Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Gim A Space for the Unbound Asal Surabaya yang Masuk Nominasi The Game Awards 2023

Baca di App
Lihat Foto
Toge Productions
Ilustrasi gameplay A Space for the Unbound.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Gim A Space for the Unbound buatan developer asal Surabaya, Indonesia masuk nominasi penghargaan dunia The Game Awards 2023.

Hal tersebut seperti disampaikan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) lewat akun X (dulu Twitter) resminya @kemkominfo, Jumat (24/11/2023).

The Game Awards 2023 merupakan penghargaan tahunan yang memberikan penghormatan atas pencapaian dalam industri video gim dunia.

Gim A Space for the Unbound menjadi salah satu nominasi dalam kategori Game for Impact. Kategori ini berisikan gim dengan permainan yang menggugah pikiran dengan makna atau pesan pro-sosial.

Diselenggarakan 7 Desember 2023 di Los Angeles AS, publik dapat menunjukkan dukungan dengan memvoting gim A Space for the Unbound di situs resmi thegameawards.com.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Daftar Penjualan Konsol Gim Terbanyak Sepanjang Masa, PS2 Belum Tertandingi


Apa itu gim A Space for the Unbound?

Gim A Space for the Unbound pertama kali dikembangkan oleh perusahaan Mojiken Studio yang rilis pada 19 Januari 2023.

Mojiken Studio merupakan studio pengembang gim indie yang berbasis di Surabaya, Indonesia.

Namun, diberitakan Kompas.com (24/11/2023), Toge Productions, sebuah pengembang sekaligus penerbit gim mengakuisisi Mojiken Studio sejak 23 November 2023.

Sebelum resmi mengambil alih, Toge Productions telah memberikan modal kepada Mojiken Studio untuk mengembangkan bisnisnya sejak 2017. Toge Production juga memegang sejumlah saham minoritas Mojiken.

Dikutip dari situs resmi Toge Productions, A Space for the Unbound merupakan gim petualangan slice-of-life.

Gim ini bercerita soal mengatasi kecemasan, depresi, dan hubungan antara seorang laki-laki dan perempuan yang memiliki kekuatan supernatural.

Pemain gim A Space for the Unbound akan memainkan dua tokoh sepasang kekasih SMA, Atma dan Raya. Keduanya sedang dalam perjalanan menemukan jati diri di akhir masa studinya.

Namun, kekuatan supernatural misterius tiba-tiba muncul dan mengancam keberadaan mereka.

Atma dan Raya harus menjelajahi dan menyelidiki kotanya untuk mengungkap rahasia tersembunyi, menghadapi akhir dunia, dan belajar tentang satu sama lain.

A Space for the Unbound mengambil latar belakang pedesaan di Indonesia era 1990-an. Para pemaian akan disambut musik indah gubahan Masdito “Ittou” Bachtiar

Game ini dimainkan lewat PC, Nintendo Switch, PS 4, PS 5, Xbox One, dan Xbox Series X/S.

Pengguna tinggal menggerakkan karakter Atma dan Raya untuk berinteraksi dengan orang-orang, obyek, atau kucing dalam gim tersebut.

A Space for the Unbound juga memiliki fitur agar penggunanya bisa berinteraksi dengan klik bagian-bagian tertentu di layar. Gim ini juga menyediakan aneka mini games.

Baca juga: Apakah Gim Online Roblox Berbahaya bagi Anak?

Prestasi A Space for the Unbound

Sebelum dinominasikan ke penghargaan The Game Awards 2023, gim A Space for the Unbound pernah menyabet berbagai penghargaan bergengsi lainnya.

Dilansir dari Kompas.com (20/9/2022), A Space for the Unbound sukses menyabet penghargaan Japan Game Awards 2022.

Gim ini memenangkan penghargaan untuk kategori Future Division. Kategorinya berisikan gim-gim yang saat itu belum dirilis.

Tak hanya itu, dikutip dari Kompas.com (13/10/2023), A Space for the Unbound baru-baru ini juga mendapat empat dari enam kategori penghargaan Indonesia Game Awards 2023.

Mojiken Studio selaku pengembang gim tersebut menerima penghargaan di acara Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) 2023 yang digelar di The Stones Hotel, Bali pada Jumat (13/10/2023).

Keempat kategori yang dimenangkan adalah Best Game Visual, Best PC/Console Game, Game Studio of the Year, dan Game of the Year.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi