Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pohon Tertua di Dunia, Ada yang Hidup Selama Hampir 5.000 Tahun

Baca di App
Lihat Foto
Getty Images/Tayfun Coskun via BBC Science Focus
Ilustrasi pohon Methuselah, yang emrupakan pohon tertua di dunia.
|
Editor: Muhammad Zaenuddin

KOMPAS.com - Ada banyak jenis pohon yang ada di dunia, yang memiliki bentuk dan usia hidup yang berbeda-beda.

Untuk menentukan usia pohon, para ilmuwan biasanya mengumpulkan sampel inti dari pangkal tanaman dan kemudian menghitung cincinnya.

Cara ini dapat menjadi alat yang berharga untuk mengukur usia pohon dan mempelajari perubahan lingkungan dari waktu ke waktu.

Baca juga: 7 Rekomendasi Tanaman Pembersih Udara, Cocok Diletakkan Dalam Rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menurut data Guinness World Record, pohon tertua di dunia adalah pinus bristlecone (Pinus longaeva) bernama "Methuselah" yang ada di White Mountains, California, Amerika Serikat.

Pohon individu tertua ini ditemukan oleh Edmund Schulman pada tahun 1957 dari sampel inti yang berusia lebih dari 4.800 tahun.

Schulman adalah ilmuwan dari Universitas Arizona, dan area di hutan tersebut diberi nama Schulman Grove untuk menghormatinya.

Methuselah digolongkan sebagai pohon individu karena bukan merupakan klon. Dan sangat jarang ada pohon yang berumur melebihi 3.000–4.000 tahun.

Baca juga: Mengapa Pohon Menggugurkan Daunnya Saat Musim Gugur?


Pohon-pohon tertua di dunia

Berikut ini adalah beberapa pohon dengan usia terpanjang di dunia yang pernah ditemukan:

1. Prometheus

Dikutip dari laman Live Science, Prometheus adalah pohon pinus bristlecone Great Basin (Pinus longaeva) di Wheeler Peak, Nevada, yang hidup hampir 5.000 tahun.

Pohon ini masih menjadi pohon dengan umur terpanjang yang pernah hidup dan didokumentasikan secara pasti. Namun, ia ditebang pada tahun 1964.

Prometheus diizinkan untuk diambil sampel inti dan menebangnya. Terhitung ada 4.862 cincin dan diperkirakan usia pohon tersebut lebih dari 4.900 tahun.

Baca juga: Misteri Pohon Pinus yang Membeku Selama 66 Juta Tahun Akhirnya Terpecahkan

2. Methuselah

Sejak tahun 1957, pinus bristlecone Methuselah menyandang gelar pohon tertua yang masih hidup di dunia, dengan usia kurang lebih 4.600 tahun.

Metusalah ditemukan oleh peneliti pohon terkenal Edmund Schulman, seorang ilmuwan di Laboratorium Penelitian Cincin Pohon di Universitas Arizona.

Dia menemukan usia Metusalah setelah mengambil inti dari banyak bristlecone di daerah tersebut dan menghitung cincinnya.

Untuk melindungi Methuselah dari wisatawan, Dinas Kehutanan AS telah lama merahasiakan lokasi persis Methuselah dan tidak mempublikasikan fotonya.

Baca juga: Jangan Tanam 5 Pohon Ini di Dekat Rumah, Bisa Merusak Fondasi

3. Llangernyw Yew

DIlansir dari laman BBC Science Focus, pohon Llangernyw Yew yang terletak di desa Llangernyw, Wales Utara, dikatakan berusia setidaknya 4.000 tahun.

Pohon ini juga dikenal sebagai salah satu dari 50 pohon Great British di Inggris. Meski demikian, Llangernyw Yew belum terbukti umurnya secara ilmiah.

Mereka mungkin lebih muda dari yang disebutkan atau lebih tua. Ini termasuk dalam daftar karena usianya dianggap setua tradisi lisan setempat.

Baca juga: 7 Tanaman Tertua di Dunia, Ada yang Berusia 80.000 Tahun

4. Alerce Milenario

Usia pohon Alerce Milenario masih menjadi perdebatan, yakni berusia berkisar antara 2.400 hingga 5.484 tahun.

Ini mungkin merupakan pohon tertua di dunia, tetapi umur puncaknya didasarkan pada pemodelan komputer sebagai perkiraan sehingga hampir tidak mungkin untuk mengetahui secara pasti berapa umur pohon tersebut.

Nama lain dari pohon cemara Patagonian ini adalah Gran Abuelo (kakek buyut) dan berdiri di Taman Nasional Alerce Costero, Chili.

Baca juga: 6 Tanaman yang Membuat Tidur Lebih Nyenyak, Cocok Jadi Hiasan Kamar Tidur

5. BLK 227 bald cypress

Pohon bald cypress BLK 227 berusia sekitar 2.629 tahun (ditemukan setidaknya berusia 2.624 tahun pada tahun 2018).

Pohon ini adalah pohon tertua yang masih hidup di Amerika Utara bagian timur. Para peneliti menemukan pohon lain yang berusia lebih dari 2.000 tahun di wilayah yang sama.

Pohon kuno bald cypress BLK 227 ditemukan berdiri di suatu tempat di Black River, Carolina Utara. Namun, lokasi pasti pohon tersebut tidak diungkapkan sebagai bentuk perlindungan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi