Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KA Sancaka Yogyakarta-Surabaya Macet di Sragen, KAI Ungkap Ada Masalah Rem

Baca di App
Lihat Foto
X/@merapi_uncover
Tangkapan layar ketika KA Sancaka jurusan Yogyakarta-Surabaya mengalami macet di Stasiun Masaran Sragen pada Rabu (10/1/2024) pukul 17.15 WIB
|
Editor: Mahardini Nur Afifah

KOMPAS.com - Sebuah unggahan video di media sosial yang menggambarkan Kereta Api (KA) Sancaka rute Yogyakarta-Surabaya mengalami macet di Stasiun Masaran, Sragen, Jawa Tengah, ramai dibicarakan, Rabu (10/1/2024) malam.

Dalam video berdurasi 01.03 menit yang diunggah oleh akun X @merapi_uncover, terdengar suara petugas kereta api menjelaskan kondisi KA Sancaka pada malam itu.

"Kereta Api Sancaka sedang pengecekan pengereman atas gangguan kendala operasional, kami mohon kerja samanya kepada pelanggan untuk tetap berhati-hati," ucap petugas.

Hingga Kamis (11/1/2024), video tersebut telah dilihat lebih dari 219.400 kali dan disukai oleh sebanyak 623 orang.

Penjelasan KAI

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro menjelaskan, KA 100 Sancaka dari Yogyakarta ke Surabaya Gubeng terindikasi mengalami gangguan pengereman saat lewat Stasin Kemiri.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih lanjut ia menyampaikan, gangguan pengereman terjadi pada gerbong kereta ekonomi paling belakang atau K3 0 19 52.

Mengetahui hal tersebut, pihak teknik PT KAI berkoordinasi dengan masinis untuk segera melakukan Berhenti Luar Biasa (BLB) di kilometer 247+7 jalur hulu antara Kemiri-Masaran guna melakukan pengecekan rangkaian. 

"Ditemukan rangkaian paling belakang mengalami gangguan pengereman dan diambil tindakan darurat untuk bisa sampai di stasiun terdekat dengan aman, kurang lebih 17 menit untuk pengecekan dan KA berangkat kembali," ujar Krisbiyantoro saat dihubungi Kompas.com, Kamis (11/1/2024).

Setibanya di Stasiun Masaran pukul 18.44 WIB, rangkaian kereta api yang bermasalah tersebut kembali dicek dan diperbaiki.

"Proses perbaikan memakan waktu kurang lebih satu jam sebelum akhirnya kereta api kembali berangkat menuju ke Surabaya pukul 20.02 dengan total keterlambatan 104 menit," jelas dia.

Untuk mengantisipasi masalah teknis lainnya, Krisbiyantoro menjelaskan, PT KAI segera melakukan penggantian suku cadang pada KA Sancaka yang bermasalah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi