Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Kereta yang Batal dan Ganti Jalur Imbas Kecelakaan Kereta Api Bandung Hari Ini

Baca di App
Lihat Foto
TRIBUN JABAR / SIDQI AL GHIFARI
Kereta Commuter Line Garut (341) tujuan Bandung berhenti di Stasiun Leles dampak kecelakaan kereta di Cicalengka, Jumat (5/1/2024).
|
Editor: Mahardini Nur Afifah

KOMPAS.com - Sejumlah perjalanan kereta api (KA) terpaksa dibatalkan dan diganti jalurnya akibat kecelakaan kereta api Bandung, Sabtu (05/1/2024), pukul 06.03 WIB.

Peristiwa kecelakaan berupa tabrakan KA Turangga relasi Surabaya Gubeng-Bandung dan Commuterline Bandung Raya itu terjadi di km 181+700 petak jalan antara Stasiun Haurpugur-Stasiun Cicalengka, Kabupaten Bandung.

Pihak KAI saat ini sedang melakukan investigasi bersama KNKT untuk mengetahui penyebab kecelakaan kereta api tersebut. 

EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji mengatakan, kecelakaan mengakibatkan sejumlah perjalanan kereta api terdampak hingga proses evakuasi selesai.

"Jalur rel antara Haurpugur-Cicalengka untuk sementara tidak dapat dilalui akibat kecelakaan tersebut," ujarnya, kepada Kompas.com, Sabtu (5/1/2024).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat ini, pihaknya tengah melakukan upaya evakuasi 2 rangkaian kereta api dan perbaikan jalur rel yang mengalami kerusakan.

"Bagi perjalanan KA-KA yang akan melintas di wilayah Haurpugur-Cicalengka, KAI akan melakukan upaya rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan pengalihan menggunakan angkutan lain," imbuh dia.

Baca juga: Daftar Korban Tewas Tabrakan KA Turangga dan KA Bandung Raya

KA yang terdampak kecelakaan kereta api Bandung

Terpisah, VP Public Relations KAI Joni Martinus menyampaikan kondisi lalu lintas KA di jalur Bandung-Cicalengka-Banjar pada Jumat (5/1/2024) pukul 9.00 WIB.

Sejumlah perjalanan kereta terpantau batal sementara lainnya harus memutar jalur.

"Yang batal 9 kereta api, yang jalan memutar 10 kereta api. Relasi yang seharusnya Bandung - Cicalengka - Banjar - Kroya memutar menjadi Bandung - Cikampek - Cirebon - purwokerto - Kroya," kata Joni, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu.

Berikut rinciannya:

a. Perjalanan kereta api yang batal: b. Perjalanan kereta yang ganti jalur atau memutar:

Bagi penumpang yang mengalami pembatalan perjalanan akibat kecelakaan kereta api Bandung, Joni memastikan bakal mengembalikan biaya tiket secara penuh. Begitu juga bagi penumpang yang ingin membatalkan keberangkatan perjalanan.

"KA yang batal. Bea tiket dikembalikan 100 persen," kata dia.

Untuk pelanggan KA apabila ingin melanjutkan perjalanan tujuan Bandung, Kiaracondong, Tasikmalaya, KAI untuk sementara juga menyediakan bus untuk overstapen di Kroya.

Daftar korban kecelakaan kereta api Bandung

Diberitakan Kompas.com, Sabtu (5/1/2024), berdasarkan data sementara yang dihimpun dari Polda Jabar, tabrakan KA Turangga dan KA Lokal Bandung Raya membuat tiga orang meninggal dunia.

Berikut daftar korban meninggal akibat kecelakaan kereta Bandung KA Turangga dan KA Lokal Bandung Raya:

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan mengatakan, sebanyak 28 orang terluka. dan dilarikan ke RSUD Cicalengka untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi