Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Pesawat Airbus A400M Pesanan Menhan untuk TNI AU

Baca di App
Lihat Foto
SHUTTERSTOCK/KAMILPETRAN
Ilustrasi pesawat Airbus A400M
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memesan pesawat Airbus A400M untuk Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU).

Dikutip dari akun X (dulu Twitter) resmi Kementerian Pertahanan @Kemhan_RI, Prabowo memesan total enam unit pesawat Airbus A400M.

"Keputusan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memesan dua pesawat A400M Airbus dan empat unit lainnya di masa mendatang, ditandai dengan penandatanganan kontrak antara Kemhan dan Airbus, beberapa waktu lalu," tulis akun tersebut.

Wakil Menteri Pertahanan, M. Herindra menyebut pembelian pesawat angkut dari perusahaan Airbus Group asal Perancis itu sedang diproses.

“Kita sudah kontrak dan sudah dalam proses, kita menunggu untuk delivery-nya. Kita sudah kontrak dua buah, mudah-mudahan dalam waktu dekat kita akan segera mendapatkan pesawat tersebut,” kata Herindra, diberitakan Kompas.com (15/8/2023).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut spesifikasi pesawat Airbus A400M yang didatangkan ke Indonesia.

Baca juga: Spesifikasi KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 yang Bakal Jadi Kapal RS di Gaza, Palestina


Pesawat Airbus A400M

Kedatangan pesawat Airbus A400M ke Indonesia membuat Tanah Air menjadi negara ke-10 di dunia dan ke-2 di Asia yang resmi memiliki pesawat militer ini.

Dikutip dari situs Perpusnas, Airbus A400M terbang perdana pada 11 Desember 2009. Sementara pesawat produksi pertamanya mulai beroperasi pada 2013.

Pesawat ini berstatus multi-peran karena dipakai untuk penerbangan misi utama, misi tanggap bencana dan bantuan manusia, terjun payung, serta alat transportasi kargo berat.

Airbus A400M memiliki ruang angkut yang kuat dengan berat hingga 37 ton.

A400M merupakan pesawat militer besar pertama yang mampu mengangkut beban seberat truk bahan bakar berkapasitas 80 ton dan ekskavator.

Selain itu, pesawat ini mampu mengangkut 116 personel dengan peralatan tempur lengkap.

Pesawat ini juga mampu mengangkut Patriot Launcher dan Hemtt Truck, 9 Palet Military, beserta 54 personel sekaligus.

Baca juga: Spesifikasi Pesawat Super Tucano TT-3103 TNI AU yang Jatuh di Pasuruan

Spesifikasi Airbus A400M

Airbus A400M memiliki dimensi panjang 45,1 meter, lebar termasuk sayap 42,2 meter, serta tinggi 14,7 meter.

Diberitakan Indonesia.go.id, pesawat ini mampu terbang sejauh 8.900 kilometer nonstop dengan ketinggian jelajah maksimal 12.200 meter serta kecepatan maksimal 889 km per jam.

Pesawat memiliki tangki bahan bakar berkapasitas 50.800 kilogram untuk menggerakkan empat mesin turboprop TP400-D6. Ini membuat Airbus A400M diklaim irit dan pengoperasiannya lebih murah.

Airbus A400M dilengkapi 12 roda sehingga sanggup mendarat atau lepas landas dari lapangan udara yang tidak beraspal, kasar, landasan pacunya pendek, dan ukuran terbatas.

Sistem kemudi pesawat ini menggunakan fly by wire yang memudahkan penerbangan.

Sementara sistem forward facing crew cockpit membuat penerbangan lebih efisien hanya dengan tiga awak, yakni pilot, kopilot, dan loadmaster.

Dilansir dari KompasTV (28/11/2021), Airbus A400M terbang dengan kecepatan maksimal 825 kilometer per jam dengan daya jelajah mencapai 8.710 kilometer.

Selain sebagai alat transportasi, pesawat ini dapat menjadi tanker pengisian bahan bakar taktis dalam penerbangan.

Pesawat ini dapat mengisi bahan bakar kendaraan lain lewat sistem pengisian bahan bakar yang dapat dipasang dalam waktu dua jam.

Selain Indonesia, sejumlah negara juga memiliki Airbus A400M, seperti Jerman, Spanyol, Inggris, dan Turki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi