Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Sinyal Ponsel Hilang Saat Hujan dan Listrik Mati, Adakah Solusinya?

Baca di App
Lihat Foto
Freepik/freepik
Ilustrasi sinyal hp. Sinyal hp hilang saat hujan dan mati listrik.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Sejumlah warganet menyoroti kondisi sinyal ponsel yang susah atau hilang saat hujan lebat dan listrik padam.

Hal tersebut awalnya dibagikan warganet lewat akun X (dulu Twitter) @convomfs, Sabtu (11/11/2023).

Dalam unggahannya, warganet mengatakan ada provider seluler yang tidak ada sinyal saat hujan dan mati listrik.

Unggahan tersebut lantas dibalas oleh warganet lainnya. Banyak yang setuju sinyal ponsel sering hilang saat hujan badai dan mati listrik.

Pemilik akun @zweitheart mengakui ponselnya yang menggunakan salah satu provider menjadi lebih lambat saat hujan tiba.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Eh gua beneran ga ada sinyal anyinggg, gua udah nyoba ganti ke T******** ttep aja (awalnya i******). Ini hp ga bisa buat internetan kalo ga pake wifiii, ada yang tau gaa kenapa? Sumpah nangis bgt, kalo ke sekolah harus hotspot," balas akun @jonggunsuki.

Lalu, apa yang menyebabkan sinyal hilang saat hujan dan mati listrik? 

Baca juga: Viral, Unggahan Warganet Sebut Susah Sinyal Saat Konser Blackpink, Apa Penyebabnya?


Penyebab susah sinyal saat hujan dan listrik mati

Pakar teknologi dan keamanan siber dari Vaksincom, Alfons Tanujaya membenarkan sinyal ponsel dapat hilang saat turun hujan dan mati listrik.

Tetesan air hujan, petir, atau awan tebal dapat mengganggu penyaluran listrik dari tiang Base Transceiver Station (BTS) ke ponsel. Namun, kondisi ini tidak signifikan mengganggu sinyal.

"Hanya yang penting diperhatikan saat hujan menggunakan HP itu rentan sambaran petir jika berada di tempat terbuka," ujar dia kepada Kompas.com, Senin (13/11/2023).

Di sisi lain, Alfons menyebut sinyal ponsel lebih berkemungkinan besar hilang dalam kondisi mati listrik.

Ini terjadi karena listrik yang dipadamkan oleh PLN menyebabkan tiang BTS kehilangan daya untuk menyalakannya. Untuk mengatasinya, digunakan baterai cadangan sebagai pengganti sumber listrik.

"Sinyal dengan baterai kemungkinan besar tidak akan sekuat jika menggunakan listrik karena setting-an penghematan (di baterai tiang BTS)," lanjutnya.

Menurut dia, baterai tiang BTS akan dihemat untuk menghadapi kemungkinan mati listrik terlalu lama atau sambil menunggu genset listrik yang ada di tiang BTS dinyalakan.

Baca juga: Jika Triliunan Anggaran Proyek BTS 4G Bakti Kominfo Tidak Dikorupsi dan 4.800 Tower Terbangun...

Solusi susah sinyal saat hujan

Lebih lanjut, Alfons mengatakan, kondisi susah sinyal akibat hujan dan mati listrik sebenarnya bisa diatasi oleh provider.

Pihak provider harus menggunakan Uninterruptible Power Supply (UPS). Alat ini mampu menyimpan daya sehingga alat yang dipasangi UPS masih bisa menyala saat listik mati secara tiba-tiba.

"Jadi, pihak provider yah harus menggunakan UPS yang akan secara otomatis mengambil alih sumber daya pemancar tower seluler ketika lampu mati," ungkap dia.

Pihak provider juga dapat mencegah kondisi susah sinyal saat mati listrik dan hujan dengan memasang mesin genset di dekat tiang BTS. Genset ini akan menjadi penyalur listrik pengganti secara otomatis.

Sebaliknya, Alfons menyebut pengguna ponsel bisa mengatasi kondisi susah sinyal ini dengan menggunakan penyalur sinyal lainnya.

Pengguna ponsel bisa memanfaatkan internet melalui perangkat WiFi jika koneksi seluler bermasalah.

"Atau menggunakan dua provider yang berbeda sehingga jika ada satu layanan seluler yang bermasalah, ada alternatifnya," imbuh Alfons.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi