Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Kucing Peliharaan Bersembunyi Ketika akan Mati

Baca di App
Lihat Foto
Unsplash/Anastacia Dvi
Mengapa kucing bersembunyi saat akan mati.
|
Editor: Muhammad Zaenuddin

KOMPAS.com - Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan yang sangat populer. Penampilan dan perilaku uniknya, membuat teman berbulu ini banyak disukai.

Umum diketahui, terutama bagi para pemilik kucing, bahwa kucing yang sakit dan mulai bersembunyi bukan merupakan pertanda baik.

Misalnya mereka tiba-tiba pergi ke tempat yang biasanya belum pernah mereka kunjungi, seperti di bawah tempat tidur atau di belakang lemari.

Bahkan hal tersebut dikaitkan dengan kondisi kucing akan mati atau sudah sangat sekarat.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Kucing Dikenal sebagai Hewan Krepuskular, Apa Itu?


Dilansir dari laman Hepper, kucing tidak benar-benar dapat merasakan bahwa dirinya akan mati. Namun setidaknya mereka tahu jika sedang sekarat atau ada sesuatu yang tidak beres.

Kucing tahu jika mereka kesakitan, sakit, atau lemah. Perilaku bersembunyi adalah cara untuk melindungi diri dan menanggung penyakit tanpa gangguan apa pun.

Mereka juga ingin menghemat energi yang tersisa, dan mencari tempat yang tenang, sehingga mereka tidak perlu berpindah tempat karena tidak ada gangguan.

Sayangnya, beberapa kucing mungkin “menyerah” pada penyakitnya saat bersembunyi, dan tidak dapat bertahan. Terlebih karena mereka kesulitan untuk makan dan tidak ada aktivitas fisik.

Hal ini lah yang menimbulkan anggapan bahwa mereka tahu bahwa mereka akan mati, kemudian akan pergi bersembunyi.

Baca juga: Benarkah Kucing Memiliki Sembilan Nyawa? Begini Asal-usulnya

Mengapa kucing bersembunyi saat akan mati?

Umumnya, perilaku bersembunyi adalah salah satu tanda masalah kesehatan pada kucing, dan hal ini masih sulit untuk didefinisikan.

Dilansir dari laman The Nest Pets, alasan umum mengapa kucing akan bersembunyi ketika akan mati adalah karena naluri alaminya.

Di alam liar, kucing harus menjaga dirinya sendiri karena dapat dengan mudah menjadi mangsa bagi hewan predator liar lainnya.

Biasanya kucing akan bersembunyi karena sakit atau cedera. Mereka bisa mengenali kelemahannya dan bersembunyi agar tidak menjadi mangsa empuk.

Baca juga: Benarkah Kucing Belang Tiga Pasti Betina dan Kucing ‘Oren Selalu Jantan?

Naluri alami tersebut menuntunnya harus bersembunyi dari predator, karena dia terlalu lemah untuk membela diri.

Hal yang serupa juga terjadi bagi kucing rumahan, jika kucing merasa dirinya lemah atau sekarat, dia akan melindungi dirinya dengan cara bersembunyi.

Selain itu, di alam liar kucing biasanya hidup sendiri, nalurinya mengatakan bahwa mencari bantuan dari orang lain tidak akan ada gunanya.

Sehingga, kucing biasanya tidak akan pernah berusaha menunjukkan kepada pemiliknya ketika mereka sedang sakit.

Baca juga: 10 Alasan Kucing Peliharaan Mengeluarkan Suara Aneh di Malam Hari

Sebagaimana disebutkan, kucing bersembunyi bukan karena tahu mereka akan mati. Namun karena mereka sekarat, dan dalam kondisi tersebut beberapa kucing tidak dapat bertahan hidup.

Bersembunyi sebenarnya tidak selalu berarti kucing Anda sedang sekarat dan akan mati. Beberapa penyakit atau cedera dapat sembuh dalam beberapa hari, dan kucing akan kembali normal.

Oleh karena itu, hal-hal yang perlu diwaspadai adalah ketika mereka jadi sering bersembunyi, bersembunyi di tempat baru, dan tidak mau keluar bahkan untuk kegiatan rutin yang positif, seperti makan atau buang air.

Terutama jika hal tersebut dikombinasikan dengan tanda-tanda cedera lainnya. Anda perlu pergi dan berkonsultasi dengan dokter hewan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi