Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selesai Jalani Simulasi, Bandara Dhoho Kediri Siap Beroperasi Bulan Ini

Baca di App
Lihat Foto
DOK. Pemkab Kediri
Bupati Kediri bersama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Bandara Dhoho Kediri.
|
Editor: Ahmad Naufal Dzulfaroh

KOMPAS.com - PT Angkasa Pura I telah menggelar simulasi operasional terminal penumpang Bandar Udara (Bandara) Dhoho, Kediri, Jawa Timur pada Sabtu (6/1/2024).

Simulasi itu digelar menjelang dimulainya operasional bandara tersebut dalam waktu dekat.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandar Udara Dhoho Kediri, I Nyoman Noer Rohim mengatakan, simulasi bertujuan untuk mengukur tingkat pelayanan dan kesiapan fasilitas serta sistem di Bandara.

"Simulasi operasional itu melibatkan ratusan personil yang berperan sebagai seluruh stakeholder operasional penerbangan, mulai dari penumpang, petugas parkir, petugas aviation security, petugas customer service, petugas ground handling," kata Nyoman, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simulasi yang dilakukan mencakup perjalanan penumpang dari Kabupaten Kediri dan Kota Kediri menuju terminal penumpang (percobaan transportasi darat), pemeriksaan bagasi pertama dan terakhir, alur kedatangan dan keberangkatan penumpang, alur barang di terminal, serta alur kendaraan di area sisi darat (landside).

Lantas, kapan Bandara Dhoho, Kediri akan beroperasi?

Baca juga: Singapura Perketat Pemeriksaan Vape di Bandara Changi, Ada Denda bagi Pelanggar

Bandara Dhoho ditargetkan beroperasi Januari 2024

Legal, Compliance & Stakeholder Relation Manager Donny A Novanto PT Angkasa Pura I menyampaikan, Bandara Dhoho, Kediri sebenarnya telah siap beroperasi baik dari konstruksi bangunan maupun operasional.

Sejumlah penilaian atau assessment dan pengujian juga telah dilakukan.

"Pada prinsipnya kami selaku operator Bandara Dhoho sudah siap. Harapannya setelah simulasi ini bandara bisa beroperasi," kata dia, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (5/1/2024).

Sebelum simulasi operasional dilakukan, Bandara Dhoho juga sudah menjalani uji kalibrasi pada 8 Desember 2023 yang dihadiri Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Melihat kesiapan tersebut, Bandara Dhono dijadwalkan akan beroperasi pada awal 2024.

"Kalau tidak ada perubahan, Januari ini (mulai beroperasi)," kata Donny.

Baca juga: 10 Negara dengan Bandara Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia

Kendati demikian, operasional Bandara Dhono masih menunggu perizinan dari Kemenhub.

Sebagai informasi, Bandara Dhoho, Kediri merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) yang ditargetkan segera selesai.

Bandara Dhoho didesain berskala internasional dengan kapasitas penumpang tahunan mencapai 10 juta orang.

Dengan landasan pacu seluas 3.300 meter dan lebar 45 meter, Bandara Dhoho mampu menjadi tempat pendaratan pesawat-pesawat berbadan lebar, seperti Boeing 777 dan Airbus A330.

Jalur perpindahan pesawat membentang sepanjang 306 meter x 32 meter serta 438 meter x 32 meter. Adapun luas gedung terminalnya, mencapai 18.224 meter persegi.

Baca juga: Ratusan Motor Terparkir Tahunan di Bandara Bali, Adakah Keringanan Tarif Parkir?

Maskapai yang memulai penerbangan di Bandara Dhoho

Dilansir dari Kompas.id, Staf Khusus Menhub Bidang SDM dan Kehumasan Adita Irawati mengatakan bahwa maskapai Super Air Jet dikonfirmasi akan memulai penerbangan perdana di Bandara Dhoho.

"Pihak yang sudah mengonfirmasi adalah Super Air Jet (Lion Group). (Pihak) lain-lain tengah berproses mengatur penerbangan dari aspek ketersediaan pesawat maupun komersial," kata Adita.

Sementara itu, Corporate Communications Strategic of Lion Group Danang Mandala Prihantoro memastikan, Lion Group telah bersiap melakukan uji terbang tahap awal.

Evaluasi akan dilakukan untuk menilai aspek-aspek krusial, seperti kecepatan layanan, ketepatan waktu, serta efisiensi penggunaan infrastruktur bandara.

Selain itu, alur pergerakan penumpang, pemeriksaan keamanan, prosedur check in, dan pelayanan di area terminal juga dipantau.

"Aspek kenyamanan dan keamanan penumpang menjadi perhatian utama dalam pengembangan alur pergerakan di Bandara Dhoho,” kata dia.

Baca juga: 5 Negara di Dunia yang Tidak Memiliki Bandara

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi