Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Buku Tertua di Dunia yang Pernah Ditemukan

Baca di App
Lihat Foto
Unsplash/Sohaib al Kharsa
Ilustrasi buku tertua di dunia.
|
Editor: Muhammad Zaenuddin

KOMPAS.com - Buku, dalam pengertian umum, adalah lembaran yang berjilid dan berisi tulisan, baik tulisan tangan atau cetak.

Buku telah ada sejak ribuan tahun yang lalu, dengan bentuk dan penggunaan medium yang berbeda-beda.

Salah satu bukti bekas peninggalan yang diduga sebagai buku tertua dikenal dengan nama The ‘Graz Mummy Book’ (Buku Mumi Graz).

Dilansir dari laman The Past, itu berupa papirus Periode Ptolemeus di Perpustakaan Universitas Graz, Austria dan disebut pernah menjadi bagian dari sebuah buku.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditemukan di pekuburan el-Hiba pada 1902, papirus tersebut dulunya merupakan bagian dari rekening pajak untuk bir dan minyak, namun digunakan kembali dalam kotak mumi.

Baca juga: Mumi Tertua di AS, Stoneman Willie Akhirnya Dimakamkan Setelah 128 Tahun


Bertanggal sekitar 260 SM, papirus ini setidaknya 400 tahun lebih tua dari buku-buku paling awal yang diketahui, menjadikannya buku tertua di dunia.

Dua kodeks bertanggal 150-250 M yang disimpan oleh British Library dan museum Chester Beatty di Dublin.

Dikutip dari laman Britannica, sastra tertulis paling awal yang masih ada berasal dari Mesopotamia kuno, dan epos Gilgamesh sering disebut-sebut sebagai komposisi besar pertama.

Meskipun beberapa komposisi pendek yang lebih awal masih ada, seperti Kesh Temple Hymn (Nyanyian Kuil Kesh) dan The Instructions of Shuruppak (Petunjuk Shuruppak).

Epos Gilgamesh disebut berasal dari sekitar 2150-1400 SM dan dianggap sebagai epos heroik tertua di dunia.

Baca juga: Bahasa Tertua yang Masih Digunakan, Ada yang Berusia 5.000 Tahun

Buku-buku tertua di dunia

Dilansir dari laman Oldest.org, berikut adalah beberapa buku tertua lainnya yang pernah ditemukan:

1. Etruscan Gold Book

Meskipun tidak banyak yang diketahui tentang Etruscan Gold Book (Buku Emas Etruria), ia ini diyakini sebagai buku tertua di dunia karena berasal dari sekitar 600 SM.

Buku ini ditemukan sekitar akhir tahun 1950-an di sebuah makam yang ditemukan saat menggali kanal di sepanjang sungai Strouma, Bulgaria.

Baca juga: 8 Universitas Tertua di Dunia, Mana Saja?

2. Codex Sinaiticus

Codex Sinaiticus, atau disebut Alkitab Sinai, adalah salah satu buku paling penting dan berharga di dunia. Ia diduga berasal dari tahun 330 – 360 Masehi.

Karena buku ini adalah satu-satunya manuskrip awal Alkitab Kristen yang sebagian besar masih utuh, menjadikan Codex Sinaiticus sebagai salah satu kitab suci tertua sepanjang masa.

3. Nag Hammadi Library

Nag Hammadi Library adalah kumpulan tiga belas kodeks (naskah kuno) yang terkubur dalam toples tertutup yang ditemukan pada 1945 di kota Nag Hammadi, Mesir.

Salah satu kodeks berisi satu-satunya teks lengkap Injil Thomas yang diketahui. Naskah kuno tersebut diyakini berasal dari abad ke-3 dan ke-4.

Baca juga: Mengenal Toko Buku Tertua di Dunia yang Masih Buka, Tahun Ini Berumur 291 Tahun

4. Garima Gospels

Garima Gospels (Injil Garima) adalah dua kitab Injil dari Biara Abba Garima, Etiopia dan merupakan manuskrip Kristen lengkap tertua yang diketahui.

Para ahli selalu percaya bahwa kedua kitab tersebut berasal dari abad ke-11, namun pengujian karbon menunjukkan bahwa kitab tersebut berasal dari antara tahun 330 – 650 Masehi.

5. Injil St. Cuthbert

Injil St. Cuthbert adalah salinan Injil St. Yohanes. Ia merupakan buku Eropa tertua yang masih ada dan berasal dari sekitar abad ke-7.

Buku tersebut telah dipinjamkan ke British Library, London sejak 1979, dan mereka menjadi pemiliknya sampai dengan saat ini. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi