Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini yang Terjadi pada Tubuh jika Minum Kopi Tanpa Gula Setiap Hari

Baca di App
Lihat Foto
SHUTTERSTOCK/Yulia Furman
Ini yang terjadi ketika minum kopi tanpa gula setiap hari.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Minum kopi di pagi hari bisa menjadi kebiasaan yang dilakukan sebagian besar orang. Hal itu karena dengan meminum kopi bisa membuat seseorang lebih fresh di pagi hari. 

Kopi diketahui mengandung kafein yang telah terbukti bisa membantu tubuh tetap waspada dan memberikan dorongan energi untuk menjalani aktivitas di siang hari, menurut Eatingwell (3/9/2023).

Menurut Departemen Pertanian RI, kopi bukan hanya sekadar minuman pagi, namun sumber alami fosfor dan magnesium. Kandungan itu kemudian dikemas dengan antioksidan yang menawarkan beberapa manfaat kesehatan yang mengesankan.

Namun demikian, manfaat kopi juga tergantung dari cara penyajiannya. Sebab, saat ini secangkir kopi bisa juga ditambahkan dengan sejumlah bahan tambahan seperti sirup, gula, dan pemanis. 

Namun, para ahli mengatakan bahwa kopi akan jauh lebih sehat bila dikonsumsi tanpa tambahan gula dan pemanis buatan. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lantas, apa yang terjadi ketika rutin minum kopi tanpa gula setiap hari?

Baca juga: Bolehkah Minum Kopi Saat Sakit? Ini Kata Pakar

Minum kopi tanpa gula setiap hari

Penelitian menunjukkan, minum secangkir kopi tanpa gula setiap hari dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis.

"Kopi merupakan sumber vitamin B2 (riboflavin), magnesium, dan polifenol," kata ahli diet khusus di Orlando Kesehatan, Sara Riehm, dikutip dari Verywellfit (10/10/2023).

Polifenol merupakan senyawa bioaktif pada tanaman yang telah diketahui memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan.

Tak hanya itu, kopi juga mengandung asam klorogenat, asam kuinat, dan diterpen seperti kafestol dan kahweol. Di mana, senyawa-senyawa tersebut memiliki efek antioksidan dan antikanker.

Reihm menambahkan, beberapa penelitian juga menghubungkan konsumsi kopi tanpa gula secara teratur juga dikaitkan dengan penurunan angka kematian akibat penyakit kardiovaskular, serangan jantung, dan diabetes.

Namun demikian, Food and Drug Administration (FDA) merekomendasikan agar seseorang tidak minum kopi lebih dari empat atau lima cangkir kopi berukuran 8 ons. Jumlah tersebut setara dengan 400 miligram kopi per hari.

Baca juga: 6 Rempah-rempah yang Bisa Ditambahkan ke Kopi, Ada Jahe dan Kayu Manis

Manfaat minum kopi tanpa gula

Untuk lebih jelasnya, berikut yang akan terjadi ketika minum kopi tanpa gula setiap hari:

1. Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Minum kopi tanpa gula setiap hari dapat bermanfaat untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2, kondisi yang membuat kadar gula darah tinggi.

Studi menunjukkan, minum 3-4 cangkir kopi per hari dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 sebesar 25 persen.

Namun demikian, perlu dicatat bahwa hasil ini muncul dari sebuah penelitian yang membandingkan mereka yang minum tiga hingga empat cangkir per hari dengan mereka yang tidak minum kopi atau mengonsumsi kurang dari 2 cangkir setiap hari.

Selain itu, para ilmuwan telah mencatat bahwa konsumsi kopi secara teratur (berkafein dan tanpa kafein) memiliki efek positif pada respons glukosa dan insulin.

Efek tersebut kemungkinan besar disebabkan karena senyawa antioksidan dan antiinflamasi yang ditemukan dalam kopi.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Tak Dianjurkan untuk Mengonsumsi Telur Bersama Kopi di Pagi Hari

2. Meningkatkan daya ingat

Semakin bertambahnya usia, semakin menyebabkan penurunan keterampilan kognitif dan peningkatan risiko penyakit demensia, parkinson, dan alzheimer.

Minum kopi hitam tanpa gula di pagi hari meningkatkan fungsi otak. Kopi hitam membantu otak untuk tetap aktif sehingga membantu meningkatkan daya ingat.

Tak hanya itu, konsumsi kopi tanpa gula juga dapat menjaga saraf agar tetap aktif yang pada gilirannya mencegah demensia.

Studi mengatakan konsumsi kopi hitam tanpa gula secara teratur dapat mengurangi risiko alzheimer sebesar 65 persen dan Parkinson sebesar 60 persen.

Selain itu, kopi juga memiliki stimulan psikoaktif yang ketika bereaksi dengan tubuh, senyawa tersebut dapat memiliki kemampuan untuk meningkatkan energi, suasana hati, fungsi kognitif sehingga membuat Anda pintar dalam jangka waktu tertentu.

3. Minuman yang bersifat diuretik

Kopi tanpa gula maupun kopi dengan gula, keduanya adalah minuman yang bersifat diuretik.

Di mana, minuman ini dapat meningkatkan produksi urine dan menyebabkan seseorang sering buang air kecil setelah mengonsumsinya.

Namun, sisi baiknya adalah ketika Anda minum kopi hitam tanpa gula, minuman ini dapat membantu mengeluarkan racun dan bakteri dalam bentuk urine.

Sehingga, efek diuretik pada kopi hitam tanpa gula dapat untuk membantu membersihkan perut Anda.

Baca juga: 4 Alasan Mengapa Perlu Minum Air Putih Sebelum Minum Kopi di Pagi Hari

4. Meningkatkan metabolisme

Minum kopi hitam tanpa gula dapat membantu menurunkan berat badan. Tak hanya itu, kopi hitam tanpa gula juga sering kali dijadikan sebagai minuman diet untuk menjaga berat badan agar ideal.

Peran kopi dalam menurunkan berat badan bisa didapatkan ketika diimbangi dengan berolahraga. Anda bisa meminumnya 30 menit sebelum berangkat ke gym, dilansir dari Times of India (1/9/2020).

Pasalnya, kopi hitam dapat membantu meningkatkan metabolisme sekitar 50 persen. Ini juga membakar lemak di perut karena merupakan minuman pembakar lemak.

Selain itu, kopi hitam tanpa gula juga merangsang sistem saraf yang memberi sinyal pada tubuh untuk memecah sel-sel lemak dan menggunakannya sebagai sumber energi dibandingkan glikogen.

Baca juga: Studi Baru: Minum Teh dan Kopi Setiap Hari Membuat Masa Tua Lebih Sehat

5. Keasaman dan tubuh sulit menyerap nutrisi

Meskipun memiliki banyak manfaat, namun konsumsi kopi hitam setiap hari juga dapat menimbulkan berbagai efek samping pada tubuh, terutama untuk orang yang sensitif dengan kafein.

Kopi hitam memiliki kandungan kafein yang tinggi, di mana kfaein itu dapat menyebabkan keasaman pada lambung yang disertai kejang dan kram perut.

Selain itu, terlalu banyak minum kopi juga dapat menyebabkan tubuh kesulitan dalam menyerap nutrisi dari makanan, terutama zat besi, kalsium, dan zinc.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi