Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya Hangatkan Badan, Minum Wedang Jahe Bantu Turunkan Gula Darah

Baca di App
Lihat Foto
Ilustrasi wedang jahe. Wedang jahe membantu menurunkan gula darah.
|
Editor: Mahardini Nur Afifah

KOMPAS.com - Minum wedang jahe saat musim hujan atau cuaca dingin membantu menghangatkan tubuh secara instan.

Selain rasa yang enak, konsumsi minuman dengan ekstrak jahe memiliki banyak khasiat, termasuk untuk penderita diabetes.

Tanaman akar dengan aroma dan rasa pedas yang khas ini membantu mengontrol, bahkan potensial untuk menurunkan kadar gula darah.

Manfaat ini pun dibagikan oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam Subspesialisasi Hematologi Onkologi Medik, Zubairi Djoerban, melalui akun X (dulu Twitter) @ProfesorZubair.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Lebih dari itu, manfaat jahe juga bisa dirasakan oleh orang-orang dengan diabetes, karena berkaitan dengan kadar gula darah," tulisnya.

Lantas, apa pengaruh mengonsumsi wedang jahe terhadap kadar gula darah?

Baca juga: 7 Khasiat Jahe serta Efek Sampingnya bagi Tubuh


Manfaat jahe untuk menurunkan gula darah

Zubairi Djoerban menjelaskan, manfaat jahe untuk menurunkan gula darah telah terbukti secara ilmiah dalam beberapa penelitian.

Tidak hanya mengurangi gula darah, rimpang ini juga membantu menekan resistensi terhadap insulin serta mencegah komplikasi diabetes.

"Bahkan, bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular," ujar Zubairi, saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (2/12/2023).

Sebuah penelitian melibatkan 70 pasien diabetes tipe 2 yang mengonsumsi 1600 miligram jahe menunjukkan penurunan kadar gula darah puasa dan HbA1c.

Gula darah puasa atau fasting blood sugar (FBS) adalah kadar glukosa darah yang diukur setelah tidak makan dan minum selama semalaman.

Sementara itu, hemoglobin terglikasi atau HbA1c adalah indikator untuk menilai banyaknya gula darah, untuk mengindikasikan penyakit diabetes atau prediabetes.

HbA1c terbentuk saat glukosa dalam tubuh menempel pada sel darah merah. Jika tubuh tidak dapat menggunakan gula dengan baik, bahan ini dapat menempel dan menumpuk pada darah.

Hasil serupa turut ditunjukkan penelitian pada pasien yang mengonsumsi bubuk jahe harian dengan tiga kapsul berukuran 1 gram selama delapan minggu.

"Ternyata juga memiliki manfaat tak jauh beda seperti penelitian sebelumnya, yakni bagi pasien diabetes tipe 2 bisa menurunkan gula darah puasa dan HbA1c," tutur Zubairi.

Konsumsi jahe selama delapan minggu pun memperbaiki resistensi insulin, kondisi saat sel tubuh tidak dapat menggunakan gula darah dengan baik karena adanya gangguan dalam merespons hormon insulin.

Baca juga: 5 Efek Samping Minum Rebusan Jahe, Kunyit, dan Serai, Apa Saja?

Khasiat jahe untuk menurunkan risiko sindrom metabolik

Zubairi menjelaskan, rutin mengonsumsi wedang jahe ternyata juga dapat menurunkan risiko sindrom metabolik pada individu.

Sindrom metabolik adalah sekelompok kondisi yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Masalah kesehatan ini mencakup tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, kelebihan lemak, serta kadar kolesterol di atas normal.

Bukan hanya kadar gula darah, menurut Zubairi, konsumsi jahe membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol total, penyebab penyakit kardiovaskular.

"Jadi untuk Anda yang memiliki diabetes bisa mencoba untuk konsumsi jahe dengan porsi tertentu untuk mendapatkan manfaatnya," paparnya.

Selain menurunkan gula darah, jahe memberikan beberapa efek klinis lain, seperti meredakan mual dan muntah.

Rutin minum wedang jahe di tengah musim hujan juga membantu menjaga fungsi saluran pencernaan dan mencegah peradangan.

"Artinya yang suka minum wedang jahe ya amat bisa dilanjutkan dan dianjurkan, sebab selain menghangatkan dapat manfaat lain yang juga menyehatkan," kata Zubairi.

Setelah menyimak beragam manfaat jahe untuk kesehatan, terutama untuk menurunkan gula darah di atas, jangan ragu untuk memetik khasiat rempah ini. 

Baca juga: 6 Orang yang Tidak Boleh Konsumsi Jahe, Berikut Alasannya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi