganjar Pranowo-Mahfud MD: 23 persen.
  • Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 22,3 persen.

Baca juga: Visi Misi Lengkap 3 Pasangan Bakal Capres-Cawapres Pemilu 2024

3. Poltracking

Lembaga survei Poltracking pada Jumat (10/11/2023) mengungkapkan, elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran mengalahkan Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin.

Dilansir dari Kompas.com, Jumat, pasangan Prabowo-Gibran meraih elektabilitas 40,2 persen, disusul pasangan Ganjar-Mahfud dengan raihan 30,1 persen, serta Anies-Muhaimin dengan 24,4 persen.

"Sisanya 5,3 persen menyatakan belum menentukan pilihan," ujar Direktur Eksekutif Poltracking Hanta Yuda dalam jumpa pers virtual, Jumat.

Hanta menyampaikan, jarak antara Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud semakin menjauh. Pada saat yang sama, Anies-Muhaimin semakin mendekati elektabilitas Ganjar-Mahfud.

"Kalau kita gunakan margin of error tadi, 2,9 persen plus minus ini bisa bertemu ini antara Ganjar dan Anies Baswedan," ucap dia.

Berikut elektabilitas capres-cawapres menurut Poltracking:

  • Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka: 40,2 persen.
  • Ganjar Pranowo-Mahfud MD: 30,1 persen.
  • Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 24,4 persen.

4. Indikator Politik Indonesia

Hasil survei Indikator Politik Indonesia yang dirilis pada Minggu (12/11/2023) mencatat, elektabilitas bakal capres-cawapres Prabowo-Gibran unggul dari dua pasangan lain.

Dilansir dari Kompas TV, Minggu, hal itu terungkap dalam temuan survei tatap muka nasional yang dilakukan terhadap 1.220 responden pada 27 Oktober hingga 1 November 2023.

Dari simulasi tiga pasangan calon, elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran berada di angka 39,7 persen.

Sedangkan, 30 persen responden memilih pasangan Ganjar-Mahfud MD, dan 24,4 persen memilih pasangan Anies-Muhaimin Iskandar.

Tingkat kepercayaan survei tersebut mencapai 95 persen dengan margin of error sebesar 2,9 persen.

Berikut elektabilitas capres-cawapres menurut Indikator Politik Indonesia:

  • Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka: 39,7 persen.
  • Ganjar Pranowo-Mahfud MD: 30 persen.
  • Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 24,4 persen.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi