Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Screenshot di HP Xiaomi, Praktis dan Mudah

Baca di App
Lihat Foto
Unsplash/DCTR NH
Ilustrasi cara screenshot di HP Xiaomi.
|
Editor: Muhammad Zaenuddin

KOMPAS.com - Screenshot atau tangkapan layar adalah metode untuk menyalin tampilan layar pada ponsel, laptop, maupun komputer.

Melakukan screenshot di ponsel, misalnya, umum dilakukan ketika hendak mendokumentasikan atau membagi tampilan layar di ponsel kepada orang lain.

Selain itu, screenshot juga bisa dimanfaatkan sebagai pengganti catatan ketika sedang membaca artikel atau mengikuti presentasi online.

Cara ini cukup efektif untuk menghemat waktu dan lebih cepat daripada harus mencatat secara manual.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Cara Screen Record atau Rekam Layar di MacBook


Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengambil screenshot atau tangkapan layar di ponsel Xiaomi Anda, yaitu:

1. Menggunakan tiga jari

Cara screenshot di HP Xiaomi yang pertama adalah dengan menggunakan tiga jari. Ini termasuk cara yang paling praktis dan mudah.

Dikutip dari laman Android Authority, Anda dapat menggesek tiga jari pada layat ponsel Xiaomi ke bawah, dari mana pun untuk mengambil tangkapan layar.

Layar ponsel akan berkedip untuk menunjukkan isyarat berhasil dan screenshot Anda akan berada di sudut kanan atas selama beberapa detik untuk akses cepat.

Baca juga: Cara Download Status WhatsApp Gambar dan Video di Ponsel

2. Dari bilah notifikasi

Cara berikutnya adalah dengan menarik panel pintasan menu atau bilah notifikasi dari sudut atas layar ponsel Xiaomi Anda.

Geser bilah notifikasi dan cari opsi atau ikon tangkapan layar di menu pengalih cepat, lalu klik untuk mulai mengambil screenshot.

Anda akan melihat animasi tangkapan layar berkedip, diikuti dengan tangkapan layar tersebut yang melayang di sudut kanan atas selama beberapa detik.

Baca juga: Daftar Ponsel Xiaomi yang Akan Dapatkan Update HyperOS

3. Menggunakan fitur quick-ball

Quick-ball adalah dok mengambang yang berisi beberapa pintasan menu seperti beranda, aplikasi terkini, dan salah satunya adalah pintasan untuk screenshot.

Untuk mengaktifkan quick-ball dock, buka “Pengaturan”, pilih opsi ”Pengaturan Tambahan”, lalu pilih ”Quick-ball”. Klik tombol “Aktifkan Quick-ball” untuk mengaktifkan menu.

Anda akan melihat garis melengkung di tepi kanan layar, klik garis tersebut untuk mengakses menu Quick ball. Dari sini, ketuk ikon screenshot untuk menangkap layar.

Baca juga: Tak Perlu Ponsel Baru, Kini WhatsApp Bisa Dua Akun Satu Aplikasi

4. Menekan tombol power dan volume

Dilansir dari laman Tech Radar, metode ini termasuk yang paling umum bahkan bagi pengguna ponsel Android mana pun.

Sebab, metode screenshot menggunakan tombol power dan volume, sama di hampir semua ponsel yang menjalankan sistem operasi Android.

Caranya adalah, tekan tombol power dan volume turun secara bersamaan dengan cepat. Anda akan mendengar suara dan getaran, serta melihat animasi tangkapan layar.

Baca juga: 3 Cara Screenshot di Laptop Windows

5. Fitur back tap

Cara terakhir adalah menggunakan fitur back tap. Ini memungkinkan Anda menjalankan perintah dengan mengetuk beberapa kali di bagian belakang ponsel Xiaomi.

Opsi ini tidak diaktifkan secara default, jadi Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu. Buka pengaturan dan pilih “pengaturan tambahan”, pilih “Gesture shortcuts”, cari opsi “back tap”.

Klik salah satu opsi “double back tap” atau “triple back tap”, sesuai keinginan, kemudian pilih opsi tindakan screenshot atau tangkapan layar.

Jika sudah, Anda akan bisa melakukan screenshot hanya dengan mengetuk dua/tiga kali pada bagian belakang ponsel Xiaomi Anda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi