Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Rahasia Sukses Steve Jobs, Pendiri Apple

Baca di App
Lihat Foto
9to5mac.com
Steve Jobs memegang iPhone generasi pertama.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Mantan CEO sekaligus pendiri Apple, Steve Jobs, dinilai sebagai orang yang sukses mengubah dunia teknologi. 

Diberitakan Forbes, setelah Steve Jobs meninggal dunia pada 2011, dia memiliki kekayaan mencapai 8,3 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 127,7 triliun.

Meninggal karena kanker di usia 56 tahun, Steve Jobs meninggalkan banyak warisan di industri komputer, musik, film, dan nirkabel. Dia juga memiliki saham di Disney.

Lalu, bagaimana kunci sukses seorang Steve Jobs?

Baca juga: 15 Kata-kata Steve Jobs, Inspiratif dan Bisa Jadi Motivasi Sukses

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


1. Lakukan yang disukai

Dikutip dari Forbes (4/1/2011), Steve Jobs pernah mengatakan dia menjalani hidup dengan mengikuti keinginan untuk memenuhi ambisinya.

"Orang dengan ambisi bisa mengubah dunia menjadi lebih baik," kata Steve kepada karyawan-karyawannya.

Menurut dia, ide yang baru dan kreatif tidak akan terbentuk tanpa ambisi dan minat untuk mencapainya.

Karena itu, seseorang harus berani menjalankan minat yang disukai untuk mendapatkan ide baru.

2. Berpikir kreatif

Steve Jobs menemukan banyak inspirasi dari hal-hal yang dia lakukan atau lihat sehari-hari. Misalnya, dari buku, kegiatan meditasi, maupun jalan-jalan.

Dia meyakini, inspirasi bisa didapatkan dari hal-hal lain yang tidak selalu berhubungan dengan bidang pekerjaannya. 

Steve akan meniru ide dari berbagai industri untuk diterapkan dengan kreativitasnya ke perusahaan yang dia pimpin.

Misalnya, Steve mendapatkan ide membuka Apple Store yang pertama setelah mempelajari Hotel Ritz-Carlton. Dari situ, dia menerapkan cara karyawan menyambut tamu yang ramah.

Baca juga: Pekerjaan Pertama 7 Orang Sukses di Dunia, Ada Karyawan McD dan Loper Koran

3. Buat inovasi baru

Sebagai salah satu pendiri Apple, Steve Jobs mampu meluncurkan produk yang menarik perhatian orang. Hal ini terjadi karena dia menarik orang lewat inovasi-inovasi yang dimilikinya.

Inovasi merupakan cara untuk membawa perubahan positif, terlepas dari jabatan atau posisinya. Inovasi bisa didapat dengan cara berpikir secara berbeda dan berani menerima tantangan.

4. Temukan tujuan hidup

Dilansir dari Inc, mantan CEO Apple John Sculley mengatakan, Steve Jobs bekerja untuk memenuhi tujuan utama yang dia miliki.

Steve ingin membuat komputer yang mudah diakses oleh orang banyak dan bukan sekadar strategi bisnis. Hal ini menjadi panggilan dan tujuan hidupnya.

Tujuan tersebut membuat Steve menjalankan pekerjaannya dengan semangat dan tidak hanya untuk menjalankan bisnis.

Baca juga: 9 Ciri Orang Sukses yang Wajib Dipelajari, Apa Saja?

5. Temukan orang-orang yang sesuai

Kunci kesuksesan Apple Store berada pada orang-orang yang menjalankannya. Apple merekrut karyawan berdasarkan kepribadian.

Perusahaan ini yakin mereka bisa mengajarkan cara berjualan tapi tidak bisa mengajari cara menjadi orang dengan kepribadian baik.

Karena itu, lebih baik mempekerjakan orang-orang yang tertarik dengan perusahaan tersebut. Perusahaan sebaiknya merekrut karyawan yang memiliki kepribadian dan budaya sesuai dengan perusahaan.

6. Bekerja dengan sederhana

Steve Jobs menjalankan Apple dengan menerapkan kesederhanaan. Hal ini diterapkan saat dia membuat desain hingga merancang strategi perusahaan.

Apple berusaha menghindari hal-hal rumit dan lebih suka mengembangkan solusi yang sangat sederhana. Mereka yakin hal yang sederhana justru lebih jelas.

Daripada menghabiskan banyak energi dan perhatian untuk proyek yang rumit, Apple memilih membuat hal sederhana yang menghasilkan keuntungan lebih banyak.

Baca juga: 7 Kebiasaan Orang Sukses Setelah Bekerja, Apa Saja?

7. Menjual mimpi, bukan produk

Steve Jobs memproduksi produk untuk orang-orang yang memiliki harapan, impian dan ambisi. Dia ingin produknya membantu orang mencapai impian mereka.

Tujuan tersebut muncul karena dia tahu pembeli peduli dengan produk, perusahaan, atau invovasi yang Apple luncurkan selama itu memenuhi keinginan mereka.

Karena itu, untuk menarik perhatian pembeli, Steve berusaha menjual produk yang sesuai dengan harapan, impian, dan diri para pembeli Apple.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi