Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Geng Motor Paling Terkenal di Dunia

Baca di App
Lihat Foto
Shutterstock
Ilustrasi geng motor.
|
Editor: Muhammad Zaenuddin

KOMPAS.com - Klub motor adalah suatu komunitas yang dibentuk karena adanya kesamaan minat terhadap kendaraan sepeda motor.

Klub motor biasanya menjadi sarana bagi sesama pengguna motor dengan kategori tertentu untuk berkumpul, dan umumnya menuntut rasa hormat karena sejumlah alasan.

Namun, ketika sebuah klub motor bersinggungan dengan kejahatan terorganisir, biasanya mereka cenderung disebut sebagai geng motor.

Baca juga: Mengapa Permasalahan Geng Motor Sulit Teratasi?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut ini adalah beberapa geng atau klub motor paling populer di dunia:

1. Hells Angels

Dikutip dari laman Sky History UK, Hells Angels adalah geng motor paling populer di dunia yang didirikan pada 1948 di California.

Mereka mendapatkan ketenaran karena dekat dengan gerakan hippie tahun 1960-an, dan bekerja sama dengan para pionir budaya saat itu, seperti Rolling Stones dan The Beatles.

Mereka adalah organisasi yang cerdik dan sangat melindungi reputasi mereka. Bahkan dikenal sebagai geng motor yang memadukan kekerasan, kebebasan, dan reputasi.

Dengan lebih dari 100 cabang yang tersebar di 29 negara, Hell Angels tetap menjadi klub sepeda terbesar dan paling terkenal di dunia.

Baca juga: Mengenal Dadaisme, Sebuah Gerakan Seni Modern yang Anti-Seni

2. Sons of Silence

Geng motor Sons of Silence didirikan oleh Bruce Richardson pada tahun 1966 di Colorado. Pada 1998, klub ini berkembang ke Eropa dan membuka cabang di Munich.

Mereka mungkin relatif kecil, tetapi kekurangannya dalam ukuran tertutupi reputasinya yang besar, dan mereka sangat populer di Jerman.

Selain operasi narkoba dan senjata di wilayah Midwest dan Selatan, mereka juga membangun wilayah di Kansas, Arizona, dan Colorado, dan bersekutu dengan Hells Angels untuk perlindungan.

Baca juga: Mengenal 5 Gerakan Seni Modern Paling Populer

3. Vagos

Geng motor Vagos terbentuk pada tahun 1965 di San Bernardino, California. Mereka adalah salah satu geng motor paling berbahaya di dunia.

Geng motor ini diketahui telah berkembang menjadi perusahaan internasional yang dalam beberapa hal menyerupai mafia.

Terlepas dari semua itu, geng motor Vagos menyatakan bahwa mereka bukanlah geng penjahat yang terkenal kejam, melainkan klub motor yang sah.

Vagos disebut sebagai musuh alami Hells Angels yang, pada pertengahan tahun 60an, didirikan di lokasi yang sama dengan kepentingan yang serupa.

Baca juga: Mengenal Les Demoiselles dAvignon, Lukisan Kontroversial Karya Pablo Picasso

4. Bandidos

Dilansir dari laman Hotcars.com, dibentuk pada 1966 di Texas, Bandidos Motorcycle Club adalah geng motor yang memiliki cabang di 22 negara.

Namun, geng motor yang juga dikenal sebagai Bandidos Nation ini dikaitkan dengan perdagangan narkoba dalam perbatasan Meksiko-Texas.

Bahkan Geng Motor Bandidos ini pernah terlibat dalam baku tembak besar-besaran antara klub motor yang berbeda di Waco, Texas, dan menyebabkan sembilan orang tewas dan 20 orang luka-luka.

Bandidos memiliki cabang di seluruh dunia tetapi di AS, sebagian besar wilayahnya berada di selatan, dengan konsentrasi di Texas.

Baca juga: Mengenal Route 66 dan Alasan Mengapa Jalan Raya Ini Sangat Populer

5. Mongols

Mongols Motorcycle Club memiliki banyak klaim ketenaran, dan yang cukup dikenang adalah karena konfliknya dengan klub motor paling terkenal, Hells Angels.

Geng motor Mongol awalnya didirikan sebagai alternatif dari Hells Angels, yang pada saat itu tidak memperbolehkan anggota minoritas.

Pada tahun 1980-an, Mongols dan Hells Angels terlibat dalam perang wilayah di California Selatan dan khususnya Los Angeles.

Geng Mongols akhirnya memenangkan perang wilayah tersebut, memperoleh wilayah di California Selatan dan Los Angeles, dan tidak pernah melepaskannya lagi sejak saat itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi