Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal dan Harga Tiket Kereta New Generation Argo Dwipangga

Baca di App
Lihat Foto
Dok. PT Kereta Api Indonesia
Kereta Eksekutif New Generation pada KA Argo Dwipangga relasi Gambir-Solo Balapan PP.
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengoperasikan Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation yang dirangkaikan pada kereta api (KA) Argo Dwipangga mulai Rabu (13/12/2023).

VP Public Relations PT KAI Joni Martinus mengatakan, Kereta New Generation tersebut merupakan bagian dari pengadaan 612 unit kereta Stainless Steel New Generation periode 2023-2026 yang didatangkan dari PT INKA.

“Pengoperasian Kereta Eksekutif New Generation dan Kereta Luxury New Generation ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan KAI kepada seluruh pelanggan menyambut liburan Natal dan tahun baru, khususnya pelanggan KA Argo Dwipangga,” ucap Joni kepada Kompas.com, Kamis (14/12/2023).

Selain KA Argo Dwipangga, Kereta New Generation tersebut nantinya juga akan dirangkaikan pada KA lain secara bertahap.

Lantas, kapan jadwal dan harga tiket KA Argo Dwipangga tersebut?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Alasan Mengapa Kereta Api Tidak Bisa Berhenti Mendadak

Baca juga: Jadwal Terbaru KA Argo Dwipangga, Gambir-Solo Balapan PP

Jadwal Argo Dwipangga

Dikutip dari Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023, KA Argo Dwipangga melayani perjalanan dari Stasiun Solo Balapan, Jawa Tengah menuju Stasiun Gambir, Jakarta.

KA Argo Dwipangga ini memiliki satu perjalanan dari Stasiun Solo Balapan dan satu perjalanan dari Stasiun Gambir dalam sehari.

Berikut rincian jadwal KA Argo Dwipangga:

Jadwal KA Argo Dwipangga dari Stasiun Solo Balapan

Baca juga: Mau Sewa Kereta Panoramic? Simak Cara Pesan, Tarif, dan Rutenya!

Jadwal KA Argo Dwipangga dari Stasiun Gambir

Baca juga: Profil Ignasius Jonan, Sosok yang Disebut Anies Akan Dilibatkan Lagi dalam Pembangunan Transportasi Kereta Api

Harga tiket Argo Dwipangga

Merujuk pada aplikasi Access by KAI, berikut harga tiket KA Argo Dwipangga relasi Solo Balapan-Gambir PP:

Baca juga: Mau Sewa Kereta Priority atau Imperial? Ini Tarif, Rute, dan Cara Pesannya

Keunggulan Kereta New Generation Argo Dwipangga

Keunggulan pertama pada Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation yaitu ada pada pintu masuk kereta dan pintu penghubung antar kereta. Kedua pintu tersebut sudah menggunakan pintu elektrik otomatis.

Hal tersebut membuat penumpang semakin mudah dalam membuka atau menutup pintu tanpa mengeluarkan banyak energi.

Selain itu, Joni menuturkan, suara aktivitas buka-tutup pintu pun menjadi lebih senyap dari sebelumnya.

Di samping itu, Passenger Information Display System (PIDS) yang tersedia di masing-masing kereta dapat menampilkan informasi stasiun terdekat, kecepatan, dan suhu ruangan.

PIDS tersebut membantu menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih baik dan menyediakan informasi yang penting bagi pelanggan selama perjalanan.

Jendela Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation juga telah di-upgrade menjadi tempered double glass dari sebelumnya tempered glass.

Hal tersebut membuat keamanan dalam perjalanan meningkat, membantu mengurangi masuknya panas berlebih dan sinar UV ke dalam ruangan, dan mengurangi kebisingan lebih baik.

Baca juga: Ramai soal Tiket Kereta Dibatalkan oleh Orang Lain via Ticket Box, Ini Kata KAI

Selain stop kontak yang tersedia di dinding kereta, KAI menambah USB charger port pada masing-masing kursi untuk kebutuhan penumpang mengisi daya gawainya.

Joni menilai, adanya tambahan fasilitas pengisian daya tersebut membuat penumpang dapat terus menggunakan perangkat ponsel, laptop, dan smartwatch tanpa khawatir kehabisan daya, sesuai dengan kebutuhan modern.

KAI juga menambah jumlah toilet pada setiap Kereta Luxury New Generation, dari sebelumnya satu toilet menjadi dua toilet dengan pemisahan antara toilet pria dan wanita.

Kereta makan atau restorasi di rangkaian New Generation ini juga turut diperbarui menjadi lebih mewah dengan interior dan furnitur premium.

Joni mengungkapkan, kereta makan tersebut didominasi sentuhan kayu serta kursi makan yang lebih empuk dan lembut, juga menambahkan PIDS yang sama seperti di kereta penumpang.

“Upgrade kenyamanan kereta yang sedang KAI lakukan ini diharapkan dapat membuat transportasi perkeretaapian semakin maju. Sehingga dapat lebih menarik animo masyarakat untuk tetap setia menggunakan jasa kereta api,” pungkasnya.

Baca juga: KA Argo Sindoro yang Ditumpangi Kunto Aji Mati Lampu, Ini Penjelasan KAI

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi