Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Siniar KG Media
Bergabung sejak: 15 Okt 2021

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

5 Desa Ini Seperti Negeri Dongeng di Dunia Nyata

Baca di App
Lihat Foto
Freepik/wirestock
Di dunia nyata ternyata ada berbagai desa dari seluruh dunia yang memiliki keindahan layaknya negeri dongeng.
Editor: Yohanes Enggar Harususilo

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Desa-desa di cerita dongeng sering kali digambarkan sebagai tempat yang tenang, asri, dan lestari. Ditambah lagi, desa tersebut memiliki pemandangan alam yang indah sehingga membuat kita berandai-andai untuk tinggal di sana.

Seperti penggambaran Desa Tsawala dalam serial orisinal siniar Dongeng Pilihan Orangtua episode “Ala dan Desa Tsawala” dengan tautan s.id/DopingAla3.

Dikisahkan Desa Tsawala adalah desa yang awalnya asri dengan pemandangan hutannya yang indah, namun hal itu semua berubah sejak kedatangan penyihir jahat Jalana.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Desa Tsawala, di dunia nyata ternyata ada berbagai desa dari seluruh dunia yang memiliki keindahan layaknya negeri dongeng. Berikut adalah lima daftarnya yang bisa kamu jadikan referensi untuk berwisata dengan si kecil.

1. Hamnoy, Norwegia

Hamnoy adalah salah satu desa dongeng terindah di dunia. Desa nelayan ini terletak di Kepulauan Lofoten di Nordland, Norwegia. Meskipun desa nelayan ini kecil, tapi Hamnoy memiliki pemandangan yang indah dan menjadikannya tempat yang wajib dikunjungi.

Saking indahnya, desa ini bahkan sering disebut sebagai salah satu kota dongeng terindah di Eropa. Apalagi, kita bisa melihat aurora di atas langit desa tersebut.

Baca juga: Fakta Menarik 4 Hewan yang Hidup Berkelompok

Jembatan Hamnoy, Pulau Soroya, bengkel Lofoten, dan museum lokal untuk mengetahui budaya kuno merupakan beberapa tempat yang dapat kita kunjungi di Hamnoy.

Selain itu, wisatawan juga dapat melakukan aktivitas lainnya, seperti memancing, arung jeram, berperahu, hiking, dan balap sepeda.

2. Castle Combe, Inggris

Castle Combe adalah desa dongeng indah di wilayah Wiltshire. Desa ini juga merupakan salah satu kota dongeng yang paling banyak dikunjungi di Eropa karena keindahan bangunannya yang membuat kita seperti hidup di era yang berbeda.

Desa ini terkenal dengan rumah-rumah kuno yang masih berdinding bebatuan, alun-alun pasar, monumen salib, dan keindahan alam yang tiada duanya. Tempat lainnya yang tak kalah menarik adalah Gereja St. Andrew, rumah mahar tua, dan Jembatan Water Lane.

Selain itu, Castle Combe juga pernah menjadi lokasi syuting banyak film terkenal yang mengambil latar masa lampau, seperti Dr. Dolittle, War Horse, dan Stardust.

3. Lauterbrunnen, Swiss

Lauterbrunnen merupakan salah satu kota di Swiss yang menjadi incaran wisata semua orang. Bagaimana tidak? Pemandangan alamnya begitu indah karena letaknya di sebuah lembah yang dikelilingi tebing berbatu, puncak gunung bersalju, gletser, dan beberapa air terjun.

Bangunan di desa ini pun mayoritas menggunakan dinding kayu dengan rumput hijau serta bunga liar bertebaran di mana-mana. Selain itu, terdapat beberapa chalet yang menampilkan ukiran kayu dan jendela bergaya klasik.

Kita juga bisa mengunjungi sebuah gereja dengan Air Terjun Staubbach di belakangnya. Dan, saat musim panas, kita bisa berjalan di belakang air terjun ini.

Daerah ini populer di kalangan paralayang dan pendaki karena Lembah Lauterbrunnen menawarkan beberapa jalur pendakian.

4. Gokayama, Jepang

Gokayama merupakan salah satu kota di Jepang yang terkenal dengan bangunan bersejarah dan pemandangan perbukitan serta padang rumput yang subur. Bahkan, UNESCO memasukkan kota ini ke dalam Daftar Warisan Dunia pada tahun 1995.

Secara teknis, Gokayama terdiri dari dua desa terpencil, yaitu Ainokura dan Suganuma. Desa Ainokura memiliki 23 rumah pertanian tradisional Gassho-Zukuri, toko suvenir buatan tangan, kuil, dan museum Ainokura Minzoku-kan.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Sesama Saudara Justru Sering Bertengkar

Namun, yang paling terkenal adalah rumah pertanian abad pertengahan Gassho Zukuri yang tertutup es di Suganuma. Hal ini karena bentuk bangunan dan bahan dari atapnya yang sangat unik.

5. Edinburgh, Skotlandia

Edinburgh adalah ibu kota Skotlandia yang menawan. Kota ini kaya akan sejarah dan penuh dengan pemandangan memesona. Arsitektur kota ini didominasi oleh Kastil Edinburgh yang terletak di atas gunung berapi kuno.

Alhasil, kita pun sebagai wisatawan seolah-olah terbawa langsung ke dalam buku cerita di abad pertengahan. Hal ini karena berjalan di jalanan berbatu di Kota Tua seperti kembali ke masa lalu karena bentuk bangunan dan gang-gang rahasianya.

Kita dapat mengunjungi Istana Holyroodhouse yang indah, menjelajahi Royal Botanic Garden dengan tanaman eksotis yang indah dan suasana tenang, serta mendaki Arthur's Seat, gunung berapi dan bukit kuno yang menawarkan pemandangan seluruh kota.

Dengarkan berbagai cerita dongeng seru lainnya yang bisa orangtua dengar bersama anak dalam siniar Dongeng Pilihan Orangtua di Noice dengan tautan dik.si/DopingNoice dan Spotify.

Jangan lupa untuk follow dan subscribe kanal Doping di Noice karena akan ada audio drama spesial dari cerpen dan dongeng Majalah Bobo Edisi 50 Tahun! Akses daftar putarnya dalam tautan berikut s.id/Bobo_DongengNostalgia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi