Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anies Baswedan Disebut Mirip Gabriel Boric karena Didukung Penggemar Kpop, Siapakah Dia?

Baca di App
Lihat Foto
AP PHOTO/LUIS HIDALGO
Presiden terpilih Chile, Gabriel Boric, merayakan kemenangannya di pemilihan presiden di Santiago, Chile, Minggu (19/12/2021).
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Media sosial diramaikan oleh warganet penggemar musik Kpop yang menunjukkan dukungan ke calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan.

Akun @aniesbubble di media sosial X muncul sejak Minggu (31/12/2023). Akun itu mengaku sebagai akun penggemar Anies Baswedan. 

Lewat akun tersebut, warganet membagikan konten-konten tentang Anies yang dikemas mirip akun penggemar idola Kpop asal Korea Selatan.

Contohnya berupa potongan video atau foto Anies yang diberi caption berbahasa Korea.

Kemunculan akun tersebut lantas mendapatkan komentar dari warganet yang menyebut Anies mirip dengan politikus Chile, Gabriel Boric.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akun media sosial X @margianta mengatakan, Anies dan Gabriel Boric sama-sama mendapatkan dukungan dari penggemar Kpop.

"Jadi inget pemilu Chile thn 2021. Capres progresif @GabrielBoric dpt dukungan kpopers. Dibuatin meme, tiktok, online campaign masif. Semua ini + interaksi organik (tnp campur tangan timses) bikin Boric menang pemilu," tulisnya.

Hingga Selasa (2/1/2024), unggahan itu tayang sebanyak 1,2 juta kali, disukai 11.000 warganet, dan dibagikan 2.000 kali.

Lalu, siapa itu Gabriel Boric yang disebut mirip Anies Baswedan karena didukung penggemar Kpop?

Baca juga: Gaya Kampanye Prabowo Disebut Mirip Bongbong Marcos, Siapa Dia?


Profil Gabriel Boric

Gabriel Boric merupakan presiden termuda di Chile yang menjabat pada usia 35 tahun sejak 11 Maret 2022.

Dikutip dari situs resmi pemerintah Chile, Gabriel Boric Font lahir di Punta Arenas pada 11 Februari 1986.

Dia merupakan anak pertama dari ibu María Soledad Font Aguilera dan ayah Luis Javier Boric Scarpa. Gabriel memiliki keturunan Kroasia dari pihak ayah dan Catalan dari pihak ibu.

Semasa kecil, Gabriel cukup berprestasi di sekolah. Dia adalah presiden siswa semasa SMP, ikut pertukaran pelajar ke Perancis, dan menjadi asisten ketika kuliah hukum di Universidad de Chile.

Tak hanya itu, dia memimpin berdirinya Federasi Siswa Sekolah Menengah Punta Arenas. Dia juga ikut dalam aksi mobilisasi mahasiswa terbesar pada 2011 untuk mendukung demokrasi di negara tersebut.

Gabriel memulai karier politiknya sebagai wakil rakyat pada 2013, yang terpilih tanpa dukungan partai politik.

Di 2021, Gabriel mencalonkan diri sebagai calon presiden Chile. Dia berhasil menjadi presiden termuda Chile usai mengalahkan pesaingnya, Jose Antonio Kast dengan meraih suara mayoritas.

Pemilihan presiden yang Gabriel ikuti merupakan pemilihan dengan jumlah suara terbanyak dan partisipan terbesar dalam sejarah Chile.

Selama kariernya, Gabriel dikenal memberikan dukungan untuk mengurangi tunjangan bagi anggota perlemen.

Dia juga aktif mendukung hak asasi manusia, masyarakat adat, serta mendorong jaminan hak buruh dan masyarakat umum.

Baca juga: Menilik Gaya Kampanye Bongbong Marcos, Disebut Mirip dengan Joget Gemoy Prabowo

Kampanye Gabriel Boric lewat Kpop

Seperti situasi yang dialami Anies Baswedan, Gabriel Boric juga sempat mendapatkan dukungan dari konten media sosial yang dibuat penggemar Kpop.

Diberitakan The Korea Herald (24/12/2021), lawan Gabriel, Jose Antonio Kast sempat memenangkan pemilihan umum Chile putaran pertama pada akhir 2021.

Jose dikenal sebagai capres konservatif sehingga membuat beberapa orang ketakutan. Untuk mengatasi ketegangan, warganet mulai berbagi meme dan lelucon di media sosial.

Di saat itulah penggemar Kpop muncul dengan akun media sosial X @KpopersporBoric. Akun tersebut dibuat enam orang biasa dengan status pekerja dan pelajar.

“Kami berkumpul dengan cara yang sangat organik dan spontan dan membentuk grup WhatsApp beranggotakan enam orang. Kami juga bertemu langsung dan mulai merencanakan seperti apa mobilisasi kami,” kata kelompok itu.

Mereka juga membuat akun Instagram, Twitter, dan TikTok untuk Gabriel Boric. Sementara itu, akun pengemar Gabriel membuat konten dan publikasi yang identik dengan idola Kpop.

Contohnya, mereka membagikan Fan Cheering Kit Gabriel berisi yel-yel dukungan yang biasa ditemukan di konser Kpop.

Mereka juga membagikan dan mengedit konten foto, video, atau meme untuk dibagikan lewat media sosial menggunakan tagar tertentu.

Tak hanya dari penggemar Kpop, Gabriel juga didukung oleh penggemar solois Taylor Swift. Dukungan diberikan usai dia mengaku seorang Swifties, nama penggemar penyanyi itu.

Untuk melawan ini, pendukung Jose Antonio Kast sempat melakukan kampanye serupa dengan membagikan rekaman lagu bernuansa Kpop. Namun, cara ini tidak mendapatkan dukungan publik.

Sebaliknya, Gabriel Boric berhasil mengalahkan lawannya dan menjadi presiden Chile hingga saat ini.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi