Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 5 Negara Paling Baru di Dunia, Salah Satunya Timor Leste

Baca di App
Lihat Foto
iStockphoto/123ArtistImages
Ilustrasi negara-negara paling baru di dunia.
|
Editor: Muhammad Zaenuddin

KOMPAS.com - Negara adalah kumpulan masyarakat yang memiliki lembaga formal pemerintahan, undang-undang, batas wilayah tetap, dan kedaulatan (kemerdekaan politik).

Negara dapat dibedakan dari kelompok sosial lainnya berdasarkan tujuannya, hukumnya, wilayah yurisdiksi atau batas geografisnya, serta oleh kedaulatannya.

Negara, secara luas, terdiri dari kesepakatan individu mengenai aturan dan cara penyelesaian perselisihan dalam bentuk undang-undang.

Baca juga: 5 Negara Paling Berbahaya di Dunia 2024, Indonesia Termasuk?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Mengutip laman Britannica, meskipun tidak ada aturan resmi, terdapat kriteria pembentukan negara baru yang diterima secara umum dan berakar pada hukum internasional.

Konvensi Montevideo tahun 1933 mendefinisikan negara sebagai unit berdaulat yang dapat memenuhi empat kriteria, yakni:

Baca juga: Mengenal Negara-negara Transkontinental yang Wilayahnya Ada di Dua atau Lebih Benua

Oleh karena itu, negara-negara baru tidak bisa muncul begitu saja. Dan meski sebuah wilayah mendeklarasikan dirinya sebagai negara merdeka, tidak lantas menjadi negara yang diakui.

Selain memenuhi persyaratan di atas, sebuah wilayah juga harus mendapat pengakuan internasional untuk bisa menjadi negara berdaulat.

Negara-negara paling baru di dunia

Dilansir dari laman The Washington Post, berikut adalah daftar 5 negara paling baru dan memiliki usia yang masih sangat muda:

1. Sudan Selatan, Juli 2011

Sudan Selatan mendeklarasikan kemerdekaan dari Sudan pada 9 Juli 2011, setelah perang saudara berdarah dengan wilayah utara selama beberapa dekade.

Hampir 99 persen pemilih telah memilih kemerdekaan melalui referendum, dan negara baru ini dengan cepat diakui oleh komunitas internasional.

Baca juga: Mengapa Ada Dua Negara Irlandia di Dunia?

2. Kosovo, Februari 2008

Kosovo mendeklarasikan kemerdekaan dari Serbia pada 17 Februari 2008. Negara ini telah diperintah oleh PBB sejak tahun 1999.

Meskipun sebagian kecil negara anggota PBB mengakui Kosovo, negara tersebut belum mengajukan keanggotaan PBB karena kekhawatiran.

3. Serbia dan Montenegro, Juli 2006

Negara tunggal Serbia dan Montenegro, terbentuk setelah runtuhnya Yugoslavia pada tahun 1991, berubah menjadi Negara Persatuan Serbia dan Montenegro pada tahun 2003.

Negara ini kemudian pecah menjadi Serbia dan Montenegro pada 2006. Di mana Montenegro mengakhiri hubungan tersebut, dengan referendum pada tanggal Mei 2006.

Baca juga: Dari Iran hingga Korea Utara, Berikut Daftar 5 Negara Tertua di Dunia

4. Timor Leste, Mei 2002

Timor Timur, yang sekarang juga dikenal sebagai Timor-Leste, mendapat kemerdekaan pada tanggal 20 Mei 2002.

Negara ini telah secara efektif memilih kemerdekaan bertahun-tahun sebelumnya. Kemudian sebuah referendum menghasilkan pemungutan suara yang menolak usulan "otonomi khusus" di Indonesia.

5. Palau, Oktober 1994

Palau, yang secara geografis merupakan bagian dari gugusan pulau besar Mikronesia di bagian barat Samudera Pasifik, merdeka pada 1 Oktober 1994.

Itu merupakan jangka waktu 15 tahun setelah negara ini memutuskan untuk tidak menjadi bagian dari Mikronesia karena perbedaan budaya dan bahasa.

Baca juga: 10 Kota Tertua di Dunia yang Memiliki Usia Ribuan Tahun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi