Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Media Asing soal Jatuhnya Pesawat TNI AU di Pasuruan, Jawa Timur

Baca di App
Lihat Foto
Dispenau
ILUSTRASI: Dua pesawat TNI Angkatan Udara (AU) yang jatuh di daerah Keduwung, Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (16/11/2023), merupakan pesawat tempur ringan berjenis Super Tucano.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Dua pesawat milik TNI Angkatan Udara (AU) jatuh di kawasan lereng Gunung Bromo, tepatnya di Desa Keduwung, Kecamatan Puspo, Pasuruan, Jawa Timur pada Kamis (16/11/2023).

Kepala Dinas Penerangn TNI AU (Kadiespenau) Marsekal Pertama R Agung Sasongkojati menyampaikan, dua pesawat TNI AU itu merupakan pesawat tempur ringan berjenis EMB 314 Super Tucano.

“Kedua pesawat sedang melakukan latihan formasi secara rutin,” kata Agung Sasongkojati dikutip dari Kompas.com, Kamis (16/11/2023).

Insiden jatuhnya dua pesawat TNI AU ini juga mendapatkan sorotan dari sejumlah media internasional.

Baca juga: Lokasi Jatuhnya Pesawat TNI AU di Pasuruan, Berada di Area Perkebunan Kentang Warga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Kata media asing soal jatuhnya pesawat TNI AU

Berikut sejumlah media asing yang turut memberitakan peristiwa jatuhnya pesawat TNI AU di Pasuruan, Jawa Timur:

1. The Straits Times

Media The Straits Times memberikan judul "Four dead after two Indonesian military planes crash" atau "Empat orang tewas setelah dua pesawat militer Indonesia jatuh" dalam insiden jatuhnya pesawat TNI AU.

Media ini memberitakan adanya empat orang korban, termasuk dua pilot yang tewas ketika dua pesawat militer menabrak lereng gunung selama pelatihan.

Diberitakan pula, pesawat kehilangan kontak setengah jam selama pelatihan formasi reguler yang dilakukan pada Kamis pagi.

Selain itu, media ini juga memberitakan bahwa dua pilot dan dua co-pilot ditemukan di lereng gunung dekat Gunung Bromo di Jawa Timur.

The Straits Times juga menyoroti soal kondisi topologi daerah tempat jatuhnya pesawat-pesawat tersebut yang diyakini telah menabrak tanjakan yang curam.

Media ini juga mengatakan, Indonesia adalah negara kepulauan, meski begitu, Indonesia memiliki catatan keamanan udara yang buruk meskipun sangat bergantung pada transportasi udara untuk menghubungkan ribuan pulaunya.

"Negara itu (Indonesia) telah menderita tiga kecelakaan pesawat komersial besar dalam sembilan tahun terakhir," tulisnya.

2. China Daily

China Daily melaporkan kecelakaan pesawat TNI AU dengan judul "Indonesian air force plane crashes in East Java" atau "Pesawat angkatan udara Indonesia jatuh di Jawa Timur".

Dalam pemberitaannya, media asal China ini mengatakan, pesawat yang dioperasikan oleh angkatan udara Indonesia jatuh di wilayah Pasuruan, Jawa Timur dan sebuah ledakan terjadi setelah pesawat itu mendarat.

Media ini juga menyebutkan lokasi jatuhnya pesawat yang berada di lereng Gunung Bromo, Jawa Timur.

Baca juga: Pesawat TNI AU Jatuh di Pasuruan, Kadispen: Latihan Formasi

3. Asia Today

Media Asia Today memberikan judul "2 Indonesian Air Force Super Tucano Planes Crash During Training" atau "2 Pesawat Super Tucano Angkatan Udara Indonesia Jatuh Saat Lahitan" pada pemberitaan mereka.

Pada kalimat pembuka dalam berita ini menyebutkan, kecelakaan pesawat militer di Indonesia telah terjadi lagi.

Mereka menyebut, kecelakaan pesawat militer kali ini dialami oleh dua pesawat EMB 314 Super Tucano dari Skuadron Udara 21 Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh, Malang yang jatuh di daerah Pasuruan, Jawa Timur, Kamis, 16 November 2023.

Asia Today jua melaporkan terkait kronologi kecelakaan yang bermula ketika pesawat dengan nomor ekor TT-3103 dan TT-3111 lepas landas dari Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh, Malang pada pukul 10.51 WIB. Namun, kedua pesawat itu dinyatakan kehilangan kontak beberapa menit kemudian.

Media ini menyebut, satu pesawat dinyatakan jatuh setelah menerima informasi dari publik. Sementara itu, pesawat lain masih diselidiki.

Kedua pesawat itu jatuh di dua lokasi berbeda. Salah satunya berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dan yang lainnya di lahan Perhutani.

Akibat kejadian ini, seluruh awak dua pesawat tempur Super Tucano tewas. Kemudian, Indonesia akan melakukan pemakaman untuk keempat korban akan diadakan pada Jumat, 17 November 2023.

4. CGTN

Dalam pemberitaannya, China Global Television Network (CGTN) memberikan judul "Four killed after 2 Indonesian Air Force planes crash" atau "Empat orang tewas setelah 2 pesawat Angkatan Udara Indonesia jatuh" untuk insiden jatuhnya pesawat TNI AU.

Media ini menyebut, dua pesawat tempur ringan jatuh di provinsi Jawa Timur, Indonesia pada Kamis dan menewaskan empat orang di dalamnya.

CGTN memberitakan bahwa pesawat tempur tersebut berjenis Super Tucano dengan nomor ekor TT-3103 dan TT-3111.

"Pesawat menabrak lereng curam gunung berapi Gunung Bromo saat melakukan latihan pembentukan penerbangan rutin di distrik Pasuruan," tulisnya.

Baca juga: Pesawat TNI AU Jatuh di Pasuruan, Ini Sederet Kecelakaan Pesawat TNI

5. Barron's

Media asal Amerika Serikat (AS) turut menyoroti insiden jatuhnya pesawat TNI AU di Pasuruan, Jawa Timur.

Media ini mengangkat judul "Four Dead After Two Indonesian Military Planes Crash" atau "Empat Tewas Setelah Dua Pesawat Militer Indonesia Jatuh".

Mereka menyebutkan ada empat orang, termasuk dua pilot yang tewas ketika dua pesawat militer jatuh ke lereng gunung selama pelatihan.

Dua pesawat Embraer Super Tucano lepas landas dari kota Malang Jawa Timur pada Kamis pagi sebelum kehilangan kontak setengah jam kemudian selama pelatihan formasi reguler.

Barron's mengatakan adanya dua pilot dan dua co-pilot yang ditemukan setelah informasi dari publik tentang di mana pesawat mereka jatuh.

Mereka ditemukan di lereng gunung dekat Gunung Bromo di Jawa Timur, di pulau terpadat di Indonesia, dan pesawat-pesawat itu diyakini telah menabrak tanjakan yang curam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi