Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Michele Kang, Pebisnis Wanita yang Akuisisi Klub Sepak Bola London City Lionesses

Baca di App
Lihat Foto
cognosante.com
Michele Kang pebisnis
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Seorang pengusaha wanita yang berbasis di Amerika Serikat, Michele Kang, mengakuisisi klub sepak bola wanita Inggris, London City Lionesses.

Kesepakatan ini diumumkan pada Jumat (15/12/2023) lalu. Namun, tidak jelas berapa kesepakatan uang dalam proses akuisisi ini.

Kang berharap langkahnya ini bisa membantu para anggota tim untuk mencapai puncak potensi mereka.

"Saya ingin menginspirasi para atlet wanita muda untuk terus bermain dan melihat masa depan dalam olahraga yang mereka sukai," kata Michele Kang, dikutip dari APNews.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lantas, siapa sebenarnya Michele Kang yang mengakuisisi klub sepak bola tersebut?

Profil Michele Kang

Michele Kang merupakan pemilik tim olahraga Amerika, pengusaha, dan investor yang datang ke AS untuk mengejar impiannya.

Sosok Kang adalah perempuan inspiratif yang sukses di dunia bisnis dan berperan dalam upaya memajukan wanita di bidang olahraga.

Dikutip dari laman ABCNews, Kang merupakan pemilik mayoritas dari klub sepak bola AS Washington Spirit yang berpartisipasi dalam National Womone's Soccer League.

Kang memiliki tujuan untuk membangun organisasi olahraga wanita terkemuka di dunia.

Dalam pernyataannya, Kang mengatakan akuisisi London City Lionesses dilakukan untuk menciptakan kesetaraan antara pria dan wanita dalam sepak bola.

Baca juga: Kapten Tim Sepak Bola Thailand yang Pernah Terjebak di Dalam Gua, Bunuh Diri di Inggris

Masa kecil dan sepak terjang Kang

Kang lahir di Korea Selatan dan merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara.

Orang tua Kang adalah seorang pendidik yang selalu menanamkan semangat belajar dan bekerja keras seumur hidupnya.

Ayahnya merupakan penerima beasiswa belajar di AS pada tahun 1950. Dengan background pendidikan barat, ayahnya lah yang mendorong Kang untuk mengejar impiannya.

Ketika kecil, impian Kang selayaknya impian anak-anak pada umumnya, yakni menjadi pemain opera, pemain bola basket, dan guru.

“Saya tidak pernah bermimpi menjadi saya yang sekarang ini,” kata Kang dalam sebuah wawancara, dikutip dari Horatioalger.

Saat dewasa, Kang mengambil sekolah bisnis di Universitas Chicago.

Saat itu, ia meminta bantuan keuangan ke orangtuanya untuk sekolah dengan meminjam tabungan yang disimpan orangtua untuk rencana pernikahannya di masa depan.

Uang tersebut ia gunakan untuk sekolah di Amerika selama setahun. Adapun sisa uang yang ia butuhkan ia dapatkan dengan melakoni berbagai pekerjaan.

Setelah lulus, Kang kemudian memulai karir sebagai konsultan manajemen yang bertugas memberikan nasihat kepada perusahaan tentang cara memakai teknologi baru untuk memimpin inovasi dan pertumbuhan.

Ia selanjutnya bergabung dengan Ernst and Young sebagai mitra, dan bergabung dengan Northrop Grumman, perusahaan teknologi kedirgantaraan dan pertahanan Amerika, sebagai eksekutif senior.

Selanjutnya pada tahun 2008, Kang menjadi wirausahawan dengan mendirikan bisnisnya sendiri bernama Cognosante. Bisnis tersebut dibangun di ruang garasi rumahnya.

Cognosante adalah penyedia solusi teknologi terpercaya untuk badan kesehatan federal, militer, dan intelijen utama, serta program kesehatan negara bagian.

Kini perusahaannya memiliki hampir 2.000 karyawan di AS dan di berbagai perusahaan internasional.

Tahun 2022, ia menjadi wanita kulit berwarna pertama yang memiliki tim di Liga Sepak Bola Wanita Nasional, Washington Spirit.

Kang adalah salah satu advokat global yang berusaha menciptakan kesetaraan antara pria dan wanita dalam sepak bola, dimulai dari gaji yang setara.

Baca juga: Kapten Tim Sepak Bola Thailand yang Pernah Terjebak di Dalam Gua, Bunuh Diri di Inggris

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi