Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Briptu Renita Rismayanti, Polwan Terbaik PBB 2023 Asal Indonesia

Baca di App
Lihat Foto
National Information Officer Pusat Informasi PBB di Indonesia (UNIC Jakarta)
Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengumumkan bahwa Brigadir Polisi Satu Renita Rismayanti dari Indonesia akan menerima Penghargaan Petugas Polisi Wanita Terbaik PBB Tahun 2023 pada Kamis (16/11/2023).
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan Brigadir Polisi Satu (Briptu) Renita Rismayanti asal Indonesia sebagai polisi wanita (polwan) terbaik 2023.

Briptu Renita Rismayanti mendapatkan Penghargaan Petugas Polisi Wanita Terbaik PBB 2023 di Markas Besar PBB pada hari ini, Kamis (16/11/2023).

Diberitakan Kompas.com, Senin (13/11/2023), Briptu Renita Rismayanti mendapatkan penghargaan tersebut atas perannya sebagai pasukan perdamaian PBB.

Baca juga: Viral, Video Oknum Polwan Kanit Narkoba di Lampung Terekam Asyik Nyabu

Memulai profesinya di Kepolisian RI (Polri), Briptu Renita Rismayanti kini bertugas sebagai Petugas Basis Data Kriminal (Crime Database Officer) di Misi Stabilisasi Terpadu Multidimensi PBB di Republik Afrika Tengah (MINUSCA).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atas pencapaian tersebut, Briptu Renita Rismayanti merasa beruntung memiliki kemampuan yang dapat meningkatkan keamanan masyarakat di Afrika Tengah.

“Saya berharap visibilitas yang didapat dari memenangkan penghargaan ini akan memperkuat di kalangan perempuan dan anak-anak perempuan bahwa semua bidang keahlian dalam kepolisian terbuka untuk kita," ujarnya.

Baca juga: Zeena Ali, Polwan Pertama di Selandia Baru yang Memakai Hijab

Berikut profil dan pencapaian Briptu Renita Rismayanti yang menjadi polwan terbaik PBB 2023:


Baca juga: Viral, Kisah Polwan Mesya Diterima di Beberapa Universitas Inggris, Ini Tipsnya!

Profil Briptu Renita Rismayanti

Dikutip dari Tribata, Briptu Renita Rismayanti lahir di Magelang pada 28 Oktober 1996.

Di usianya yang ke-27, wanita yang akrab disapa Nita ini memiliki pangkat Brigadir Polisi Satu atau Briptu.

Renita Rismayanti memulai karier di Polri sebagai petugas informasi publik pada 2014, seperti dikutip dari situs Humas Polri.

Renita juga pernah bekerja di bidang pelatihan, administrasi, dan logistik.

Di Indonesia, Renita tergabung ke dalam Divisi Hubungan Internasional (Divhubinter) yang diketuai oleh Kadivhubinter Polri, Irjen Pol Krishna Murti.

Renita dikenal memiliki kemampuan dalam berbahasa daerah dan asing. Dia juga memiliki kemampuan di bidang teknologi dan data.

Baca juga: Viral, Video Eks Polwan Polda Sulteng Mengaku Dipecat karena Tolak Bebaskan Tersangka Kasus Pemerkosaan

Pengembangan desain dan basis data kriminal dan gangguan publik

Briptu Renita Rismayanti lalu ditugaskan menjadi Petugas Basis Data Kriminal (Crime Database Officer) di Misi Stabilisasi Terintegrasi Multidimensi PBB di Republik Afrika Tengah (MINUSCA).

Di PBB, Renita bertugas menyusun desain dan mengembangkan basis data kriminal dan gangguan publik di Afrika Tengah.

Data itu lalu digunakan polisi setempat bersama PBB untuk memetakan dan menganalisis titik-titik rawan kejahatan dan kekacauan negara tersebut.

Basis data kriminal tersebut juga membantu pasukan keamanan negara untuk merencanakan operasi dengan lebih baik untuk membantu penduduk setempat.

Baca juga: Viral, Video Polisi Minta Uang Tilang Rp 150.000, Polda Metro Jaya: Sudah Pensiun

Wakil Sekretaris Jenderal Operasi Perdamaian PBB, Jean-Pierre Lacroix memuji kontribusi Renita sebagai perempuan dalam mendukung perdamaian dunia.

“Inovasi dan upaya Sersan Rismayanti dalam memanfaatkan data dalam operasi perdamaian PBB dan Kepolisian Republik Afrika Tengah telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam memperkuat keamanan komunitas yang rentan, termasuk perempuan dan anak perempuan,” katanya, dikutip dari situs resmi MINUSCA.

Kontribusi dan kemampuan Briptu Renita Rismayanti menjadikannya sebagai petugas polisi PBB termuda yang memenangkan Penghargaan Polisi Wanita Terbaik.

Baca juga: Jokowi Dipercaya Sekjen PBB Jadi Anggota GCRG, Apa Itu GCRG?

Prestasi Briptu Renita Rismayanti

Selama bertugas sebagai pasukan perdamaian PBB dan polwan Indonesia, Renita menorehkan sederet prestasi dan kontribusi bagi masyarakat.

Dilansir dari akun resmi Instagram Penjaga Perdamaian atau Peacekeeper Polri @peacekeeperpolri, berikut prestasi yang dicapai Briptu Renita:

  1. Merancang dan mengembangkan sistem data kriminal di misi PBB.
  2. Membuat sistem data kriminal polisi PBB untuk memetakan dan menganalisis titik rawan kejahatan.
  3. Mendukung operasional dalam melindungi masyarakat lokal, khususnya perempuan dan anak perempuan yang terdampak kejahatan seksual serta kekerasan gender.
  4. Menjadi partisipan perempuan dari sekitar 10.000 polisi PBB yang bertugas di 16 lokasi operasi perdamaian.
  5. Membantu membangun kepercayaan antara pemerintah daerah dan masyarakat sehingga pekerjaan polisi PBB lebih efektif dan menjaga masyarakat lebih aman.

Sebagai catatan, Penghargaan Polisi Wanita Terbaik merupakan penghargaan yang dibuat sejak 2011 untuk mengakui kontribusi polwan dalam operasi perdamaian PBB dan mempromosikan pemberdayaan perempuan.

Baca juga: Polisi Bongkar Kasus Pesta Orgy di Jaksel, Apa Itu?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi