Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penting Diketahui, Ini Perbedaan Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2

Baca di App
Lihat Foto
iStockphoto/1001Love
Perbedaan diabetes tipe 1 dan tipe 2.
|
Editor: Muhammad Zaenuddin

KOMPAS.com - Diabetes adalah kondisi kesehatan kronis (jangka panjang) yang memengaruhi cara tubuh mengubah makanan menjadi energi.

Itu terjadi ketika glukosa darah Anda, juga disebut gula darah, terlalu tinggi dan memberi sinyal pada pankreas Anda untuk melepaskan insulin.

Dilansir dari laman National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, insulin adalah hormon yang dibuat pankreas untuk membantu glukosa masuk ke sel dan digunakan sebagai energi.

Baca juga: Studi Ungkap Kesepian Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Anda menderita diabetes, tubuh tidak akan menghasilkan cukup insulin, tidak menghasilkan insulin sama sekali, atau tidak menggunakan insulin dengan benar.

Kondisi tersebut menyebabkan glukosa tetap berada di dalam darah dan tidak mencapai sel.

Diabetes meningkatkan risiko kerusakan pada mata, ginjal, saraf, dan jantung. Bahkan penyakit ini juga dikaitkan dengan beberapa jenis kanker.

Ada beberapa jenis diabetes, dan yang paling umum adalah diabetes tipe 1, pradiabetes, diabetes tipe 2, dan diabetes gestasional.

Baca juga: Efek Mengonsumsi Madu terhadap Gula Darah Berdasarkan Penelitian


Perbedaan diabetes tipe 1 dan 2

Dikutip dari laman Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC), berikut adalah perbedaan antara diabetes tipe 1 dan tipe 2:

1. Diabetes tipe 1

Diabetes tipe 1 diduga disebabkan oleh reaksi autoimun (tubuh menyerang dirinya sendiri secara tidak sengaja).

Reaksi ini menghentikan tubuh Anda untuk memproduksi membuat insulin. Sekitar 5-10 persen penderita diabetes menderita jenis diabetes tipe 1.

Diabetes tipe 1 dapat didiagnosis pada usia berapa pun, dan gejalanya sering kali berkembang dengan cepat.

Seseorang yang menderita diabetes tipe 1, perlu mengonsumsi insulin setiap hari untuk bertahan hidup. Karena sampai saat ini, belum diketahui cara mencegahnya.

Baca juga: Jangan Diabaikan, Kenali Penyebab Kebutaan pada Penderita Diabetes

2. Diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 adalah kondisi tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan baik dan tidak dapat menjaga gula darah pada tingkat normal.

Sekitar 90-95 persen penderita diabetes mengidap jenis diabetes tipe 2. Penyakit ini berkembang selama bertahun-tahun dan biasanya didiagnosis pada orang dewasa.

Meski demikian, semakin banyak juga kasus yang terjadi pada anak-anak dan remaja. Jika Anda berisiko mengalami diabetes, penting untuk rutin memeriksakan gula darah

Diabetes tipe 2 dapat dicegah atau ditunda dengan perubahan gaya hidup sehat, seperti mengurangi berat badan, mengonsumsi makanan sehat, dan aktif bergerak.

Baca juga: Khasiat Air Jeruk Nipis untuk Mengontrol Gula Darah

Kesimpulan

Pada dasarnya, diabetes adalah penyakit yang berkaitan dengan insulin, baik itu diabetes tipe satu maupun tipe 2. Yang membedakan adalah penyebab dan kondisinya.

Diabetes tipe 1 disebabkan oleh reaksi autoimun, di mana tubuh menyerang dirinya sendiri secara tidak sengaja, sehingga menghentikan tubuh Anda untuk memproduksi membuat insulin.

Sedangkan diabetes tipe 2 adalah kondisi di mana tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan baik dan tidak dapat menjaga gula darah pada tingkat normal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi