Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 13 Buah dan Sayur yang Aman Dimakan Kucing

Baca di App
Lihat Foto
Shutterstock/Sagittarius_13
Ilustrasi kucing makan buah
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Kucing dikenal sebagai hewan karnivora. Mereka membutuhkan protein dari daging dan lemak hewani agar tubuhnya berfungsi dengan baik.

Namun, ada beberapa kucing yang suka mencuri dan makan makanan manusia berupa buah dan sayuran.

Diberitakan Pure Wow, dokter hewan dari AS Jennifer Bruns mengatakan, kucing tidak perlu makan buah dan sayur sebagai mereka karnovira.

Hewan peliharaan tersebut juga tidak dapat merasakan manis buah karena lidah mereka tidak memiliki reseptor rasa manis.

Meskipun begitu, buah dan sayur bisa menjadi pengganti camilan komersial bagi kucing yang ketagihan dan perlu menurunkan berat badan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terdapat beberapa macam buah dan sayur yang bisa dimakan kucing karena teksturnya enak. Saat diberikan, pastikan buah dan sayur tersebut telah dipotong kecil.

Lalu, buah dan sayur apa yang bisa dimakan kucing dengan aman?

Baca juga: Ramai soal Kucing Makan Buah-buahan, Bolehkah? Ini Penjelasannya


Buah yang aman dimakan kucing

Berikut beberapa jenis buah yang aman dan bermanfaat jika dikonsumsi oleh kucing:

1. Pisang

Dikutip dari PETMD (30/7/2020), kucing boleh makan pisang sebagai sumber vitamin B6 dan C, potasium, dan karbohidrat yang baik. Namun, buah ini tinggi gula dan karbohidrat sehingga perlu diberikan secukupnya.

2. Semangka

Kucing juga boleh makan daging semangka dalam porsi sedikit. Hindari memberikan biji dan kulitnya karena bisa menyebabkan tersedak.

3. Beri
Lihat Foto
Shutterstock/AMBERLIGHTPHOTO
Kucing makan pisang

Kucing bisa makan stroberi dalam jumlah sedikit, di mana buah ini mengandung vitamin C, folat, potasium, mangan, serta antioksidan dan serat.

Kucing juga boleh makan beri lainnya.

4. Apel

Kucing boleh makan apel yang tinggi kalsium, vitamin C, vitamin K, pektin, serta fitonutrien.

Iris kecil apel sebelum diberikan ke kucing. Pastikan tidak ada batang dan biji di apel.

5. Mangga

Mangga kaya serat, vitamin C, vitamin B6, dan vitamin A sehingga aman dimakan kucing. Potong dalam bentuk kecil dan hindari kulit dan bijinya.

6. Nanas

Nanas mengandung fruktosa, vitamin A, B6, folat, C, magnesium, dan potasium. Nanas segar lebih cocok diberikan ke kucing karena tanpa pengawet. Buang daun, duri, dan kulit sebelum diberikan kucing. 

Baca juga: Bolehkah Kucing Makan Sayur? Berikut Penjelasannya

Sayuran yang aman untuk kucing

Di sisi lain, beberapa jenis sayuran ternyata aman dimakan oleh kucing. Pastikan cuci sayuran sebelum dimakan dan jangan berikan terlalu banyak. Berikut sayuran yang aman bagi kucing.

1. Brokoli

Dilansir dari situs Asosiasi Nasional Pengasuh Hewan Peliharaan Profesional AS, brokoli kaya antioksidan dan serat sehingga membantu kucing yang menderita gangguan pencernaan.

2. Wortel

Wortel rendah lemak dan mengandung kalsium, potasium, vitamin A, C, B6, serta serat dan beta-karoten. Berikan wortel parut atau cincang bagi kucing Anda agar lebih mudah dicerna.

3. Bayam

Bayam mengandung vitamin dan mineral yang berfungsi sebagai anti-inflamasi untuk saluran pencernaan kucing. Namun, jangan berikan bayam ke kucing penderita masalah saluran kemih.

4. Bok choy

Diberitakan Preventive Vet, sayuran ini mengandung witamin A, C, dan K, kalsium, kalium, dan rendah kalori. Namun, jangan diberikan secara utuh dan kepada kucing penderita masalah tiroid.

5. Kubis

Kubis membantu pencernaan serta meningkatkan kesehatan kulit dan bulu kucing. Namun, berikan secukupnya dalam keadaan matang.

6. Jagung

Jagung kaya akan serat sehingga cocok dimakan kucing. Namun, sebaiknya kupas butiran jagung dari tongkolnya agar tidak membuat tersedak.

7. Umbi-umbian

Umbi seperti kentang dan ubi jalar boleh dimakan kucing karena kandungan gizinya tinggi. Namun, jangan diberikan mentah. Pastikan dimasak dan dikupas sebelum diberikan kepada kucing.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi