Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Damkar Jakarta Menang Singapore-Global Firefighters 2023, Apa Itu?

Baca di App
Lihat Foto
Humas Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta
Damkar Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta dalam kompetisi Singapore-Global Firefighters and Paramedics Challenge (SGFPC) 2023 yang digelar di Singapore Expo Hall 3 pada Jumat (24/11/2023) dan Sabtu (25/11/2023).
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Petugas pemadam kebakaran (damkar) Jakarta memenangi kompetisi Singapore-Global Firefighters and Paramedics Challenge (SGFPC) 2023.

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta yang mewakili Indonesia menorehkan sejumlah prestasi dalam kompetisi tersebut.

“Berkat semangat dan kerja keras para atlet, kami dapat melaksanakan tugas dengan baik, juga kembali ke Jakarta dalam kondisi sehat dan selamat,” ujar Kepala Sektor Sudin Gulkarmat Pasar Minggu sekaligus pembina dan pelatih tim, Suhudi.

Diberitakan Kompas.com (28/11/2023), Singapore Civil Defence Force (SCDF) menggelar SGFPC 2023 di Singapore Expo Hall 3 pada Jumat (24/11/2023) dan Sabtu (25/11/2023).

Sejumlah anggota damkar Jakarta yang memenangi penghargaan dalam kompetisi tersebut yaitu:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebagai catatan, SGFPC 2023 merupakan kompetisi bagi para petugas damkar, penyelamat, dan paramedis dari seluruh dunia.

Baca juga: Menyelamatkan Kucing dan Orang Kesurupan hingga Disebut Multitalenta, Apa Tugas Damkar yang Sebenarnya?


Singapore-Global Firefighters and Paramedics Challenge

Singapore-Global Firefighters & Paramedics Challenge (SGFPC) adalah acara khas yang diselenggarakan oleh Singapore Civil Defence Force (SCDF).

Dikutip dari situs resminya, para petugas pemadam kebakaran, penyelamat, dan paramedis dari seluruh dunia berkumpul di Singapura untuk bersaing menjalankan berbagai tantangan.

Tantangan yang dijalankan para petugas pemadam kebakaran, penyelamat, dan paramedis dari Singapura dan negara-negara internasional bersama dengan masyarakat umum.

Ada beberapa tantangan yang harus dijalankan para peserta SGFPC, yakni:

  • Brave Heart (tantangan global)

Brave heart merupakan tantangan per individu andalan SGFPC.

Perlombaan ini terdiri dari delapan tahapan untuk menguji kekuatan, ketangkasan, keterampilan, dan ketahanan mental seseorang.

Para peserta harus memakai alat pernapasan buatan Breathing Apparatus yang besar sambil jalan, lari, dan naik tangga.

Mereka juga akan rappelling atau turun dengan tali, memanjat dan menyeberang di ketinggian dengan tali, serta menyelamatkan manekin sebagai pengganti korban kebakaran.

  • School Challenge (tantangan publik)

School Challenge merupakan tantangan di mana para peserta yang berasal dari masyarakat bekerja dalam kelompok beranggotakan enam orang.

Para peserta lomba harus menjalani tantangan sesuai skenario yang disusun penyelenggara lomba.

Skenarionya berupa terjadi ledakan gas dan kebakaran di kantin sekolah. Para peserta harus menyelamatkan murid-murid di sekolah tersebut.

Para peserta melakukan tantangan berupa memadamkan api, melakukan resusitasi jantung paru-paru atau CPR, dan mengevakuasi korban yang mengalami cedera.

Tantangan ini cukup sulit karena peserta harus pandai bermanuver melewati rintangan dan ruang terbatas saat menyelamatkan korban kebakaran.

  • Tantangan khusus Singapura

Tantangan ini khusus dijalankan oleh anggota tim pemadam kebakaran dari Singapura untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam menangani kebakaran dan insiden medis.

Ada tiga tantangan yang hanya dilakukan oleh pemadam kebakaran Singapura, sebagai berikut:

1. Fire-Medical Challenge

Para anggota damkar Singapura akan menangani simulasi kebakaran dapur menggunakan alat pemadam ransel Compressed Air Foam (CAF).

Setelah memadamkan api, mereka bekerja sama dengan tim Layanan Medis Darurat (EMS) yang melakukan CPR ke korban untuk menampilkan kerja tim antara pemadam kebakaran dan tenaga medis.

2. Confined Space Challenge

Tim penyelamat berpacu dengan waktu untuk menyelamatkan korban yang terjebak dalam bangunan yang runtuh.

Pemadam kebakaran akan menampilkan keahlian menggunakan peralatan potong dan angkat. Mereka juga bekerja sama menolong korban dari ruang sempit dan tinggi.

3. HazMat Challenge

Tantangan ini berupa simulasi kecelakaan yang terjadi di pabrik kimia yang beracun.

Para peserta dengan cepat memakai alat pelindung diri saat mengurangi kebocoran bahan kimia dan mengeluarkan korban dari ruang sempit.

Baca juga: Ramai soal Minta Bantuan Damkar Selamatkan Kucing di Atap Tak Segera Ditindaklanjuti, Berapa Lama Aduan Diproses?

Singapore Civil Defence Force

SGFPC diselenggarakan oleh tim pemadam kebakaran Singapura, Singapore Civil Defence Force (SCDF).

Masih dikutip dari situsnya, SCDF berada di bawah lingkup Kementerian Dalam Negeri Singapura.

SCDF bertugas menyediakan layanan pemadam kebakaran, penyelamatan dan medis darurat; memitigasi insiden bahan berbahaya.

Mereka juga berperan merumuskan, menerapkan, dan menegakkan peraturan mengenai keselamatan kebakaran dan masalah perlindungan pertahanan sipil.

SCDF juga mengadakan program pendidikan publik untuk mengajarkan cara meningkatkan ketahanan dan kesiapsiagaan darurat masyarakat sipil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi