Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jual HP Bekas Sudah Disetel Ulang Pabrik tapi Bisa Dipulihkan Lagi, Ini Cara Mencegahnya

Baca di App
Lihat Foto
Twitter/tanyarlfes
Tangkap layar yang menyebut data dari hp yang disetel ulang setelan pabrik bisa dipulihkan.
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Unggahan foto bernarasi data dari handphone (HP) yang direset ulang pabrik ternyata bisa dipulihkan kembali viral di media sosial.

Unggahan tersebut awalnya dibagikan akun X (dulu Twitter) @tanyarlfes, Kamis (30/11/2023).

Lewat unggahan tersebut, seorang warganet membagikan tangkapan layar komentar di YouTube yang menyatakan bisa mengembalikan data dari HP yang sudah disetel ulang.

"Niat mau jua* hp karna BU malah jadi takut karna ini, emang bener ya kalo udh disetel ulang pabrik masih bisa dipulihin? please someone enlighten me," tulis pengunggah.

Hingga Jumat (1/12/2023), unggahan tersebut tayang sebanyak 1,1 juta kali, dibagikan ulang 1.000 kali, dan disukai 10.000 warganet.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lalu, benarkah data dari HP yang terhapus karena direset ulang pabrik masih bisa dikembalikan?

Baca juga: Syarat Daftar BPJS Gratis Lewat HP, Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan?


Baca juga: Cara Factory Reset di Windows 10 dan 11, Cepat dan Mudah

Data tidak terhapus meski HP disetel ulang

Chairman Lembaga Riset Keamanan Siber CISSReC, Pratama Persadha membenarkan pernyataan HP yang disetel ulang sesuai bawaan pabrik ternyata bisa dipulihkan datanya.

Tindakan setel ulang HP ini, kata dia, umumnya dilakukan orang-orang yang ingin menjual HP lama untuk membeli HP keluaran terbaru.

"Beberapa orang menjual HP lama mereka begitu saja dan ada sebagian orang yang menjual HP lama mereka setelah melakukan factory reset," ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (1/12/2023).

Pratama menjelaskan, factory reset adalah fungsi pada perangkat elektronik untuk mengembalikan perangkat ke kondisi awal saat dikirim dari pabrik.

Ini artinya, seluruh data di perangkat elektronik tersebut akan dihapus dan perangkat kembali ke kondisi sebelum dipakai.

"Namun demikian, data pengguna dilaporkan dapat dipulihkan setelah reset pabrik dengan menerapkan teknik pemulihan data," lanjutnya.

Baca juga: Bukan Pertama Kali, Dugaan Data KPU Bocor Pernah Terjadi

Pratama menjelaskan, data dari HP yang sudah disetel ulang masih bisa dikembalikan menggunakan berbagai Data Recovery Tools.

Ini terjadi karena tidak semua data yang disetel ulang ke status pabrik akan hilang. Jika dihapus, data dalam bentuk biner atau bahasa asli komputer masih ada. 

Karena data tidak benar-benar terhapus, Data Recovery Tools akan bisa mengakses dan mengembalikan data biner tersebut.

"Selain itu, partisi yang berbeda tidak menghapus data yang dibuat selama penggunaan perangkat, sehingga informasi tentang penggunaan perangkat dapat dipulihkan," lanjut Pratama.

Baca juga: Cara Menyembunyikan Nomor HP dari Pencarian GetContact agar Tak Dapat Dilacak

Data yang bisa dihapus

Lebih lanjut, Pratama menyatakan data yang dihapus dari perangkat elektronik tidak benar-benar hilang.

"Data tersebut tidak betul-betul terhapus, namun lokasi byte yang membentuk dokumen, foto, video, file MP3, dan lain-lain yang dihapus," tambah dia.

"Ini artinya data itu masih ada tetapi lokasi keberadaannya ditandai kosong. Data yang tadi masih ada baru bisa dihapus setelah tertimpa dengan data baru," imbuhnya.

Hal ini terjadi karena proses menghapus lokasi byte yang membentuk file lebih cepat. Sementara menghapus data sepenuhnya memerlukan proses yang jauh lebih lama.

"Jika misalnya Anda menghapus file yang menghabiskan ruang penyimpanan sebesar 5 GB, penghapusannya mungkin memerlukan waktu beberapa menit, bukan beberapa detik," imbuh Pratama.

Baca juga: Cara Mengetahui Kamera Tersembunyi, Praktikan di Tempat-tempat Ini

Cara mencegah data dipulihkan lagi

Pratama menyampaikan cara yang bisa dilakukan untuk memastikan data yang tersimpan benar-benar terhapus sempurna.

"Menggunakan program format data seperti Shredit yang bisa memformat sampai data benar-benar bersih," katanya.

Dia menambahkan, Shredit aman digunakan. Data dengan ukuran 128 GB membutuhkan waktu beberapa jam untuk terhapus dengan program tersebut.

Sebagai alternatif, katanya, pemilik HP bisa menghapus data secara manual dengan melakukan format atau reset factory setting di perangkat elektronik tersebut.

Lalu, kopi file lain ke perangkat tersebut sampai penuh. Selanjutnya, ulangi factory reset di perangkat tadi.

Cara ini bertujuan untuk menimpa data sebelumnya yang sudah diformat. Dengan menyalin dan menghapus ulang file baru, data yang lama akan otomatis hilang.

Baca juga: Tanggapan KPU soal Dugaan Kebocoran Data DPT Pemilu 2024

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi